DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 13 Juli 2012

KATA BIJAK DALAM BAHASA ARAB


Kata bijak dalam bahasa Arab merupakan salah-satu pelajaran yang bertujuan memberikan motivasi untuk hidup sukses dan juga memperindah kemampuan Bahasa Arab  terutama umat Islam berikut beberapa contohnya:
1.                       من سار على الدرب وصل  
Barang siapa berjalan pada jalannya, maka dia  akan sampai (pada tujuannya)
2.                       من جدّ وجد
Barang siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan (kesuksesan)
3.                       من صبر ظفر
Barang siapa yang bersabar, maka dia akan beruntung
4.                       من قلّ صدقه قلّ صديقه
Barang siapa yang sedikit kejujurannya, sedikit pulalah temannya
5.                       جالس أهل الصدق والوفاء
Bergaulah dengan orang yang jujur dan menepati janji
6.                       مودّة الصديق تظهر وقت الضيق
Kecintaan seorang teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan
7.                       ومااللذّة إلا بعد التعب
Tidak ada kenikmatan kecuali setelah kepayahan
8.                       الصبر يعين على كلّ عمل
Kesabaran itu akan menolong segala pekerjaan
9.                       جرّب ولاحظ تكن عارفا
Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu
10.               اطلب العلم من المهد إلى اللحد
Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur
11.               بيضة اليوم خير من دجاجة الغد
Telur hari ini lebih baik daripada ayam esok hari
12.               الوقت أثمن من الذّهب
Waktu itu lebih berharga daripada emas
13.               العقل السليم في الجسم السليم
Akal yang sehat itu terletak pada badan yang sehat
14.               خير جليس في الزمان كتاب
Sebaik-baik teman duduk pada setiap waktu adalah buku
15.               من يزرع يحصد
Barang siapa yang menanam pasti akan memetik (mengetam)
16.               خير الأصحاب من يدلّك على الخير
Sebaik-baik teman itu ialah yang menunjukkan kamu kepada kebaikan
17.               لولا العلم لكان الناس كالبهائم
Kalaulah tidak karena ilmu niscaya manusia itu seperti binatang
18.               العلم في الصغر كالنقش على الحجر
Belajar diwaktu kecil itu, bagaikan mengukir di atas batu
19.               لن ترجع الأيّام التي مضت
Tidak akan pernah kembali lagi hari-hari yang telah berlalu
20.               تعلمنّ صغيرا واعمل به كبيرا
Belajarlah di waktu kecil dan beramalah dengannya di waktu besar
21.               العلم بلا عمل كالشجر بلا ثمر
Ilmu tanpa amal/praktek bagaikan pohon yang tidak berbuah
22.               الاتّحاد أساس النجاح
Persatuan adalah pangkal keberhasilan
23.               لا تحتقر مسكينا وكن له معينا
Jangan engkau menghina orang miskin dan jadilah penolong baginya
24.               الشرف بالأدب لا بالنسب
Kemuliaan itu karena adab kesopanan (budi pekerti) bukan karena keturunan
25.               سلامة الإنسان في حفظ اللسان
Keselamatan manusia itu terdapat dalam penjagaan lidahnya (perkataannya)
26.               آداب المرء خير من ذهبه
Adab seseorang itu lebih baik (lebih berharga) daripada emasnya (kekayaannya)
27.               سوء الخلق يعدى
Budi pekerti/akhlaq yang buruk itu menular
28.                آفة العلم النسيان
Bencananya ilmu  adalah lupa
29.               إذا صدق العزم وضح السبيل
Jika ada kemauan yang sungguh-sungguh, pasti terbukalah jalannya
30.               لا تحتقر من دونك فلكلّ شيئ مزيّة
Jangan menghina seseorang yang lebih rendah daripada kamu, karena setiap orang mempunyai kelebihan
31.               أصلح نفسك يصلح لك الناس
Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang-orang lain akan baik padamu
32.               فكّر قبل أن تعزم
Berpikirlah dahulu sebelum kamu berbuat.
33.               من عرف بعد السفر استعدّ
Barang siapa yang tahu jauhnya sebuah perjalanan, hendaklah dia bersiap-siap
34.               من حفر حفرة وقع فيها
Barang siapa yang menggali lobang, maka akan terperosoklah ia di dalamnya
35.               عدوّ عاقل خير من صديق جاهل
Musuh yang pandai itu lebih baik daripada sahabat yang bodoh
36.                من كثر إحسانه كثر إخوانه
Barang siapa banyak perbuatan baiknya, maka banyak pulalah temannya
37.               اجهد ولا تكسل ولا تك غافلا فالندامة العقبى لمن يتكاسل
Bersungguh-sungguhlah, jangan bermalas-malasan dan jangan pula lengah, karena penyesalan itu resiko bagi orang yang bermalas-malasan
38.               لا تؤخّر عملك إلى الغد ما تقدر أن تعمله اليوم
Janganlah menunda pekerjaanmu hingga esok hari, sesuatu yang kamu dapat mengejakannya hari ini
39.               اترك الشرّ يتركك
Tinggalkanlah kejahatan, niscaya ia (kejahatan itu) akan meninggalkanmu
40.               خير الناس أحسنهم خلقا وأنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang terbaik budi pekertinya dan yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya
41.               في التأنّي السلامة وفي العجلة الندامة
Di dalam kehati-hatian itu terdapat keselamatan, dan di dalam ketergesa-gesaan itu terdapat penyesalan
42.               ثمرة التفريط الندامة وثمرة الحزم السلامة
Buah kelengahan adalah penyesalan dan buah kecermatan adalah keselamatan
43.               الرفق بالضعيف من خلق الشريف
Berlemah lembut kepada orang yang lemah itu termasuk perangai orang yang mulia (terhormat)
44.               فجزاء سيّئة سيّئة مثلها
Balasan suatu kejahatan  adalah kejahatan yang sama dengannya
45.               ترك الجواب على الجاهل جواب
Tidak menjawab  (pertanyaan) orang yang bodoh  adalah suatu jawaban
46.               من عذب لسانه كثر إخوانه
Barang siapa manis tutur katanya (perkataannya) maka banyaklah temannya
47.               إذا تمّ العقل قلّ الكلام
Apabila akal seseorang telah sempurna maka sedikitlah bicaranya
48.               من طلب أخا بلا عيب بقي بلا أخ
Barang siapa yang mencari teman tanpa bercela, maka ia akan selamanya tidak mempunyai teman
49.               قل الحقّ ولو كان مرّا
Katakanlah  kebenaran itu walaupun pahit
50.                خير مالك ما نفعك
Sebaik-baik hartamu adalah yang bermanfaat bagimu
51.                خير الأمور أوسطها
Sebaik-baik perkara itu adalah pertengahanya (yang sedang-sedang saja)
52.               لكلّ مقام مقال ولكلّ مقال مقام
Setiap tempat mempunyai perkataan masing-masing, dan untuk setiap perkataan memiliki tempat masing-masing
53.               إذا لم تستحي فاصنع ما شئت
Apabila engkau tidak malu, maka berbuatlah sekehendakmu (apa yang engkau kehendaki)
54.               ليس العيب لمن كان فقيرا بل العيب لمن كان بخيلا
Bukanlah cela itu bagi orang yang miskin, tapi cela itu terletak pada orang yang kikir
55.               ليس اليتيم الذي قد مات والده بل اليتيم يتيم العلم والأدب
Bukanlah yang dinamakan anak yatim itu yang telah meninggal orang tuanya, tapi (sebenarnya) anak yatim itu adalah yang tidak memiliki ilmu dan budi pekerti
56.               لكلّ عمل ثواب ولكلّ كلام جواب
Setiap pekerjaan itu ada upahnya, dan setiap perkataan itu ada jawabannya
57.               وعامل الناس بما تحبّ منه دائما
Dan pergaulilah manusia itu dengan apa-apa yang engkau sukai daripada mereka semuanya
58.               هلك امرؤ لم يعرف قدره
Hancurlah seseorang yang tidak tahu kemampuan dirinya sendiri
59.               رأس الذنوب الكذب
Pokok dosa itu adalah kebohongan
60.               من ظَلم ظُلم
Barang siapa yang menganiaya niscaya akan dianiaya
61.                ليس الجمال بأثواب تزيّننا إنّ الجمال جمال العلم والأدب
Bukanlah kecindahan itu dengan pakaian yang menghiasi kita, sesungguhnya kecantikan itu ialah kecantikan dengan ilmu dan kesopanan
62.               لا تكن رطبا فتعصر ولا تكن يابسا فتُكسّر
Janganlah engkau bersikap lemah sehingga kamu akan ditindas, dan janganlah kamu bersikap keras sehingga kamu akan dipatahkan
63.                من أعانك على الشرّ ظلمك
Barang siapa menolongmu dalam kejahatan maka sungguh ia telah menyesatkanmu
64.               إخي لن تنال العلم إلا بستّة سأنبيك عن تفصيلها ببيان:
ذكاء وحرص واجتهاد ودرهم وصحبة أستاذ وطول زمان
Saudaraku! Kamu tidak akan mendapatkan ilmu, kecuali dengan enam perkara, akan aku beritahukan perinciannya dengan jelas : Kecerdasan, Kethoma’an (terhadap ilmu),  Kesungguhan, Harta benda (bekal), Akrab, Dekat, Ta’at kepada guru serta Waktu yang panjang
65.               العمل يجعل الصعب سهلا
Bekerja itu membuat yang sukar menjadi mudah
66.               من تأنىّ نال ما تمنىّ
Barang siapa berhati-hati niscaya akan mendapatkan apa-apa yang  dicita-citakannya
67.               اطلب العلم ولو بالصين
Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina
68.               النظافة من الإيمان
Kebersihan adalah bagian dari iman
69.               إذا كثر المطلوب قل المساعد
Kalau banyak permintaannya maka sedikitlah penolongnya
70.               لا خير في لذّة تعقب ندما
Tidak ada kebaikan dari suatu kenikmatan yang menyebabkan penyesalan
71.               تنظيم العمل يوفّر نصف الوقت
Manajemen pekerjaan itu akan menghemat separuh waktu
72.               رُبّ أخ لم تلده أمّه
Betapa banyak saudara yang tidak dilahirkan oleh satu ibu
73.               داووا الغضب بالصمت
Obatilah kemarahan itu dengan diam
74.               الكلام ينفذ مالا تنفذه الإبر
Perkataan itu dapat menembus apa yang tidak bisa ditembus oleh jarum
75.               ليس كلّ ما يلمع ذهبا
Bukanlah setiap sesuatu yang mengkilat itu emas
76.                سيرة المرء تنبئ عن سريرته
Gerak-gerik seseorang itu menunjukkan isi hatinya
77.                قيمة المرء بقدر ما يحسنه
Derajat seseorang itu sebesar  kebaikan yang telah diperbuatnya
78.               صديقك من أبكاك لا من أضحكك
Temannmu ialah orang yang membuatmu menangis bukan orang yang membuatmu tertawa
79.               عثرة القدم أسلم من عثرة اللسان
Tergelincirnya kaki itu lebih selamat daripada tergelincirnya lidah
80.               خير الكلام ما قلّ ودلّ
Sebaik-baik perkataan  ialah yang sedikit dan jelas
81.               كلّ شيئ إذا كثر رخص إلا الأدب
Segala sesuatu apabila banyak menjadi murah kecuali budi pekerti
82.               أوّل الغضب جنون وآخره ندم
Permulaan marah  adalah kegilaan dan akhirnya adalah penyesalan
83.               العبد يضرب بالعصا والحرّ يكفيه بالإشارة
Hamba sahaya itu harus dipukul dengan tongkat, dan orang yang merdeka  cukup dengan isyarat
84.               انظر ما قال ولا تنظر من قال
Perhatikanlah apa-apa yang diucapkan dan janganlah meperhatikan siapa orang yang mengatakannya
85.               الحسود لا يسود
Orang yang pendengki itu tidak akan menjadi mulia
86.               الأعمال بخواتمها
Tiap-tiap pekerjaan itu dengan penyelesaiannya
87.               إلهي لست للفردوس أهلا#  ولا أقوى على النار الجحيم
Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka Jahim
88.               فهب لي توبة واغفر ذنوبي #  فإنّك غافر الذنب العظيم
Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar
89.               ذنوبي مثل أعداد الرمال #  فهب لي توبة ياذاالجلال
Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan
90.               وعمري ناقص في كلّ يوم #  وذنبي زائد كيف احتمالي
Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya
91.               إلهي عبدك العاصي أتاك #  مقرّا بالذنوب وقد دعاك
Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu
92.               فإن تغفر فأنت لذاك أهل  # فإن تطرد فمن نرجو سواك
Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah yang berhak mengampuni,
Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?
93.               في أيّ أرض تطأ فأنت مسؤول عن إسلامها
Di manapun anda berada, maka anda bertanggung jawab terhadap keislamannya
94.               المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلح
Melestarikan (nilai-nilai) lama yang relevan dan mengadopsi (metode) baru yang lebih relevan
95.               الدهر يومان : يوم لك و يوم عليك
Masa itu ada dua : saat kebahagiaan dan saat kesedihan
96.               من عرف لغة قوم سلم من مكرمهم
Barang siapa menguasai bahasa suatu kaum, maka ia akan selamat dari tipu daya mereka
97.               الحقّ يعرف بالدليل لا بالقليل ولا الكثير
Kebenaran itu harus berdasarkan wahyu dan bukti, bukan karena sendikit atau banyaknya (yang melakukan/mengikuti)
98.               ومن طلب العلى سهر الليالى
Barang siapa yang mencari ketinggian derajat, hendaklah ia qiyamullail (sholat malam)
99.               الإسلام يعلو ولا يعلا عليه
Islam itu agama tertinggi dan tidak ada yang bisa menandinginya
100.      ليس منّا من لم يرحم صغيرنا ولم يوقّر كبيرنا
Bukanlah termasuk golongan kami (umat Nabi Muhammad SAW), orang yang tidak menyanyangi yang yunior dan tidak menghormati senior.


KATA BIJAK ATAU WISE WORDS IN JAVANESE


By learning many languages we can be more intelligent and creative, lets study Javanese, Indonesian, English, and Arabic wise words by visiting my blog
1. Urip Iku Urup (Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik).
2. Memayu Hayuning Bawono, Ambrasto dhur angkoro (Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).
3. Suro Diro Joyoningrat, Lebur Dening Pangastuti (segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar)
4. Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-Aji, Sugih Tanpo Bondho (Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan; kekayaan atau keturunan; Kaya tanpa didasari kebendaan)
5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan (Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu).
6. Aja Gumunan, Aja Getunan, Ojo Kagetan, Ojo Aleman (Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut; Jangan mudah kolokan atau manja).
7. Ojo Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman (Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi).
8. Ojo Keminter Mundak Keblinger, Ojo Cidra Mundak Ciloko (Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah;Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka).
9. Ojo Milik Barang Kang elok, Aja Mangro Mundak Kendo (Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat).
10. Ojo Adigang, Adigung, Adiguna (Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti)

Selasa, 10 Juli 2012

MENDIDIK ANAK MENJADI PRIBADI JUARA

Munif Chatib memberikan materi berupa 5 point yang merubah paradigma berfikir kita tentang anak didik kita. 5 point tersebut adalah sebagai berikut:
1. Memandang setiap anak yang dilahirkan adalah juara
  Munif menyatakan  bahwa “bagaimanapun kondisi anak didik kita, mereka adalah juara”. Kita bisa melihat dalam acara-acara training motivasi kenyataannya bahwa manusia yang berstatus autis-pun dapat berprestasi, atau orang yang terlahir dengan kedua tanggan dan kedua kakinya yang tak normal yang seakan-akan dalam sekilas pandangan kita masa depannya akan sangat suram, tetapi kenyataan berkata lain, dengan tekad kuat, dengan kerja keras, orang yang terlahir tanpa kedua tangan-pun banyak yang menuai kesuksesan dalam hidupnya. Begitulah munif chatib menjelaskan bahwa setiap orang, bagaimanapun kondisinya adalah juara sehingga tidak salah jika beliau memberikan ilustrasi untuk bingkisan yang pertama ini adalah sebuah bintang. Dan hikmah yang dapat di ambil adalah bahwa Allah tidak akan pernah memproduksi produk-produk gagal.
2. Memahami kemampuan dalam arti yang luas
Dalam bingkisan yang kedua ini,chatib mengajak kita untuk berfikir terbuka,bahwa jangan sampai kita  menjadi bagian dari orang mengartikan kemampuan atau kecerdasan di lihat dari satu sisi saja yaitu kognitif, bahkan faktanya, lebih di persempit lagi bahwa kecerdasan hanya dilihat dari selembar kertas ujian.
Dalam otak kita terdiri dari berjuta sel otak yang bila mendapat stimulus yang tepat maka akan mendapat kompetensi yang maksimal. Yang artinya bahwa kitapun harus memberikan arti yang sangat luas dari sebuah kecerdasan bahwa kesuksesan tidak selalu kognitif.
karena pandangannya yang luas tersebut maka chatib membuat ilustrasi dari bingkisan kedua ini dengan samudra.
3. Setiap anak cerdas dengan multiple intelligence
Yang ketiga ini mempertegas dari bingkisan yang kedua di atas, bahwa banyak potensi yang dimiliki oleh setiap orang, kalau lah dia tidak bisa dalam bidang matematika maka mungkin kinestetiknya yang menonjol, atau mungkin spatialnya, atau mungkin linguistiknya atau banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya, dan yang bisa di pastikan adalah bahwa setiap orang pasti memiliki satu potensi yang dapat di andalkan. Multiple Intelligence yang di gagas oleh Howard Gardner, mengatakan bahwa kecerdasan memiliki banyak varian, sehingga karena banyaknya ini, chatib mengilustrasikan dengan harta karun.
4. Discovering Ability
Discovering disini mari kita artikan bukan sebagai menemukan, tapi marilah kita artikan dengan makna menjelah, menyelami hebatnya kemampuan siswa kita, dan mengangkatnya ke permukaan bahkan terbang mengangkasa menjadi sang bintang yang menjadi juara.
“kembangkan kemampuan,kubur ketidakmampuan”.
5. Bakat
Inilah salah satu bagian dari harta qarun itu, bakat. Ya …profesi yang bisa menjadi professional adalah karena ada bakat. Kenali bakat anak didik kita, maka dengan banyak sentuhan motivasi maka jadilah dia seorang professional.

Senin, 09 Juli 2012

BELAJAR DARI KISAH DAHLAN ISKAN


BELAJAR DARI KISAH DAHLAN ISKAN

Wonogiri VOICE of MARON (VoM).Berkaca dari  kisah hidup Dahlan Iskan, akhirnya ada seorang novelis cerdas yang mengangkatnya menjadi novel inspiratif  “SEPATU DAHLAN”, saya MasKatnoGiri berkeyakinan bahwa novel karya Khrisna Pabihara  akan menjadi novel  “super mega best seller”. Karena sampai saat  ini orang-orang Indonesia merindukan  novel yang inspiratif, edukatif dan menkayakan. Kita masih ingat kejayaan novel Laskar Pelangi, Ketika Cinta Berasbih dll. Walaupun demikian kita juga prihatin atas terbitnya novel-novel yang  tidak mendidik, contohnya cari sendiri.

“HIDUP, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya." Kalimat itu ditulis oleh Dahlan Iskan sebagai pengantar sebuah novel . Sebenarnya banyak cerita-cerita inspiratif yang bisa dijadikan sumber bahan penulisan sebuah novel, namun di negeri ini masih minim para penulis. Termasuk MasKatnoGiri sendiri mengalami kebingungan bagaimana memulai, meracik supaya cerita sebenarnya  memberikan motivasi dan edukasi  menjadi novel yang apik. PR besar bagi para orang tua dan guru pendidik, supaya mereka memotivasi pada anak-anaknya agar mampu menulis atu setidak-tidaknya membentuk cerita sederhana yang berguna bagi orang lain.

Sosok Dahlan kecil yang digambarkan oleh penulis dalam novel itu bukanlah orang yang pasrah terhadap keadaannya. Dahlan kecil dalam novel itu adalah seorang pejuang, pejuang bagi masa depannya tak peduli jalan berliku. Kisah  Dahlan ini sebenarnya agak mirip den gan kisah MasKatnoGiri dan pasti banyak juga yang memiliki kemiripan dengan kisah ini.
Dahlan, bocah asal Kebon Dalem, Jawa Timur, berpeluh untuk mewujudkan mimpinya, yang semula sangat sederhana untuk ukuran sebagian besar anak Indonesia saat ini, yaitu sepasang sepatu dan sepeda.

 Tapi dia tidak menyerah. Dari Kebon Dalem, kampung yang dilukiskan sebagai hanya memiliki enam buah gubuk yang letaknya saling berjauhan, Dahlan tekun menyusun langkah hingga akhirnya kini tertambat di salah satu kursi Kabinet Indonesia Bersatu II sebagai Menteri BUMN.
Sebuah lompatan yang sangat mengagumkan jika merujuk pada novel "Sepatu Dahlan" yang menyebutkan bahwa nyaris seluruh lelaki dewasa di Kebon Dalem bekerja sebagai buruh .

 Berkat kerja kerasnya, Dahlan berhasil mengumpulkan uang untuk membeli sepeda secara mencicil dan kemudian dia bahkan mampu membeli dua pasang sepatu untuk dirinya dan adiknya. Sekalipun semua itu baru dapat diwujudkannya ketika ia duduk di kelas tiga SMA (Aliyah). Suatu jalan yang panjang untuk sepasang sepatu. Sepasang sepatu yang kemudian lebih banyak ditenteng oleh Dahlan karena ia merasa sayang menggunakannya.
 Di tengah tengah kehidupan yang manja dari para pemuda dan kemanjaan para pejabat yang korup. Novel "Sepatu Dahlan" adalah satu bentuk teguran dan motivasi  bagi pemuda dan  pejabat  untuk tidak bermanja-manja. Dahlan sanggup menjadi contoh. Dahlan kemudian mengawali Gerakan Sepatu untuk Anak Indonesia dengan membagikan sekitar 1.000 sepatu untuk anak-anak Sekolah Dasar di seluruh sudut Jakarta.

Aksi "bagi-bagi" sepatu itu memperoleh rekor dari Museum Rekor Indonesia sebagai gerakan berbagi sepatu terbanyak karena ditargetkan akan memberikan lebih dari 3.600 pasang sepatu bagi anak-anak Indonesia. Kisah ini mestinya menjadi teladan untuk kita.


Minggu, 08 Juli 2012

20 TIPS FOR MOSLEM PARENTS WITH THEIR TEENS

Summarized by MasKatnoGiri from my Great Ustadzes' advices
             How lucky MasKatnoGiri is , because He has great Ustadzes  who always advise him everytime. MasKatno Giri is getting older. His first kid has been a teenager. Educating teens is not easy, needed much more  experience and also knowledge. We must be  trained  to be as  successful parents. 
              MasKatnoGiri always tries to remember the advices of his ustadz .  These are some of their suggestions:
1.      Building a Masjid  or Mushola in your home 
Delegate a room, part of the basement or the living room as the home Masjid. You can do this for less than Rp. 20.000.000,-
Make this Masjid entirely the responsibility of the kids. Get the eldest to be in charge and to delegate responsibilities for younger siblings. Responsibilities include keeping the Masjid clean, waking people up for Fajr, calling the Adhan, etc.
2.      Establishing an Islamic library and choose a librarian
Equip your home with an Islamic library with books, video and audio cassettes about various aspects of Islam, catering to everyone's age and interests.
Get one of your teens to be the librarian. S/he keeps materials organized and in good condition. Any requests for materials to be added to the collection have to go through him or her. Give this librarian a monthly budget for ordering new books, cassettes, etc.
3.      Taking them out.....to Islamic activities
Instead of a fancy dinner at a restaurant, save your money to take everyone out to the next Muslim community dinner or activity. Make a special effort to go to events where other Muslim teens will be present and the speaker caters his/her message to this crowd.
4.      Moving to a predominantly Muslim neighborhood in your city
Ideally, this should be near the mosque. This step is necessary if you want to surround your kids with other Muslim children of more or less the same age on a daily basis.
5.      Helping teens start their own youth group
After living in a Muslim neighborhood and attending Islamic activities regularly, teens in many cases will develop a friendship with other Muslims their age. Don't let this end here.
Help them establish a youth group, not just to learn about Islam, but to go to the amusement park together, go swimming, etc. Have meetings at members' houses on a weekly or bimonthly basis. Get this group involved in useful work like cleaning up litter around the Masjid or visiting senior citizens' homes.This group must have parental supervision, although teens' decision-making powers should not be interfered with unless really necessary
6.      Taking parenting more seriously than you would a full-time job 
This means both parents must understand their children are a trust from Allah, and He will ask how they were raised. If the children do not grow up practicing Islam because of their parents' negligence, it is not going to be pretty in this life or the next.
7.      Reducing or change work hours and exchange them for time with the family 
It is better to have one full-time job, fewer luxuries in the house (i.e. more cars, expensive clothes, a bigger, fancier home) and more time with the family, than many material things and absent parents. This goes for mothers AND fathers. Parents can't instill values in their children if they just aren't there, period. Quit that extra job on the weekends or in the evenings and instead drive the kids to the mosque for Halaqas and activities instead. Or consider switching shifts at work so that you're home when the kids are.
8.      Reading the Quran, understanding its meaning, for five minutes every day 
Just five minutes. Whether it's in the car during a traffic jam, early morning after Fajr, or right before you go to bed, read the Quran with a translation and/or Tafseer. Then watch the snowball effect. You will, Insha Allah, reconnect with Allah, and in the long run, develop into a role model helping your whole family, not just your teen, reconnect with Him too.
9.      Attending a weekly PENGAJIAN or Halaqa 
Trade playing cards or watching television on Sunday afternoons for a Halaqa. If you don't have something already in place during that time slot, help the Imam to set one up. Attend it vigilantly. The added bonus of this is that when children see their parents striving to learn about Islam, they will in many cases be encouraged to do the same.
10.  Respecting  your teen 
Respecting your teen means not treating them like inept babies, but like maturing adults, not talking down to them or humiliating and insulting them. It means involving them in useful activities around the home and seeking their opinions on matters of importance.
11.  Taking an interest in what they do 
Does Noor play hockey in an all-girls' sports league? Attend Noor's games as regularly as possible. Does Ihsan collect stamps? See if you can find old letters from your parents in Malaysia or Lebanon and pass the stamps on them to her. Does Muhsin love building websites? Visit his site, post a congratulatory e-mail on the message board and offer some suggestions for the site. Give him a book on advanced web design as Eid gift.
12.  Being  aware of problems and address them straightforwardly 
As you spend more time with your teen, you will be more able to sense if there is something bothering them. Don't brush this feeling under the carpet. Address it straight on. But don't do this in the family meeting or n in front of others. Do it during the next tip.
13.  "Dating" your teenager 
While dating is commonly associated with boy-girl social meetings, the concept can be extended to any meeting between two people wanting to get to know each other better.
It's especially important to "date" your children on an individual level once they hit their teens because they are no longer just "one of the kids". They are young adults who need attention and guidance on an individual level. You can go out on a "date" when Sumayya graduates from high school (instead of going to the prom), when Ahmed gets his driver's license or if you feel there is something bothering them and you want to address them alone.
14.  Not to  just be your teen's parent, be his or her partner 
Making them a partner means giving them responsibilities within the family. Get 16 year old Amir, who just got his driver's license, to help his mom with grocery shopping on Saturday's; get 15 year old Jasmine, who loves flowers, to be responsible for the garden and mowing the lawn. This way, teens will feel a part of the family, included and needed.
15.  Establishing a TV-free evening and monitor TV watching in general
Parents' biggest competitor for their children's attention is the T.V. Sound Vision's unTV guide. Monitoring what everyone watches simply means taking care to remind and help everyone avoid shows which depict sex, violence and encourage unIslamic activities. Put up a list of acceptable and unacceptable shows on the wall beside the T.V.
Establishing TV-free evenings means having one evening of the week when no one, adult, teen or child is allowed to watch television. Hopefully, this is a first step towards general TV reduction in the home. This is an ideal time to have the next tip.
16.  Having weekly family meetings
The purpose: to find out what is going on in everyone's lives and to consult the family on important issues. Hanan started attending a Halaqa, Imran just returned from a Muslim youth camp, Bilal aced the last algebra test. The point is not to just give this news in point form. It's to elicit discussion and communication between everyone, and to keep up-to-date about what is going on in everyone's life, which gets harder when kids become teenagers.
This is also the place to consult the family and decide on major issues affecting everyone: a move to another city; a marriage of one of the family members; difficulties with a bully in school, etc.
Please note: Shura in the family does not mean a majority vote determines what to do about a situation. While the parents remain in charge, teens and younger children voice opinions and suggestions parents will consider in making a final decision about a matter.
17.  Providing the right role models-What would Abu Bakr have done?
Apart from being a role model yourself by trying to practice Islam, make sure you provide teens with reading material about the Prophet Muhammad (peace and blessings be upon him) and his Companions (Sahaba), both the men and the women. Otherwise, the characters on the programs your kids watch on television may become their "Sahabas".
Discuss what a Companion may have done in a situation relevant to teens' lives. What would Abu Bakr Siddiq do if he saw a someone selling answers to the grade 11 math final exam? What would Aisha have done is she was confronted with the opportunity to cheat her parents?
18.  Reading  books on Positive Parenting
These can be books written by Muslims, but even books by non-Muslims can help. However, just be ready and make sure you are able to identify what is Islamically acceptable versus what is not.
19.  Geting them married early
A Muslim teenager facing this is in a tough position: succumb to the temptations or try really, really hard not to. Getting them married early (check out some tips for parents) will ease the pressure, and they don't have to stop their studies to do this. Remember, as a parent you will also be partly responsible if your son or daughter wanted to marry, you stopped them and they ended up having sex outside of marriage. You should also remember when undertaking this step not to force your son or daughter to marry someone they do not like.
20.  Last but not least-Praying
Praying. It is really Allah who guides and misguides, but if you've done your job as a parent, Insha Allah, keeping your teen a practicing Muslim will be easier to do than if you had neglected this duty. As well, make  prayer for your teen in front of them. This reminds them how much you love them and your concern for them.