DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 18 September 2012

PENILAIAN KINERJA GURU (PK GURU) SANGAT PENTING


PENILAIAN KINERJA GURU (PK GURU) SANGAT PENTING

Menurut  Peraturan  Menteri  Negara  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan  Reformasi Birokrasi  Nomor  16  Tahun  2009,  PKG  adalah  penilaian  dari  tiap  butir kegiatan tugas  utama  guru  dalam  rangka  pembinaan  karir,  kepangkatan,  dan  jabatannya. Pelaksanaan  tugas  utama  guru  tidak  dapat  dipisahkan  dari  kemampuan  seorang  guru dalam  penguasaan  pengetahuan,  penerapan  pengetahuan  dan  keterampilan,  sebagai kompetensi  yang  dibutuhkan  sesuai  amanat  Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional Nomor  16  Tahun  2007  tentang  Standar  Kualifikasi  Akademik  dan  Kompetensi  Guru.

Seberapa pentingkah  Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) ?

PK Guru jelas penting, karena PKG untuk melayani dua tujuan, yaitu : (1) untuk mengukur kompetensi guru dan (2) mendukung pengembangan profesional.
Idealnya sistem penilaian kinerja guru  benar-benar  memberikan manfaat sebagai umpan balik untuk memenuhi berbagai kebutuhan di kelas (classroom needs), dan peluang untuk mengembangkan teknik-teknik baru dalam pembelajaran, serta mendapatkan saran (konseling) dari kepala sekolah atau guru lainnya untuk membuat berbagai perubahan di dalam kelas.

Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang evaluator pertama kali harus dapat menyusun prosedur spesifik dan menetapkan standar. Penetapan standar hendaknya dikaitkan dengan :
  • Keterampilan-keterampilan dalam mengajar
  • Bersifat seobyektif mungkin
  • Komunikasi secara jelas dengan guru sebelum evalusi dilaksanakan dan ditinjau ulang setelah selesai dievaluasi, dan
  • Dikaitkan dengan pengembangan profesional guru
Para evaluator hendaknya mempertimbangkan aspek keragaman keterampilan pengajaran yang dimiliki guru. Jika para evaluator menggunakan berbagai sumber informasi tentang kinerja guru, maka mereka dapat memberikan penilaian secara lebih akurat.
 Persyaratan penting dalam sistem PK GURU adalah:
  1. Valid, Sistem  PK G  dikatakan valid bila  aspek  yang  dinilai  benarbenar  mengukur komponenkomponen tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran, pembimbingan, dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.
  2. Reliabel, Sistem PKG dikatakan reliabel atau mempunyai tingkat kepercayaan tinggi jika proses  yang  dilakukan  memberikan  hasil  yang  sama  untuk  seorang  guru  yang dinilai kinerjanya oleh siapapun dan kapan pun.
  3. Praktis, Sistem PKG  dikatakan  praktis  bila  dapat  dilakukan  oleh  siapapun  dengan relatif  mudah,  dengan  tingkat  validitas  dan  reliabilitas  yang  sama  dalam  semua kondisi tanpa memerlukan persyaratan tambahan.
Beberapa prosedur yang dapat digunakan oleh evaluator, diantaranya :
  • Mengobservasi kegiatan kelas (observe classroom activities). Ini merupakan bentuk umum untuk mengumpulkan data dalam menilai kinerja guru. Tujuan observasi kelas adalah untuk memperoleh gambaran secara representatif tentang kinerja guru di dalam kelas. Kendati demikian, untuk memperoleh tujuan ini, evaluator dalam menentukan hasil penilaian tidak cukup dengan waktu yang relatif sedikit atau hanya satu kelas. Oleh karena itu observasi dapat dilaksanakan secara formal dan direncanakan atau secara informal dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sehingga dapat diperoleh informasi yang bernilai (valuable)
  • Meninjau kembali rencana pengajaran dan catatan – catatan dalam kelas. Rencana pengajaran dapat merefleksikan sejauh mana guru dapat memahami tujuan-tujuan pengajaran. Peninjauan catatan-cataan dalam kelas, seperti hasil test dan tugas-tugas merupakan indikator sejauhmana guru dapat mengkaitkan antara perencanaan pengajaran , proses pengajaran dan testing (evaluasi).
  • Memperluas jumlah orang-orang yang terlibat dalam evaluasi. Jika tujuan evaluasi untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja guru maka kegiatan evaluasi sebaiknya dapat melibatkan berbagai pihak sebagai evaluator, seperti: siswa, rekan sejawat, dan tenaga administrasi. Bahkan self evaluation akan memberikan perspektif tentang kinerjanya. Namun jika untuk kepentingan pengujian kompetensi, pada umumnya yang bertindak sebagai evaluator adalah kepala sekolah atau pengawas.
Guru-guru yang berkeinginan untuk meningkatkan pengajarannya biasanya sangat berhasrat untuk memahami bagaimana pandangan guru lain dan siswa terhadap dirinya. Memang, dalam proses evaluasi pandangan-pandangan mereka yang terlibat dalam keseharian kiranya tidak bisa diabaikan begitu saja.
Pelaporan Hasil Evaluasi
Konferensi pasca-observasi dapat memberikan umpan balik kepada guru tentang kekuatan dan kelemahannya. Dalam hal ini, beberapa hal yang harus diperhatikan oleh evaluator :
  • Penyampaian umpan balik dilakukan secara positif dan bijak.
  • Penyampaian gagasan dan mendorong untuk terjadinya perubahan pada guru
  • Menjaga derajat formalitas sesuai dengan keperluan untuk mencapai tujuan-tujuan evaluasi (maintain a level of formality necessary to achieve the goals of the evaluation)
  • Menjaga keseimbangan antara pujian dan kritik
  • Memberikan umpan balik yang bermanfaat secara secukupnya dan tidak berlebihan
Kaitan Evaluasi Kinerja Guru dengan Pengembangan Profesi
Upaya untuk mengaitkan evaluasi kinerja guru dengan pengembangan profesi memang bukanlah pekerjaan yang gampang, baik untuk kepala sekolah, evaluator dan terutama guru itu sendiri. Walaupun demikian, ada beberapa jawaban yang sederhana bahwa evaluasi kinerja guru dapat digunakan dalam:
  • Bekerja sama dengan guru-guru untuk menata secara khusus tujuan yang dapat dicapai.
  • Menyajikan kritik membangun dan dukungan memperbaiki kelemahan dan mengembangkan kekuatan.
  • Menginventarisasi guru-guru yang berpengalaman untuk diminta bantuannya dalam meningkatkan kinerja guru-guru yang kurang berpengalaman.

BETAPA MAHALNYA HARGA KESEHATAN (Sabar ya bu Itut)

BETAPA MAHALNYA HARGA KESEHATAN

Voice of  Wonogiri (VoW). Selasa 18/09/2012. MasKatnoGiri bersama teman-teman alumni P.Ps. Bhs Inggris UNS 2006 menjenguk  bu Itut yang sedang sakit di RSU  DR .Muwardi. Beliau sudah antri memang untuk kemoteraphi yang ke--- tak terhitung kali.

"Bagaimana kabarnya pak terima kasih atas kunjungannya, aku belum lama operasi dari pengangkatan  payu dara, operasi indung telur dan cervic" Bu Itut dengan suara iba berkata. Menurut suami bu Itut, bu Itut termasuk manusia yang luar biasa kuat perkasa karena semangat hidupnya yang luar biasa. Sehingga walau sudah puluhan kali wira wiri ke rumah sakit, beliau tetap sabar ceria. Semangat dalam menjalani hidup ternyata menambah stamina.

Jutaan rupiah  harus dikeluarkan demi kesehatan, itu memang biasa bagi kepepet sakit.  Bu Itut menambahkan sejak tahun 2008  beliau  sudah terbiasa keluar masuk RS sekitar 6 rumah sakit.

MasKatno Giri tertampar  bahwa betapa kurang bersyukurnya bagi  kita yang sehat.  Kunjungan berkhir jam 4 sore ditutup dengan doa yang dipimpin MasKtno Giri,  dan diamini oleh P Yoyok (dosen Unisri)  B.Dewi S (dosen UNS) Bu Lanjar Utami (Wakasek MAN Kra) dan P. Suharno (Kep sek  SMP NAWA Kartika). Doa selesai  datanglah  Bu. Emi (waksek SMP Boyolali) .

Selamat berjuang, semangat dan tetep sabar ceria bu Itut.

How To Motivate Students to learn English subject


How To Motivate Students to learn English subject
It is not easy to teach students. Motivating is more difficult,  however we should not stop learning how to make  Englsh learning prrocess students  run well.
Here are some strategies that should get your teens a bit more motivated.
  1. Using as many references to pop culture as you canConsider your teens’ interests. Imagine you want to discuss last week’s events to practice the past simple tense. Will they be more interested in what President Obama did last week, or which outrageous outfit Lady Gaga wore to an awards show? If you’re not willing to discuss Eminem’s latest album, or any of the Twilight books or films, then you won't connect with your teen students.
  2. Giving them a little friendly competitionLittle kids like to compete, and teens are no different. Why not introduce some friendly competition into the ESL classroom? Games are easy ways to do this, but you can also have them compete in any activity.
  3. Catering to their skills and exploit their talentsMost teens are talented at one thing or another. Take your time to get to know them and discover what these talents are.
  4. Making reading age appropriateTo get students excited about a reading assignment, make sure you choose material that will pique their interest. Naturally, books or stories about teens are sure to work, but you can also include celebrity biographies, anything sports-related, or any topic that may interest them, but is also up to their reading level.
  5. Playing songs to improve listening comprehensionIf you play any of the audio that typically comes with course materials, your teens will most likely tune out and not hear a word. The best way to motivate them to listen is by playing songs. But you should also choose songs they like, or can relate to
  6. Having video lessonsVideos have great potential in the ESL class. Thanks to recent advances in technology, we no longer need to have a TV and DVD player in the classroom to teach a video lesson. A laptop will do for a small class, and a speedy Internet connection is great, but not entirely necessary, as you can have video files already downloaded to your computer. To keep teens focused on the task, choose short interviews, movie trailers, music videos, or how to videos on YouTube.
  7. Integrating technology into the classroomIn the previous point, we mention how easy it is to show videos on a laptop, but you can integrate technology in so many other ways. Most teens have excellent Web surfing skills, so why not assign them a WebQuest? A WebQuest is an online, inquiry-based activity where students are required to search for specific information within links provided by the teacher, and then produce a report or a PowerPoint presentation. Here are some great examples of WebQuests for teens, but you can also design your own to suit your students’ level.
  8. Playing  gamesESL games motivate any learner whether they are 5 or 50 years old. But with teens, it’s important to choose games that will challenge them, give them the right competitive feel, and help them effectively practice an ESL item. A guessing game or any type of quiz show game should get them motivated.
  9. Using realia in the classroomThe use of real life objects is also a great way to motivate students of all ages. But it is particularly effective with teens who are already lacking in enthusiasm.
  10. Make sure that at the beginning of the course you discuss what their learning goals are. They may not have thought of this earlier, but they may come to realize that they need English to surf the Internet, understand their favorite band's songs, or chat with foreign friends. And talking about the things that interest teens is a great way to establish rapport.       Inspired by reading ESL --in motivating students

HIDUP INI MISTERI oleh MasSukatno Giri


HIDUP  INI  MISTERI

Kita memang banyak tahu tentang kehidupan. Jangan salah mata kita sering tertipu. Ada yang  lebih tahu yakni Allah s.w.t.

Kita  sering mencari kesenangan melalui perbuatan negatif, menghalalkan segala cara. Jangan salah  kta akan menggali lubang sendiri.

Kita merasa bahwa kita kadang  licik dibelakang orang, dan merasa aman. Jangan salah kita diketawai malaikat, dan kita tinggal menunggu laknat.

Kita  merasa bahwa kejelekan, kebaikan sebesar atom  tidak ada dampaknya. Jangan salah semua  pasti  ada dampaknya. SOPO NANDUR BAKALE NGUNDUH.  

Mari bersama-sama peduli dengan  generasi kita dan kita sendiri. Jangan  jangan kita tinggal menunggu generasi kita  atau anak kita lebih parah dari kita. 

Hidup ini misteri,  kita akan sukses Insya Allah  karena kebaikan kecil kita bisa berdampak besar nantinya

Senin, 17 September 2012

Anakku Sayang

Wahai anakku  tak terasa seperti baru kemarin saja, kugendong engkau, kini engkau sudah tumbuh remaja. Engkau sudah pintar berkomentar, terkadang tanpa nalar.

Kepintaran itu memang harapanku sebagai orang tua. Namun,  kini jangan biarkan engkau tumbuh  tanpa moral dan bergaul dengan kawan yang morsal yang hidup  berorentasi hawa nafsu.

Ku tak berharap engkau jadi manusia  kalap tanpa pertimbangan akal sehat, menjadi manusia yang  tidak selamat.

Paksakan dirimu, doakan dirimu agar menjadi manusia yang penuh cinta. Cinta terhadap  Allah s.w.t, cinta terhadap dirimu sendiri, cinta kepada orang tuamu sendiri ,  dan cinta kepada  sesama. Mulailah   sadar dan mulai  berpikir apa arti kehidupan  sebenarnya. Apakah hidup ini  tanpa tangung jawab setelah akhir nanti? Apakah kamu akan muda selamanya?

Kehidupan bahagia sejati itulah harapan hakiki. Bahagia  di dunia dan di akherat nanti. Ya itu harapan setiap orang. Kenyataanya banyak manusia atas kelemahwannya  mereka  tak sadar bisa saja nekat  terus menerus sehingga salah langkah. Jangan ikuti  mereka.

Akupun bisa saja salah, karena aku juga manusia biasa. Jangan ragu bahwa kamu harus meniru perilaku yang  bersumber dari kebenaran ILAHI.  yang tak terbantahkan kebenarannya.  Banyakdi antara  idola remaja  adalh  berdasar kebenaran  atas pertimbangan nafsu bukan pertimbangan ilmu yang bersumber dari kebenaran Allah s.w.t. Kebenaran yang hanya bersumber dari perkiraan  keabanyakan orang orang sering menyesatkan, kamu wajib ragu-ragu. Kebenaran yang bersumber  dari Allah sw.t melalui rasulnya dan di ajarkan melalui para orang-orang sholih dan berilmu kamu harus ikuti.

Sekali lagi  Nak! Jangan  HAWA NAFSU mengendalikan kamu. Setan adalah  pemuja hawa nafsu. Bila kamu  sangat sulit diingatkan  menuju kebaikan, Kita   tinggal menunggu ' TONTONAN YANG MENGERIKAN  yakni adzab Allah akan datang bagi pengumbar hawa nafsu.

BAHAGIANYA MENJADI MANUSIA BIASA-BIASA SAJA

BAHAGIANYA MENJADI  MANUSIA BIASA-BIASA SAJA

Semoga  MasKatno giri bahagia selamanya. dia sudah terlanjur terlahir dari keluarga  asal desa,  sbg wirasuasta, ekonomi biasa-biasa saja. Akhirnya tumbuh dewasa, lalu sekolah dikota dan bekerja sbg guru SMA. Tinngal kenangan kini, MasKatno Giri tumbuh menjadi manusia kurang percaya diri, namum  punya obsesisi tinggi. Dinasihati oleh guru sejati berakhir kini menjadi agak percaya diri, mungkin karena pernah  kuliah di perguruan tinggi

Kini sudah berumah tangga lebih dari  sepuluh tahun lamanya, bahagia luar biasa,  telah dikaruniai anak empat jumlahnya cakep-cakep semua. Waktu berjalan MasKatno Giri meniti  karir sebagai abdi  negara. Dia bercita-cita menjadi pekerja yang berguna tanpa berharapan menjadi pejabat negara. Dia sudah bahagia dengan apa adanya, menjadi guru biasa saja.

Menjadi pejabat  bagi MasKtno Giri merupakan hal yang NGERI, sering dicurigai, dan  bisa-bisa tergoda korupsi. Bekerja sebagai guru biasa  menjadi ibadat, lebih selamat sebagai sangu di akherat. Kita semua tidak tahu bahwa kita suatau saat nanti  akan mati, terasa ngeri jika belum menjadi mu'min sejati.