DUNIA INI ADALAH PERHIASAN DAN SEBAIK-BAIK PERHIASAN ADALAH WANITA SHOLIHAH
"The world and all things in it are valuable; but the most valuable
thing in the world is a virtuous woman." -Prophet Muhammad (Peace be
upon him.)"
Mas Guru berbagi motivasi terutama untuk siswanya di SMAN 1 Girimarto
Sabtu, 11 Agustus 2012
PESANTREN KILAT
VOICE OF
WONOGIRI (VOW) Girimarto. PESANTREN BLEDHEG sebagai ganti istilah PESANTREN
KILAT. Dengan digantinya naman KILAT menjadi BLEDHEG diharapkan efeknya biar
terasa. Kamis sampai Sabtu atau tepatnya dari tanggal 9-11 Agustus 2012. SMA N
1 Girimarto menyelenggarakan agenda rutin tiap tahun yakni pesantrenan.
Diharapkan melalui kegiatan ini para siswa menjadi generasi yang bertaqwa tidak
hanya
di bulan
USUM TAQWA, namun setelah bulan ramadlan benar-benar Taqwa.
MasKatno Giri diberi amanat di hari Jum'at tanggal 10-8-2012, dia baru merenungkan pada saat berita ini ditulis materi apa yang pas untuk generasi yang masih misteri. Generasi Misteri adalah istilah remaja saat ini, karena pada saat ini banyak remaja di beri pengarahan terlihat khusuk dan sholih, namun setelahnya tidak terasa dampak dari nasihat sebelumnya. Apalagi setelah Ramadlan, banyak yang degleng masih asyik dengan kedeglengannya. Inilah PR besar bagi ortu dan guru, kenapa remaja saat ini semakin menunjukkan keanehan di mata orang tua.
Menurut para orang pintar, remaja saat ini memang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya karena mereka merupakankan generasi digital, jadi teknik pembelajaran dan pengarahannya harus lebih berhati-hati, lebih mengena, lebih mencerdaskan, lebih mengesankan, dan lebih-lebih yang lain. Yang jelas sebagai guru maupun orang tua tidak boleh lengah apalagi putus asa. Kita akan diberi pahala luar biasa jika mampu mendidik generasi muda untuk lebih bermakna untuk masa depan agama , nusa bangsa dan mereka sendiri
MasKatno Giri diberi amanat di hari Jum'at tanggal 10-8-2012, dia baru merenungkan pada saat berita ini ditulis materi apa yang pas untuk generasi yang masih misteri. Generasi Misteri adalah istilah remaja saat ini, karena pada saat ini banyak remaja di beri pengarahan terlihat khusuk dan sholih, namun setelahnya tidak terasa dampak dari nasihat sebelumnya. Apalagi setelah Ramadlan, banyak yang degleng masih asyik dengan kedeglengannya. Inilah PR besar bagi ortu dan guru, kenapa remaja saat ini semakin menunjukkan keanehan di mata orang tua.
Menurut para orang pintar, remaja saat ini memang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya karena mereka merupakankan generasi digital, jadi teknik pembelajaran dan pengarahannya harus lebih berhati-hati, lebih mengena, lebih mencerdaskan, lebih mengesankan, dan lebih-lebih yang lain. Yang jelas sebagai guru maupun orang tua tidak boleh lengah apalagi putus asa. Kita akan diberi pahala luar biasa jika mampu mendidik generasi muda untuk lebih bermakna untuk masa depan agama , nusa bangsa dan mereka sendiri
SEKILAS PENILAIAN KINERJA GURU
SISTEM PENILAIAN KINERJA GURU
Fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.
Pelaksanaan PK GURU dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK GURU dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu.
Hasil PK GURU dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Penilai dan guru yang dinilai akan dikenakan sanksi apabila yang bersangkutan terbukti melanggar prinsip-prinsip pelaksanaan PK GURU, sehingga menyebabkan Penetapan Angka Kredit (PAK) diperoleh dengan cara melawan hukum. Sanksi tersebut adalah sebagai berikut:
Fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.
Pelaksanaan PK GURU dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK GURU dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu.
Hasil PK GURU dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Penilai dan guru yang dinilai akan dikenakan sanksi apabila yang bersangkutan terbukti melanggar prinsip-prinsip pelaksanaan PK GURU, sehingga menyebabkan Penetapan Angka Kredit (PAK) diperoleh dengan cara melawan hukum. Sanksi tersebut adalah sebagai berikut:
- Diberhentikan sebagai Guru atau Kepala Sekolah dan/atau Pengawas.
- Bagi penilai, wajib mengembalikan seluruh tunjangan profesi, tunjangan fungsional, dan semua penghargaan yang pernah diterima sejak yang bersangkutan melakukan proses PK GURU.
- Bagi guru wajib mengembalikan seluruh tunjangan profesi, tunjangan fungsional, dan semua penghargaan yang pernah diterima sejak yang bersangkutan memperoleh dan mempergunakan PAK yang dihasilkan dari PK GURU.
KISAH BERHIKMAH
PERMOHONAN SIKAYA DAN SIMISKIN
Nabi Musa a.s. memiliki ummat yang jumlahnya sangat
banyak dan umur mereka panjang-panjang. Mereka ada yang kaya
dan juga ada yang miskin. Suatu hari ada seorang yang miskin datang
menghadap Nabi Musa
a.s.. Ia begitu miskinnya pakaiannya compang-camping dan sangat lusuh
berdebu. Si miskin itu kemudian berkata kepada Baginda Musa
a.s., "Ya Nabiullah, Kalamullah, tolong sampaikan kepada Allah
s.w.t. permohonanku ini agar Allah s.w.t.
menjadikan aku orang yang kaya." Nabi Musa a.s. tersenyum dan berkata kepada orang itu,
"Saudaraku, banyak-banyaklah kamu bersyukur kepada Allah
s.w.t.". Si miskin itu agak terkejut dan kesal, lalu ia
berkata,
"Bagaimana aku mau banyak bersyukur, aku makan pun jarang, dan pakaian
yang aku gunakan pun hanya satu lembar ini saja"!. Akhirnya si miskin
itu pulang tanpa mendapatkan apa yang diinginkannya. Beberapa waktu
kemudian seorang kaya datang menghadap Nabi Musa
a.s.. Orang tersebut bersih badannya juga rapi pakaiannya. Ia berkata
kepada Nabi Musa
a.s., "Wahai Nabiullah, tolong sampaikan kepada Allah
s.w.t. permohonanku ini agar dijadikannya aku ini seorang yang miskin, terkadang aku merasa terganggu dengan hartaku
itu." Nabi Musa a.s.pun tersenyum, lalu ia berkata, "Wahai saudaraku, janganlah kamu bersyukur kepada
Allah s.w.t.". "Ya Nabiullah, bagaimana aku tidak bersyukur kepada
Allah s.w.t.?. Allah
s.w.t. telah memberiku mata yang dengannya aku dapat melihat. telinga yang dengannya aku dapat
mendengar. Allah s.w.t. telah
memberiku tangan yang dengannya aku dapat bekerja dan telah memberiku
kaki yang dengannya aku dapat berjalan, bagaimana mungkin aku tidak
mensyukurinya", jawab si kaya itu. Akhirnya si kaya itu pun pulang ke
rumahnya. Kemudian terjadi adalah si kaya itu semakin
Allah s.w.t. tambah kekayaannya kerana ia selalu bersyukur. Dan si miskin menjadi bertambah
miskin. Allah s.w.t. mengambil semua
kenikmatan-Nya sehingga si miskin itu tidak memiliki selembar pakaianpun yang melekat di tubuhnya. Ini semua
kerana ia tidak mau bersyukur kepada Allah s.w.t.
KAMBING DAN ALAT TENUN
Imam Ahmad telah memberitakan dari Humaid bin Hilal, dia
berkata:
"Ada seorang lelaki yang sering berulang-alik di kampung kami, lalu dia
membawa cerita yang aneh-aneh kepada orang-orang kampung. Dia bercerita:
"Suatu ketika aku datang ke Madinah dalam rombongan dagang, lalu aku
menjual semua barang-barang yang aku bawa. Aku berkata kepada diriku:
"Mengapa aku tidak pergi kepada orang lelaki yang membawa ajaran baru
itu, barangkali aku dapat mendengar berita-berita yang aneh untuk aku
bawa kembali bersamaku?! Aku pun pergi kepada
Rasulullah s.a.w. untuk bertanya sesuatu, lalu Rasulullah
s.a.w. menunjuki arah sebuah rumah, katanya: "Ada seorang
wanita yang tinggal di rumah itu . Pernah dia mengikut tentera Islam
berjihad, dan ditinggalkannya 12 ekor kambingnya dan sebuah alat tenunan
yang digunakannya untuk menenun pakaian. Apabila dia kembali dari
berjihad, didapati kambingnya hilang seekor, dan alat tenunannya pun
hilang. Dia merasa sedih atas kehilangannya itu. Maka dia pun mengangkat
kedua belah tangan berdoa kepada Tuhannya dengan penuh kesungguhan,
katanya:
"Ya Tuhanku! Engkau telah berikan jaminan bahwa siapa yang keluar berjihad pada jalanmu, Engkau akan pelihara harta bendanya, dan sekarang aku telah kehilangan seekor kambing, dan alat tenunanku. jadi aku minta ganti kambing yang hilang dan alat tenunanku itu!"
Rasulullah s.a.w. terus menceritakan betapa sungguh-sungguhnya dia berdoa dan memohon kepada Tuhannya, sehingga pada esok harinya dia mendapati di pintu rumahnya kambingnya yang hilang itu dengan seekor kambing lagi bersamanya. Begitu juga dia melihat alat tenunannya ada di situ dengan satu alat tenun yang lain. Itulah ceritanya, kata Rasulullah s.a.w. dan jika engkau mau, pergilah kepadanya di rumah itu, dan tanyalah dia cerita itu! "Tidak", jawabku, "Akan tetapi aku percaya semua yang engkau katakan itu!"
(Majma'uz-Zawaid 5:277)
"Ya Tuhanku! Engkau telah berikan jaminan bahwa siapa yang keluar berjihad pada jalanmu, Engkau akan pelihara harta bendanya, dan sekarang aku telah kehilangan seekor kambing, dan alat tenunanku. jadi aku minta ganti kambing yang hilang dan alat tenunanku itu!"
Rasulullah s.a.w. terus menceritakan betapa sungguh-sungguhnya dia berdoa dan memohon kepada Tuhannya, sehingga pada esok harinya dia mendapati di pintu rumahnya kambingnya yang hilang itu dengan seekor kambing lagi bersamanya. Begitu juga dia melihat alat tenunannya ada di situ dengan satu alat tenun yang lain. Itulah ceritanya, kata Rasulullah s.a.w. dan jika engkau mau, pergilah kepadanya di rumah itu, dan tanyalah dia cerita itu! "Tidak", jawabku, "Akan tetapi aku percaya semua yang engkau katakan itu!"
(Majma'uz-Zawaid 5:277)
Langganan:
Postingan (Atom)