RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA NEGERI 1Girimarto
KELAS/SEMESTER/PEMINATAN :
X/ 1/ MIPA, IPS, BAHASA
MATA PELAJARAN :
BAHASA INGGRIS (WAJIB)
TAHUN PELAJARAN :
2017/
2018
TOPIK :
Expressing
Intention
PERTEMUAN KE :
4
ALOKASI WAKTU :
1X 45 MENIT
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai ),
santun responsif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan aasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI4 :Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1.
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komnikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama
dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
1.4
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
4.2
Menyusun menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Siswa dapat menunjukkan
kesungguhan belajar bahasa inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman
untuk untuk menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan suatu tindakan.
2. Siswa dapat menunjukkan
perilaku jujur, percaya diri dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
tentang menyatakan dan menanyakan niat melakukan suatu tindakan.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks dan unsure kebahasaan untuk menyatakan adan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu
4.
Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks
lisan dan tulis untuk pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan
sesuatu. (Expressing Intention) - terlampir
·
Fungsi Sosial: Menyatakan rencana.
·
Struktur text : Ungkapan
baku dari sumber-sumber otentik.
·
Unsur kebahasaan : Kata kerja, tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
E.
METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan Scientifik.
- Model Discovery Learning.
- Strategi: Menyimak, diskusi dan tugas kelompok, penugasan individu, role play
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media: Video, Gambar
2.
Alat: Papan tulis, LCD, Loud speaker,
Laptop.
3.
Sumber Belajar: internet, text book Bahasa Inggris kelas X
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucap salam dan
berdoa. ‘Good
afternoon, class. How’s today? Wish you’re great!’ ‘But before studying,
let’s pray.’
2.
Guru
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
“Who’s
absent today?”
3.
Memberi motivasi siswa. “
4.
Menyampaikan
kompetensi
yang harus dicapai siswa atau tujuan
pembelajaran. There are some
competences that must be achieved by all of you. They are ...
5.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
6.
Membagi siswa dalam kelompok.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
meperhatikan gambar-gambar dari LCD.
·
Siswa mendengarkan penjelasan tentang gambar
tersebut.
·
Siswa mengikuti interakasi tentang pernyataan dan
pertanyan tentang menyatakan tentang niat melakukan sesuatu dengan bimbingan
guru.
·
Siswa membaca dan membacakan teks yang memuat
intention expression
dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi intention expression.
Menanya(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan
dan menayakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengumpulkan
informasi
·
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari ungkapan memuat
expressing intention dari
berbagai sumber yang mereka ketahui.
·
Siswa bergantian membacakan expressing intention
dengan unsur
kebahasaan yang tepat.
·
Siswa
membuat
percakapan dengan melanjutkan dialogue yang belum lengkap.
·
Siswa memerankan percakapan yang mereka buat
tersebut dengan role play.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan berbagai tindak tutur expressing intention terkait dengan tujuan,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi,
efektivitasnya.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa berkreasi membuat teks-teks baik lisan maupun
tulis bermuatan tindak tutur expressing intention menyampaikannya di depan guru dan teman
untuk mendapat feedback.
|
65 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan pembelajaran.
2.
Siswa mendapat tugas untuk mencari dari sumber lain,
speerti internet, text book yang lain.
3.
Salam.
|
10 menit
|
PERTEMUAN KE 2
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan salam dan berdoa.
2.
Guru
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3.
Memberi motivasi siswa.
4.
Guru menanyakan materi sebelumnya dan tugas.
5.
Guru menyampaikan materi yang akan
disampaian pada hari ini dan tujuan
pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
membaca
teks dengan memperhatikan Grammar.
·
Siswa mepraktekkan teks dialog dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan
benar dan lancar.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi kembali tindak tutur
expressing intention.
Menanya(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan
dan menayakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris (expressing
intention) , perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb serta tingkat formalitasnya.
Mengumpulkan
informasi
·
Siswa
secara
bersama-sama mandiri dan dalam kelompok mencari ungkapan memuat
expressing intention dari
berbagai sumber , misalkan video dari youtube, antara penutur asing
dan penutur Indonesia atau buku bacaan bahasa Inggris baik terbitan lokal
atau internasional.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan berbagai tindak tutur expressing intention yang telah mereka
pelajari. Baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris
dalam beragam konteks simulasi didalam kelas misalnya antar teman, keluarga,
ketua osis.
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan pembelajaran.
2.
Siswa diberi tugas untuk menuliskan permasalahan
dalam jurnal belajar.
3.
Salam.
|
10enit
|
I. PENILAIAN
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
Siswa dapat mengidentifikasi, tindak tutur
expressing intention fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
|
Tes
tertulis
Kunci
jawaban
Pedoman
penskoran (rubrik penilaian)
Daftar
nilai
|
Rubrik penilaian pengetahuan:
Classify the
expression based on their degree of formality.
Formal
Expressions
|
Informal
Expressions
|
2. Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan suatu tindakan
|
Tes
Unjuk kerja
Rubrik
penilaian
Daftar
nilai
|
Rubrik Penilaian Tes Praktik
Kelas : ............................
Kegiatan : Role Play
Tema :
Expressing intention
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata Rata Nilai
|
|||
Pronunciation
|
Fluency
|
Expression
|
Performance
|
|||
Rentang Nilai
3 = lancar
2 = kurang
lancar
1 = tidak
lancar
3. Penilaian Sikap
4.
Indikator
|
Instrumen
|
·
Peserta
didik Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan Komunikasi
|
Pengamatan (observations):
Penilaian Diri dan Penilaian
Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
Penilaian guru
|
Instrumen
penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Jujur
|
Disiplin
|
Percaya Diri
|
Bertanggung jawab
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
32
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat
dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
MATERI
Look at the pictures
below. Do you know these places? Why do you think people visit these places?
What can they do there? Which one do you prefer to visit? Why? Discuss with
your friends.
A to Z
Look at the pictures in the warmer
section again. Make a list of any words (nouns or verbs) that are related to
the pictures. The words that you find should start with letters A to Z.
A: ____________________________
B: ____________________________
C: ____________________________
D: ____________________________
E: ____________________________
F: Ferris wheel (big wheel)
G: ____________________________
H: ____________________________
I: ____________________________
J: ____________________________
K: ____________________________
L: ____________________________
M: ____________________________
|
N: ____________________________
O: ____________________________
P: ____________________________
Q: ____________________________
R: ____________________________
S: ____________________________
T: ____________________________
U: ____________________________
V: ____________________________
W: ____________________________
X: ____________________________
Y: ____________________________
Z: ____________________________
|
Task 1:
Read the following conversation. Take turns with your friends
doing the roles.
HOLIDAY PLANS
A long weekend is coming. Riri, Santi, and
Bayu are talking about their plans.
Riri : It will be a long weekend soon. Do you
have any plans?
Santi : Uhm, I’m not sure. I don’t have any idea
yet. I think I might stay at home.
Identify the expression used by the
speakers.
Bayu : Stay at home? Well, you could do something
more interesting!
Santi : So, what about you Bayu? Do you have any
plans?
Bayu : Definitely! My dad and I are going to go
fishing.
Santi : Fishing? It sounds boring too! Are you
going to go fishing in the river near your house?
Bayu : No. We plan to go fishing in a lake near my
uncle’s house. Would you like to come with us?
Santi : Fishing? I don’t really like fishing. I
would rather stay at home than go fishing.
Bayu : What about you, Riri? What would you like
to do on the long weekend?
Riri : I have made a plan with my mother about
what to do on this long weekend. We are going to practice baking cookies.
Santi : That sounds like a very good plan!
Bayu : Are you going to bake choco chips cookies
like the last time?
Riri : Well, yes. That is my favorite. But we
will also try to make ginger cookies.
Santi : Oh, how I envy you. My mother is going to
accompany my little brother to attend a drawing competition. I don’t think I
can ask her to teach me baking cookies.
Bayu : Ha ha, I guess you should enjoy staying at
home alone.
Riri : Oh, would you like to join me to learn
baking cookies? You can come to my house.
Bayu : It’s a good idea! Or will you go fishing
with me and my dad?
Santi : Uhm, not fishing I guess. But I think I
would like to bake cookies with Riri. Thanks for asking me to join you Riri.
Riri : No problem. I will call you on Friday to
let you know the time when we can start.
Santi : Thanks a lot. I will be waiting for your
call.
Bayu : Have a nice long weekend everyone.
Riri, Santi : You too.
Native Speaker
|
Indonesian Speaker
|
Using I WOULD LIKE TO, I WILL, I AM GOING TO and WOULD
RATHER
Look at the excerpt from the text below. Study the sentences by
paying attention to the words in the bold-typed expressions.
Santi :
So, what about you, Bayu? Do you have any plans?
Bayu :
Definitely! My dad and I are going to go fishing. We plan to go fishing
in a lake near my uncle’s house. Would you like to come with us?
Santi :
I don’t really like fishing. I would rather stay at home than go
fishing. What about you, Riri? What would you like to do on the long
weekend?
Riri :
I have made a plan with my mother about what to do on this long weekend. We
are going to practice baking cookies.
Bayu :
Are you going to bake choco chips cookies like the last time?
Riri :
Well, yes. That is my favourite. But we will also try to make ginger
cookies.
Riri :
Oh, would you like to join me to learn baking cookies? You can come to
my house.
Bayu :
It’s a good idea! Or will you go fishing with me and my dad?
Santi : Uhm, not fishing I guess. But I think I would like to bake
cookies with Riri. Thanks for asking me to join you Riri.
Wonogiri,18 Juli 2017
Kepala
SMA Negeri 1Girimarto Guru
Bahasa Inggris