Walau kita sebagai guru bahasa Inggris dituntut mampu membelajarkan siswa dalam penguasaan materi pelajaran secara komprehensiv, idealnya kita tidak terlepas dari pemahaman indikator-indikator dari keempat skill yang diajarkan ke siswa. Namun, terkadang guru bahasa Inggris tidak peduli atau melupakan indikator keterampilan berbahasa Inggris. Indikator-indikator tersebut penting sekali dalam kegiatan pengajaran (teaching) dan
testing. Ketidakpedulian pada indikator-indikaotr keterampilan berbahasa Inggris, akibatnya ketika mereka mengajar tidak tahu apa yang akan diberikan
kepada siswa dan begitu pula cara mengukur hasil pembelajaran.
Berikut ini Maskatno
Giri mau berbagi, karena dia juga
mendapatkan ilmu dari saudaranya om yok:
A. Listening
1. Menunjukkan gagasan utama (main idea) suatu teks atau paragraf
2. Menentukan tujuan teks
3. Menyebutkan informasi rinci dalam
teks, baik yang tersirat maupun tersurat
4. Menjelaskan makna kata atau ungkapan
tertentu dalam teks
5. Menjelaskan rujukan (reference) yang ada dalam teks
6. Memanfaatkan peranti kohesi (cohesive devices) untuk menjelaskan
hubungan antar elemen dalam teks.
B. Reading
1. Menunjukkan gagasan utama (main idea) suatu teks atau paragraf
2. Menentukan tujuan teks atau penulis
3. Menyebutkan informasi rinci dalam
teks, baik yang tersirat maupun tersurat
4. Menjelaskan makna kata atau ungkapan
tertentu dalam teks
5. Menjelaskan rujukan (reference) yang ada dalam teks
6. Memanfaatkan peranti kohesi (cohesive devices) untuk menjelaskan
hubungan antar elemen dalam teks.
C. Speaking
1. State the main idea of the speech
2. Provide supporting details of the
topic/idea
3. Use appropriate words, phrases, or
utterences to express the idea
4. Use certain language system
(grammar) to make well-formed utterances
5. Make use of appropriate cohesive devices
to cretae a well-organized speech
6. Use appropriate gestures to
accomplish the purpose of the speech
7. Perform acceptable pronunciation to
express understandable utterences
D. Writing
1. State the main idea of the text
2. Provide supporting details of the topic/idea
3. Use appropriate words and phrases to express the idea
4. Use certain language system (grammar) to make
well-formed sentences
5. Make use of appropriate cohesive devices to create a
well-organized text
6. Use appropriate mechanics to accomplish the purpose of
the speech
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berlatih kreatif melaui pembuatan komentar