Pentingnya
Memanfaatkan Hasil Evaluasi
Berikut ini
materi tentang pemanfaatan hasil evaluasi yang perlu diketahui oleh para guru.
Pentingnya
Memanfaatkan Hasil Evaluasi
Tiga manfaat
penting dari hasil evaluasi [Remmer]:
- membantu pemahaman peserta didik menjadi lebih baik,
- menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik kepada orang tua,
- membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran.
Berikut akan
dijelaskan manfaat hasil evaluasi dalam hubungannya dengan pembelajaran.
1. Untuk Perbaikan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan
merupakan bagian penting sekaligus menjadi pedoman dan panduan bagi guru dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar akan dipengaruhi oleh
berbagai faktor diantaranya perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran
yang baik tidaklah cukup karena memerlukan kesungguhan dalam mengorganisasi
rencana tersebut, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan evaluasi
pembelajaran.
2. Untuk Mengoptimalkan
Proses Pembelajaran
Optimalisasi
proses pembelajaran adalah upaya memperbaiki proses pembelajaran sehingga
peserta didik mencapai keberhasilan proses dan hasil belajar. Tujuannya adalah
untuk memperbaiki aspek-aspek pembelajaran yang dianggap masih kurang optimal.
Semua guru tentu berharap bahwa proses pembelajaran dapat berjalan secara
optimal.
Pemanfaatan
Hasil Evaluasi
Manfaat
Hasil Evaluasi
Bagi peserta
didik, hasil
evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
- Membangkitkan minat dan motivasi belajar.
- Membentuk sikap yang positif terhadap belajar dan pembelajaran.
- Membantu pemahaman peserta didik menjadi lebih baik.
- Membantu peserta didik dalam memilih metoda belajar yang baik dan benar.
Bagi guru, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan
untuk :
- Promosi peserta didik, seperti kenaikan kelas atau kelulusan.
- Mendiagnosis peserta didik yang memiliki kelemahan atau kekurangan, baik secara perorangan maupun kelompok.
- Menentukan pengelompokan dan penempatan peserta didik berdasarkan prestasi masing-masing.
- Feedback dalam melakukan perbaikan terhadap sistem pembelajaran.
- Menentukan perlu tidaknya pembelajaran remedial.
Bagi orang
tua, hasil
evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
- Mengetahui kemajuan belajar peserta didik
- Membimbing kegiatan belajar peserta didik di rumah.
- Menentukan tindak lanjut pendidikan yang sesuai dengan kemampuan anaknya.
- Memprakirakan kemungkinan berhasil tidaknya anak tersebut dalam bidang pekerjaannya.
Bagi
administrator, hasil
evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
- Menentukan penempatan peserta didik
- Menentukan kenaikan kelas.
- Pengelompokan peserta didik di madrasah mengingat terbatasnya fasilitas pendidikan yang tersedia serta indikasi kemajuan peserta didik pada waktu mendatang.
Pemanfaatan Hasil Evaluasi
Evaluasi Diri dalam Proses Pembelajaran
Setelah melaksanakan proses
pembelajaran, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana hasilnya. Salah satu cara
yang dapat dilakukan adalah mengevaluasi diri sendiri secara jujur, objektif,
dan komprehensif. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat segera mengetahui
kelemahan-kelemahan yang dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran dan berupaya
memperbaikinya untuk kegiatan pembelajaran yang akan datang. Bisa saja
kelemahan-kelemahan tersebut diperoleh dari orang lain atau dari peserta didik
sendiri tetapi akan lebih bijaksana bila hal tersebut dilakukan sendiri oleh
guru. Mungkin kita belum terbiasa atau belum terlatih dengan evaluasi diri
tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang positif dan bermakna
bagi kita.
Prinsip
Umpan balik
• fokus
pada tugas-tugas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, bukan membandingkan
dengan anak yang lain
• menggunakan
bahasa verbal dan non-verbal serta memberikan pesan yang baik pada peserta
didik tentang kemampuan yang mereka peroleh
• penilaian
setiap bagian pekerjaan dapat mengarah pada penurunan moril bagi peserta didik
yang mencapai prestasi rendah dan kepuasan bagi peserta didik yang mencapai
prestasi tinggi
• penghargaan eksternal sama seperti
grades
• perlu memberikan umpan balik spesifik yang
terfokus kepada kesuksesan dan peningkatan daripada mengoreksi
• peserta didik perlu diberi kesempatan
untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berlatih kreatif melaui pembuatan komentar