DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 06 Juli 2020

RPP 1 Lembar Bahasa Inggris LM kelas XI arsip contoh SMAN 1 Girimarto Wonogiri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Inggris Lintas Minat

TP
: 2020/2021
Sekolah
: SMA NEGERI 1 GIRIMARTO

Materi
: Past perfect, present perfect, future perfect  (3.2-4.2)
Kelas/Semester
: XI /Ganjil

Alokasi Waktu
: 3 X PERTEMUAN ( 6 X 45)

TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang .

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·   Memberi motivasi belajar
·   Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari
·   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
·   Menyampaikan cakupan materi
·   Menyampaikan alur kegiatan belajar mengajar

5’
Inti
Pertemuan 1
PPP (PRESENTAION-PRACTICE-PRODUCTION)
A.    PRESENTATION
·      Menyimak contoh percakapan dari video.
·      Mendiskusikan kegiatan harian siswa yang mirip dengan situasi dalam video.
·      Menganalisa kosa kata yang digunakan dalam percakapan video.
20’
B.   PRACTICE
a.    CONTROLLED PRACTICE
·      Menyimak dan menirukan contoh ungkapan secara individu maupun kelompok.
·      Secara berpasangan siswa mempraktekkan Tanya jawab dengan ungkapan yang diberikan.
b.    FREER PRACTICE
·      Merespon pertanyaan kalimat pertanyaan ( file MP3)
40’
C.   PRODUCTION
·      Bermain  peran (role play)
20’
Pertemuan 2
PPP (PRESENTAION-PRACTICE-PRODUCTION)
A.   PRESENTATION
·      Menyimak /membaca teks dialog.
·      Mengidentifikasi ungkapan yang dipakai dalam teks.
·      Mengidentifkasi kosa kata yang dipakai dalam teks dialog.
20’
B.   PRACTICE
a.    CONTROLLED PRACTICE
·      Membuat kelompok kerja
·      Menganalisa fungsi sosial, struktur dan tatabahasa teks dialog.
b.    FREER PRACTICE
·      Mencari contoh teks dialog dari sumber lain ( web, buku referensi)
·      Merangkum isi teks dialog.
40’
C.   PRODUCTION
·      Menyusun teks dialog pendek sederhana.
·      Presentasi.
20’
Pertemuan 3
PPP (PRESENTAION-PRACTICE-PRODUCTION)
A.   PRESENTATION
·      Menyimak teks dialog.
·      Tanya jawab seputar isi dialog.
20’
B.   PRACTICE
a.    CONTROLLED PRACTICE
·      Mengerjakan worksheet: sentence arrangement.
·      Mengerjakan worksheet : gap fill exercise.
b.    FREER PRACTICE
·      Menterjemahkan teks dialog ke dalam bahasa Indonesia.
·      Merangkum isi dialog.
40’
C.   PRODUCTION
·      Menjawab pertanyaan terkait dengan isi sebuah dialog.
·      Membuat kalimat Tanya jawab/ chatt via media sosial.
20’
Penutup
·      Refleksi, evaluasi proses pembelajaran
·      Memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran
·      Melakukan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas
·      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

5’

PENILAIAN
SIKAP
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
·   Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas
·   Kerja sama dalam tugas kelompok
·   Rasa amanah kepada Tuhan dalam semua kegiatan

·   Menerapkan fungsi, struktur dan unsur kebahasaan Past perfect, present perfect, future perfect.
·   Menjelaskan isi dialog

·   Menulis teks dialog sederhana .
·   Membuat video/ audio dialog sederhana.


             Mengetahui,
             Kepala Sekolah

Girimarto, 17 Juli 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berlatih kreatif melaui pembuatan komentar