RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Inggris
Wajib
|
|
TP
|
: 2020/2021
|
Sekolah
|
: SMA NEGERI 1 GIRIMARTO
|
|
Materi
|
: Saran &
tawaran (3.2-4.2)
|
Kelas/Semester
|
: XI /Ganjil
|
|
Alokasi Waktu
|
: 3 X PERTEMUAN ( 6
X 45)
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
Siswa dapat menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat dan pikiran
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
·
Memberi
motivasi belajar
·
Mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
·
Menyampaikan
cakupan materi
·
Menyampaikan
alur kegiatan belajar mengajar
|
5’
|
Inti
Pertemuan
1
|
TBL
(TASK BASED LEARNING)
A.
Pre-task
·
Menyimak
contoh percakapan dari video.
·
Tanya
jawab seputar isi dialog.
·
Menyimak
contoh teks dialog percakapan.
·
Menyimak
langkah-langkah cara membuat tabel analisa teks
|
20’
|
B.
Task
·
Membuat
kelompok kerja
·
Mencari
teks dialog dari internet atau buku.
·
Menyusun
tabel analisa funsi, struktur, tata bahasa
·
Presentasi
hasil kerja kelompok
|
40’
|
|
C.
Review
·
Memberi
tanggapan hasil kerja kelompok lain
|
20’
|
|
Pertemuan
2
|
TBL
(TASK BASED LEARNING)
A.
Pre-task
·
Menyimak
contoh percakapan dari video.
·
Tanya
jawab seputar isi dialog.
·
Menyimak
contoh teks dialog percakapan.
·
Menyimak
langkah-langkah cara membuat audio/video percakapan.
|
20’
|
B.
Task
·
Membuat
kelompok kerja
·
Menyusun
script percakapan.
·
Membuat
video/audion percakapan,
·
Presentasi
hasil kerja kelompok
|
40’
|
|
C.
Review
·
Memberi
tanggapan hasil kerja kelompok lain
|
20’
|
|
Pertemuan
3
|
TBL
(TASK BASED LEARNING)
A.
Pre-task
·
Menyimak
contoh teks percakapan.
·
Tanya
jawab seputar isi dialog.
·
Menyimak
langkah-langkah cara membuat teks
dialog tertulis.
|
20’
|
B.
Task
·
Membuat
kelompok kerja
·
Menyusun
draft teks dialog.
·
Menyusun
teks dialog; revisi teks dialog
·
Presentasi
hasil kerja kelompok
|
40’
|
|
C.
Review
·
Memberi
tanggapan hasil kerja kelompok lain
|
20’
|
|
Penutup
|
·
Refleksi,
evaluasi proses pembelajaran
·
Memberikan
umpan balik proses dan hasil pembelajaran
·
Melakukan
tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas
·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
5’
|
PENILAIAN
|
||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
·
Tanggung
jawab dalam mengerjakan tugas
·
Kerja
sama dalam tugas kelompok
·
Rasa
amanah kepada Tuhan dalam semua kegiatan
|
·
Menerapkan
fungsi, struktur dan unsur kebahasaan pendapat dan pikiran.
·
Menjelaskan
isi dialog
|
·
Menulis
teks dialog sederhana .
·
Membuat
video/ audio dialog sederhana.
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
|
Girimarto, 17 Juli 2020
|
|||||
|
Guru Mapel
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berlatih kreatif melaui pembuatan komentar