DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 23 Mei 2017

18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter menurut Diknas




1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

3. Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

5. Kerja Keras
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

8. Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

10. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

12. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

13. Bersahabat/Komunikatif
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

14. Cinta Damai
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

15. Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber: Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010

Kamis, 27 April 2017

Ciri Khas Penelitian Tindakan Kelas

1. Ada tindakan nyata
2. Dasarnya pada masalah  atau potensi yang ada di kelas
3. Adanya kolaborasi
4. Peneliti bisa seklaigus  praktisi
5. Tujuanya memperbaiki atau meningkatkan pembelajaran di kelas
6. Dilakukan minimal dua siklus
7. Proses melibatkan pendidik
8. Meyakinkan
9.Praktik yang relevan
10. Reflektif kritis
11. Terencana
13. Open minded
14. Analisis kritis
15.  Pembenaran praktik

Rabu, 29 Maret 2017

Sorry ! Sudah lama tidak aktif mblogger

Kesibukan alias padat kegiatan, sehingga waktu melihat blog pribadi saja tidak sempat. apalagi menulis di blog.

Sudah  berbulan-bulan blogku ini dibiarkan terbngkalai, padahal paling tidak lima ratusan pengunjung membaca blogku di setiap harinya.

Hari ini semoga awal yang bagus untuk memuli kembali aktif di blog. Selamat n sukses buat pengunjung blogku.

Jumat, 09 Desember 2016

Tanya Jawab soal PTK



Question 1

Kegiatan  refleksi pembelajaran adalah...
Pilih salah satu jawaban
mengevaluasi gaya mengajar guru untuk menentukan jenis pelatihan
memberikan pengalaman belajar tambahan kepada peserta didik
merevieu pengalaman mengajar guru untuk perbaikan proses pembelajaran Correct
mengevaluasi nilai nilai peserta didik sebelum melakukan pengayaan

Question 2

Salah satu prinsip dalam pelaksanaan refleksi pembelajaran  adalah ...
Pilih salah satu jawaban
Penilaian hanya dilakukan pada saat proses pembejaran
Penilaian terhadap refleksi dilaksanakan secara kritis Correct
Penilaian gaya mengajar guru dilakukan oleh peserta didik
Penilaian hanya dilakukan pada metode mengajar guru

Question 3

Salah satu tujuan dilakukan kegiatan refleksi pembelajaran adalah...
Pilih salah satu jawaban
mengidentifikasi bekal awal belajar peserta didik untuk pembelajaran
mengidentifikasi kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran Correct
mengidentifikasi kekurangan fasilitas belajar yang tersedia di dalam kelas
mengidentifikasi faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan pembelajaran

Question text

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa menemukan kesulitan mengenali verba dalam bentuk Past Tense yang perubahannya regular dan irregular.  Tindakan refleksi  apa yang dapat dirumuskan dalam masalah PTK berdasarkan temuan kasus tersebut?
Pilih salah satu jawaban
Efektivitas permainan kartu dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis  kalimat sederhana dengan menggunakan kata kerja Past Tense yang irregular.
Analisis kemampuan siswa dalam memahami kata kerja irregular dalam kalimat sederhana Past tense.
Implementasi teknik permainan kartu dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali kata kerja regular dan  irregular dalam kalimat sederhana. Correct
Korelasi antara kemampuan siswa dalam memahami perubahan  kata kerja bentuk Past Tense irregular  dengan kemampuan membuat kalimat sederhana.

Question 5

Salah satu  istilah dalam pembelajaran dikenal dengan istilah refleksi, yang dimaksudkan untuk mengetahui … yang telah dirumuskan.
Pilih salah satu jawaban
kebutuhan sekolah
ketercapaian tujuan Correct
kesesuaian materi
kebutuhan siswa

Question 6

Perencanaan pembelajaran merupakan langkah awal bila guru akan melakukan tindakan kelas, kegiatan yang paling penting dalam perencanaan adalah ....
Pilih salah satu jawaban
menyiapkan rubrik penilaian dan tes  awal
menyiapkan rubrik penilaian dan tes akhir
merancang secara rinci kegiatan yang akan dilakukan Correct
mengidentifikasi masalah yang akan timbul

Question text

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa menemukan kesulitan dalam membuat kalimat sederhana bahasa Inggris  yang baik dan benar.  Tindakan refleksi apa yang dapat dirumuskan oleh guru dalam masalah PTK berdasarkan temuan kasus tersebut?
Pilih salah satu jawaban
Korelasi antara kemampuan siswa dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar dengan hasil belajar Bahasa Inggris.
Analisis kemampuan siswa dalam membuat kalimat sederhana Bahasa Inggris yang baik dan benar
Implementasi  teknik writing workshop dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana Bahasa Inggris yang baik dan benar Correct
Efektivitas  writing workshop dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis  kalimat sederhana Bahasa Inggris yang baik dan benar
dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana Bahasa Inggris yang baik dan benar

Question 8

Langkah-langkah manakah yang tepat dan sistematis dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) ....
Pilih salah satu jawaban
perencanaan, tindakan,  pengamatan, evaluasi, dan refleksi Correct
perencanaan, tindakan, evaluasi, refleksi, dan pengamatan
perencanaan, pengamatan, evaluasi, refleksi, dan umpan balik
perencanaan, pengamatan, tindakan, evaluasi, dan umpan balik

Question 9

Apabila guru bermaksud melakukan evaluasi menyeluruh tentang keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas, seringkali diawali dengan melakukan kegiatan refleksi yang dimaksudkan untuk mengetahui ….
Pilih salah satu jawaban
kesesuaian materi
kebutuhan sekolah
kebutuhan siswa
ketercapaian tujuan Correct
Langkah awal yang perlu disadari oleh semua guru yang akan melakukan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  adalah ….
Pilih salah satu jawaban
memilih metode yang sesuai
menuliskan judul penelitian
menyadari adanya masalah Correct
merumuskan tujuan penelitian

Minggu, 30 Oktober 2016

Evaluasi Pembelajaran



Pentingnya Memanfaatkan Hasil Evaluasi
Berikut ini materi tentang pemanfaatan hasil evaluasi yang perlu diketahui oleh para guru.
Pentingnya Memanfaatkan Hasil Evaluasi
Tiga manfaat penting dari hasil evaluasi [Remmer]:
  1. membantu pemahaman peserta didik menjadi lebih baik,
  2. menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik kepada orang tua,
  3. membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran.

Berikut akan dijelaskan manfaat hasil evaluasi dalam hubungannya dengan pembelajaran.
1. Untuk Perbaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan merupakan bagian penting sekaligus menjadi pedoman dan panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar akan dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang baik tidaklah cukup karena memerlukan kesungguhan dalam mengorganisasi rencana tersebut, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran.
2Untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran
Optimalisasi proses pembelajaran adalah upaya memperbaiki proses pembelajaran sehingga peserta didik mencapai keberhasilan proses dan hasil belajar. Tujuannya adalah untuk memperbaiki aspek-aspek pembelajaran yang dianggap masih kurang optimal. Semua guru tentu berharap bahwa proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal.  
Pemanfaatan Hasil Evaluasi
Manfaat Hasil Evaluasi
Bagi peserta didik, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Membangkitkan minat dan motivasi belajar.
  2. Membentuk sikap yang positif terhadap belajar dan pembelajaran.
  3. Membantu pemahaman peserta didik menjadi lebih baik.
  4. Membantu peserta didik dalam memilih metoda belajar yang baik dan benar.

Bagi guru, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Promosi peserta didik, seperti kenaikan kelas atau kelulusan.
  2. Mendiagnosis peserta didik yang memiliki kelemahan atau kekurangan, baik secara perorangan maupun kelompok.
  3. Menentukan pengelompokan dan penempatan peserta didik berdasarkan prestasi masing-masing.
  4. Feedback dalam melakukan perbaikan terhadap sistem pembelajaran.
  5. Menentukan perlu tidaknya pembelajaran remedial.

Bagi orang tua, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Mengetahui kemajuan belajar peserta didik
  2. Membimbing kegiatan belajar peserta didik di rumah.
  3. Menentukan tindak lanjut pendidikan yang sesuai dengan kemampuan anaknya.
  4. Memprakirakan kemungkinan berhasil tidaknya anak tersebut dalam bidang pekerjaannya.
Bagi administrator, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Menentukan penempatan peserta didik
  2. Menentukan kenaikan kelas.
  3. Pengelompokan peserta didik di madrasah mengingat terbatasnya fasilitas pendidikan yang tersedia serta indikasi kemajuan peserta didik pada waktu mendatang.

Pemanfaatan Hasil Evaluasi

Evaluasi Diri dalam Proses Pembelajaran

Setelah melaksanakan proses pembelajaran, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana hasilnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengevaluasi diri sendiri secara jujur, objektif, dan komprehensif. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat segera mengetahui kelemahan-kelemahan yang dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran dan berupaya memperbaikinya untuk kegiatan pembelajaran yang akan datang. Bisa saja kelemahan-kelemahan tersebut diperoleh dari orang lain atau dari peserta didik sendiri tetapi akan lebih bijaksana bila hal tersebut dilakukan sendiri oleh guru. Mungkin kita belum terbiasa atau belum terlatih dengan evaluasi diri tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang positif dan bermakna bagi kita.
Prinsip Umpan balik
       fokus pada tugas-tugas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, bukan membandingkan dengan anak yang lain
       menggunakan bahasa verbal dan non-verbal serta memberikan pesan yang baik pada peserta didik tentang kemampuan yang mereka peroleh
       penilaian setiap bagian pekerjaan dapat mengarah pada penurunan moril bagi peserta didik yang mencapai prestasi rendah dan kepuasan bagi peserta didik yang mencapai prestasi tinggi
       penghargaan eksternal sama seperti grades
       perlu memberikan umpan balik spesifik yang terfokus kepada kesuksesan dan peningkatan daripada mengoreksi
       peserta didik perlu diberi kesempatan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.

Selasa, 25 Oktober 2016

English Expressions represented by Maskatno Giri



  1. 1.    Expressing Request (permohonan)
Ungkapan-ungkapan yang dipakai untuk melibatkan orang lain dalam kehidupan sangat penting untuk  diketahui.   Anda dapat memperhatikan contoh-contoh di bawah ini;
  • Can you help me?
  • Would you please ……..for me?
  • Could you do me a favor?
  • Could you ……
  • Would you mind …
  • Is it alright if I use this pen?
  1. 2.      Expressing Sympathy
Ungkapan sympathy ini digunakan dalam situasi ketika orang lain tertimpa musibah atau mendapat hal yang tidak menyenangkan. 
  • Oh, I am sorry to hear that.
  • That’s too bad
  • How poor.
  • Oh sorry about it.
  1. 3.      Expressing Prohibition
Untuk tujuan melarang atau menyarankan untuk tidak melakukan sesuatu, Anda dapat menggunakan kalimat larangan.
  • Don’t do that!
  • Keep silent!
  • Would you please not smoke here?
  • I’m afraid not!
  • No you can’t
 Expressing invitation
Ketika Anda ingin mengundang seseorang ke suatu acara maka sebaiknya Anda juga menyebutkan nama, acara, jam, dan tempat serta pernyataan ‘mengundang’.
  • I want to celebrate my birthday party tomorrow at 7 in my house, would you like to come?
  • There is an important seminar on IT at Graha Hall at 8 in the morning.  Do you want to come with me
  • The movie “The Boy in the Stripped Pijamas” will be released in cinemas tonight, would you like to come with me there?

Accepting an Invitation
Untuk menerima suatu undangan Anda dapat menggunakan ungkapan yang ada pada contoh di bawah ini;
  • That’s a good idea.
  • I’d love to.  What time shall we go?
  • That sounds nice.
  • Okay, I’ll go with you
  • That’s great.  I can’t wait to go

 Declining an Invitation
Jika Anda ingin menolak suatu undangan jangan lupa untuk memberikan alasan
  • That’s sound good, but I have another thing to do tonight.
  • I’m sorry I can’t.  I have to stay at home for my parents out of town.
  • I’d love to but I don’t like it.
Expressing invitation
Ketika Anda ingin mengundang seseorang ke suatu acara maka sebaiknya Anda juga menyebutkan nama, acara, jam, dan tempat serta pernyataan ‘mengundang’.
  • I want to celebrate my birthday party tomorrow at 7 in my house, would you like to come?
  • There is an important seminar on IT at Graha Hall at 8 in the morning.  Do you want to come with me
  • The movie “The Boy in the Stripped Pijamas” will be released in cinemas tonight, would you like to come with me there?

Accepting an Invitation
Untuk menerima suatu undangan Anda dapat menggunakan ungkapan yang ada pada contoh di bawah ini;
  • That’s a good idea.
  • I’d love to.  What time shall we go?
  • That sounds nice.
  • Okay, I’ll go with you
  • That’s great.  I can’t wait to go

 Declining an Invitation
Jika Anda ingin menolak suatu undangan jangan lupa untuk memberikan alasan
  • That’s sound good, but I have another thing to do tonight.
  • I’m sorry I can’t.  I have to stay at home for my parents out of town.
  • I’d love to but I don’t like it.