DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 30 Oktober 2016

Evaluasi Pembelajaran



Pentingnya Memanfaatkan Hasil Evaluasi
Berikut ini materi tentang pemanfaatan hasil evaluasi yang perlu diketahui oleh para guru.
Pentingnya Memanfaatkan Hasil Evaluasi
Tiga manfaat penting dari hasil evaluasi [Remmer]:
  1. membantu pemahaman peserta didik menjadi lebih baik,
  2. menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik kepada orang tua,
  3. membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran.

Berikut akan dijelaskan manfaat hasil evaluasi dalam hubungannya dengan pembelajaran.
1. Untuk Perbaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan merupakan bagian penting sekaligus menjadi pedoman dan panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar akan dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang baik tidaklah cukup karena memerlukan kesungguhan dalam mengorganisasi rencana tersebut, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran.
2Untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran
Optimalisasi proses pembelajaran adalah upaya memperbaiki proses pembelajaran sehingga peserta didik mencapai keberhasilan proses dan hasil belajar. Tujuannya adalah untuk memperbaiki aspek-aspek pembelajaran yang dianggap masih kurang optimal. Semua guru tentu berharap bahwa proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal.  
Pemanfaatan Hasil Evaluasi
Manfaat Hasil Evaluasi
Bagi peserta didik, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Membangkitkan minat dan motivasi belajar.
  2. Membentuk sikap yang positif terhadap belajar dan pembelajaran.
  3. Membantu pemahaman peserta didik menjadi lebih baik.
  4. Membantu peserta didik dalam memilih metoda belajar yang baik dan benar.

Bagi guru, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Promosi peserta didik, seperti kenaikan kelas atau kelulusan.
  2. Mendiagnosis peserta didik yang memiliki kelemahan atau kekurangan, baik secara perorangan maupun kelompok.
  3. Menentukan pengelompokan dan penempatan peserta didik berdasarkan prestasi masing-masing.
  4. Feedback dalam melakukan perbaikan terhadap sistem pembelajaran.
  5. Menentukan perlu tidaknya pembelajaran remedial.

Bagi orang tua, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Mengetahui kemajuan belajar peserta didik
  2. Membimbing kegiatan belajar peserta didik di rumah.
  3. Menentukan tindak lanjut pendidikan yang sesuai dengan kemampuan anaknya.
  4. Memprakirakan kemungkinan berhasil tidaknya anak tersebut dalam bidang pekerjaannya.
Bagi administrator, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk :
  1. Menentukan penempatan peserta didik
  2. Menentukan kenaikan kelas.
  3. Pengelompokan peserta didik di madrasah mengingat terbatasnya fasilitas pendidikan yang tersedia serta indikasi kemajuan peserta didik pada waktu mendatang.

Pemanfaatan Hasil Evaluasi

Evaluasi Diri dalam Proses Pembelajaran

Setelah melaksanakan proses pembelajaran, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana hasilnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengevaluasi diri sendiri secara jujur, objektif, dan komprehensif. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat segera mengetahui kelemahan-kelemahan yang dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran dan berupaya memperbaikinya untuk kegiatan pembelajaran yang akan datang. Bisa saja kelemahan-kelemahan tersebut diperoleh dari orang lain atau dari peserta didik sendiri tetapi akan lebih bijaksana bila hal tersebut dilakukan sendiri oleh guru. Mungkin kita belum terbiasa atau belum terlatih dengan evaluasi diri tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang positif dan bermakna bagi kita.
Prinsip Umpan balik
       fokus pada tugas-tugas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, bukan membandingkan dengan anak yang lain
       menggunakan bahasa verbal dan non-verbal serta memberikan pesan yang baik pada peserta didik tentang kemampuan yang mereka peroleh
       penilaian setiap bagian pekerjaan dapat mengarah pada penurunan moril bagi peserta didik yang mencapai prestasi rendah dan kepuasan bagi peserta didik yang mencapai prestasi tinggi
       penghargaan eksternal sama seperti grades
       perlu memberikan umpan balik spesifik yang terfokus kepada kesuksesan dan peningkatan daripada mengoreksi
       peserta didik perlu diberi kesempatan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.