DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 05 Maret 2014

"Pitutur Luhur" Bahasa Jawa


        Dadi wong Jowo ora perlu minder, nglokro alias ora semangat alias ora nduweni "GAMBATTE". Mesti wong sing  nglokro bakale kujur songo likur.

       Mulane ayo podho tancut taliwondo, dadi wong sing mongkok trumape awake dhewe ora mongkokake utawa mbanggaake wong liyo. Tur dadi wong sing   ora nduwei wewatak iri, drengki, jahil  lan methakil.
      Dadi wong  Jowo larang regane. Coba gatekno. WEDHUS JOWO LUWIH LARANG TINIMBANG WEDHUS  GEMBEL, GULO JOWO LUWIH LARANG TINIMBANG SAKARIN, ASEM JOWO LUWIH LARANG TINIMBANG CUKA, PITIK JOWO LUWINH LARANG TINIMBANG PITIK BROWLER. LAN LIYO LIANE.
        Sepisan maneh ayo tetep semangat!. Ing ngisor iki Maskatno Giri nulis maneh pitutur luhur soko gurune sing luhur budine, kanthi usaha baik hati lan ora sombong  YEN ORA BOLO ORA BAKAL TAK KANDANI, MOTIVASI DADI KAWULO SUKSES SEJATI:
  1. Ing samubarang gawe ojo sok wani mestek ake, awit akeh lelakon kang    kebak sambekalane sing ora biso dinuga tumibane .                                    Dalam hal apapun jangan terlalu berani untuk memastikan, karena banyak kejadian yg sarat dengan berbagai rintangan yg tak dapat kita duga kapan akan terjadi.
  2.  Jer koyo unine pepenget, “Menowo manungsa iku yo pancen kudu tansah iktiyar, nanging papestene tetep dumunung ono ing asta-Ne Pangeran Kang Maha Wikan”. Mulo ora sak mesthine yen manungso iku nyumurupi bab-bab sing durung mesti kelakon. Sak umpomo nyumurupono, prayoga ojo diblak-blak ake marang wong liyo, awit temahane hamung bakal murihake blai.                                              Sebagaimana bunyi sebuah kata peringatan bahwa “Manusia itu memang harus selalu berusaha, tapi kepastiannya tetap hanya ada di tangan Allah Yang Maha Tahu”. Jadi tidak semestinya kalau manusia itu mengetahui hal-hal yg belum tentu terjadi. Kalaupun dapat (kesempatan) untuk mengetahuinya, sebaiknya jangan diberitahukan secara jelas dan gamblang kepada orang lain, sebab ketika digunakan untuk keperluan yg tidak baik, justru hal itu akan membuatnya celaka.
  3. “Sabar iku ingaran mustikaning laku, jumbuh karo unine bebasan, “sabar iku kuncining swarga,” ateges marganing kamulyan.        Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan, sama seperti bunyi sebuah peribahasa, berlaku sabar itu adalah “jalan utama” untuk mendapatkan “surga”yang berarti ketentraman dan kedamaian dalam menjalani kehidupan.
  4. Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip, nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep. Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki..      Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing, namun bukan berarti lalu kita mudah kehilangan pengharapan. Sebaliknya kita harus menjalaninya dengan penuh pengharapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yg ada di dunia ini. (Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan).

Kurikulum 2013 Gaduh?



Apa mungkin baru adaptasi? Atau mungkin karena masalah lain. Yang jelas Kelahiran Kurilulum 2013 membuat suasana panas. 

Banyak  kegaduhan  dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Ini terjadi di berbagai daerah, baik desa maupun kota.Termasuk di SMAN 1  kecamatan Girimarto, Wonogiri tempat aku mengabdikan diri.

Demikian juga seperti dimuat di kompas berkenaan  kegaduhan pelaksanaan kurikulum 2013, Selasa Maret2014 “Guru TIK Dialihkan  Jadi Pengajar Prakarya”. Efek dari Penghapusan  mapel TIK di SMP dan SMA dalam kurikulum kacau ini,  jelas para guru  TIK yang jumlahnya ratusan  kehilangan hak mendapat tunjangan sertifikasi. Pengalihan TIK ke prakarya sama saja tidak memecahkan masalah. Ini jelas tidak adil.

Demikian juga pengurangan jumlah jam pelajaran untuk bahasa Inggris SMA dari empat ke dua jam, ini juga membuat kisruh dan gaduh. Di sekolah kami para siswa diajar empat jam saja mash perlu diberi jam tambahan apalagi dikurangi. Juga suasana tidak harmonis di  antara  para guru bahasa Inggris. Mereka berebut jam mengajar supaya bisa 24 jam. Namun, ada alasan dari pemegang kebijakkan bahwa jam mengajar bisa ditambahi pada  mapel peminatan. Ini juga masih kisruh karena para  kepala sekolah danwakasek kurikulum  belum banyak faham dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Mereka menyimpulkan penambahan mapel pendalaman  tidak diakui dalam syarat penerimaan tujangan sertifikasi.  Karena para kepala sekolah, wakasek, demikian juga para  guru belum mendapatkan sosialisasi secara lengkap. Belum lagi kisruh tentang mapel  muatan lokal.

Sebetulnya masih banyak lagi kekisruhan tentang pelaksanaan Kurikulum 2013. Ini disebabkan salah satunya kurang matangnya kelahiran  kurikulum 2013.

Maka dengan tulisan sederhana ini, saya mengusulkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 ditunda atau kalau perlu dibatalkan, karena memang belum siap. Jadi kembli ke KTSP lagi saja. Jangan sampai pelaksanaan ini  justru membikin runyam pendidikan di Indonesia.