DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 06 Juli 2020

RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Wajib kelas XI contoh dari SMAN 1 Girimarto Wonogiri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris Wajib

TP
: 2020/2021
Sekolah
: SMA NEGERI 1 GIRIMARTO

Materi
: Saran & tawaran  (3.2-4.2)
Kelas/Semester
: XI /Ganjil

Alokasi Waktu
: 3 X PERTEMUAN ( 6 X 45)

TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·   Memberi motivasi belajar
·   Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari
·   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
·   Menyampaikan cakupan materi
·   Menyampaikan alur kegiatan belajar mengajar

5’
Inti
Pertemuan 1
TBL (TASK BASED LEARNING)
A.    Pre-task
·      Menyimak contoh percakapan dari video.
·      Tanya jawab seputar isi dialog.
·      Menyimak contoh teks dialog percakapan.
·      Menyimak langkah-langkah cara membuat tabel analisa teks
20’
B.   Task
·      Membuat kelompok kerja
·      Mencari teks dialog dari internet atau buku.
·      Menyusun tabel analisa funsi, struktur, tata bahasa
·      Presentasi hasil kerja kelompok
40’
C.   Review
·      Memberi tanggapan hasil kerja kelompok lain
20’
Pertemuan 2
TBL (TASK BASED LEARNING)
A.    Pre-task
·      Menyimak contoh percakapan dari video.
·      Tanya jawab seputar isi dialog.
·      Menyimak contoh teks dialog percakapan.
·      Menyimak langkah-langkah cara membuat audio/video percakapan.
20’
B.   Task
·      Membuat kelompok kerja
·      Menyusun script percakapan.
·      Membuat video/audion  percakapan,
·      Presentasi hasil kerja kelompok
40’
C.   Review
·      Memberi tanggapan hasil kerja kelompok lain
20’
Pertemuan 3
TBL (TASK BASED LEARNING)
A.   Pre-task
·      Menyimak contoh teks percakapan.
·      Tanya jawab seputar isi dialog.
·      Menyimak langkah-langkah cara  membuat teks dialog tertulis.
20’
B.   Task
·      Membuat kelompok kerja
·      Menyusun draft teks dialog.
·      Menyusun teks dialog; revisi teks dialog
·      Presentasi hasil kerja kelompok
40’
C.   Review
·      Memberi tanggapan hasil kerja kelompok lain
20’
Penutup
·      Refleksi, evaluasi proses pembelajaran
·      Memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran
·      Melakukan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas
·      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

5’

PENILAIAN
SIKAP
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
·   Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas
·   Kerja sama dalam tugas kelompok
·   Rasa amanah kepada Tuhan dalam semua kegiatan

·   Menerapkan fungsi, struktur dan unsur kebahasaan pendapat dan pikiran.
·   Menjelaskan isi dialog

·   Menulis teks dialog sederhana .
·   Membuat video/ audio dialog sederhana.


             Mengetahui,
             Kepala Sekolah

Girimarto, 17 Juli 2020

Guru Mapel

RPP 1 Lembar Bahasa Inggris LM kelas XI arsip contoh SMAN 1 Girimarto Wonogiri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Inggris Lintas Minat

TP
: 2020/2021
Sekolah
: SMA NEGERI 1 GIRIMARTO

Materi
: Past perfect, present perfect, future perfect  (3.2-4.2)
Kelas/Semester
: XI /Ganjil

Alokasi Waktu
: 3 X PERTEMUAN ( 6 X 45)

TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang .

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·   Memberi motivasi belajar
·   Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari
·   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
·   Menyampaikan cakupan materi
·   Menyampaikan alur kegiatan belajar mengajar

5’
Inti
Pertemuan 1
PPP (PRESENTAION-PRACTICE-PRODUCTION)
A.    PRESENTATION
·      Menyimak contoh percakapan dari video.
·      Mendiskusikan kegiatan harian siswa yang mirip dengan situasi dalam video.
·      Menganalisa kosa kata yang digunakan dalam percakapan video.
20’
B.   PRACTICE
a.    CONTROLLED PRACTICE
·      Menyimak dan menirukan contoh ungkapan secara individu maupun kelompok.
·      Secara berpasangan siswa mempraktekkan Tanya jawab dengan ungkapan yang diberikan.
b.    FREER PRACTICE
·      Merespon pertanyaan kalimat pertanyaan ( file MP3)
40’
C.   PRODUCTION
·      Bermain  peran (role play)
20’
Pertemuan 2
PPP (PRESENTAION-PRACTICE-PRODUCTION)
A.   PRESENTATION
·      Menyimak /membaca teks dialog.
·      Mengidentifikasi ungkapan yang dipakai dalam teks.
·      Mengidentifkasi kosa kata yang dipakai dalam teks dialog.
20’
B.   PRACTICE
a.    CONTROLLED PRACTICE
·      Membuat kelompok kerja
·      Menganalisa fungsi sosial, struktur dan tatabahasa teks dialog.
b.    FREER PRACTICE
·      Mencari contoh teks dialog dari sumber lain ( web, buku referensi)
·      Merangkum isi teks dialog.
40’
C.   PRODUCTION
·      Menyusun teks dialog pendek sederhana.
·      Presentasi.
20’
Pertemuan 3
PPP (PRESENTAION-PRACTICE-PRODUCTION)
A.   PRESENTATION
·      Menyimak teks dialog.
·      Tanya jawab seputar isi dialog.
20’
B.   PRACTICE
a.    CONTROLLED PRACTICE
·      Mengerjakan worksheet: sentence arrangement.
·      Mengerjakan worksheet : gap fill exercise.
b.    FREER PRACTICE
·      Menterjemahkan teks dialog ke dalam bahasa Indonesia.
·      Merangkum isi dialog.
40’
C.   PRODUCTION
·      Menjawab pertanyaan terkait dengan isi sebuah dialog.
·      Membuat kalimat Tanya jawab/ chatt via media sosial.
20’
Penutup
·      Refleksi, evaluasi proses pembelajaran
·      Memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran
·      Melakukan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas
·      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

5’

PENILAIAN
SIKAP
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
·   Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas
·   Kerja sama dalam tugas kelompok
·   Rasa amanah kepada Tuhan dalam semua kegiatan

·   Menerapkan fungsi, struktur dan unsur kebahasaan Past perfect, present perfect, future perfect.
·   Menjelaskan isi dialog

·   Menulis teks dialog sederhana .
·   Membuat video/ audio dialog sederhana.


             Mengetahui,
             Kepala Sekolah

Girimarto, 17 Juli 2020