RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
| 
Mata Pelajaran | 
: Bahasa Inggris
  Wajib |  | 
TP | 
: 2020/2021 | 
| 
Sekolah | 
: SMA NEGERI 1 GIRIMARTO |  | 
Materi | 
: Saran &
  tawaran  (3.2-4.2) | 
| 
Kelas/Semester | 
: XI /Ganjil |  | 
Alokasi Waktu | 
: 3 X PERTEMUAN ( 6
  X 45) | 
| 
TUJUAN PEMBELAJARAN | 
| 
Siswa dapat menerapkan
  fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan menyusun teks interaksi
  transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
  informasi terkait pendapat dan pikiran | 
| 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
Alokasi 
Waktu | |
| 
Pendahuluan | 
·  
  Memberi
  motivasi belajar 
·  
  Mengaitkan
  pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari 
·  
  Menjelaskan
  tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar 
·  
  Menyampaikan
  cakupan materi 
·  
  Menyampaikan
  alur kegiatan belajar mengajar | 
5’ | 
| 
Inti 
Pertemuan
  1 | 
TBL
  (TASK BASED LEARNING) 
A.   
  Pre-task 
·     
  Menyimak
  contoh percakapan dari video. 
·     
  Tanya
  jawab seputar isi dialog. 
·     
  Menyimak
  contoh teks dialog percakapan. 
·     
  Menyimak
  langkah-langkah cara membuat tabel analisa teks | 
20’ | 
| 
B.  
  Task 
·     
  Membuat
  kelompok kerja 
·     
  Mencari
  teks dialog dari internet atau buku. 
·     
  Menyusun
  tabel analisa funsi, struktur, tata bahasa 
·     
  Presentasi
  hasil kerja kelompok | 
40’ | |
| 
C.  
  Review 
·     
  Memberi
  tanggapan hasil kerja kelompok lain | 
20’ | |
| 
Pertemuan
  2 | 
TBL
  (TASK BASED LEARNING) 
A.   
  Pre-task 
·     
  Menyimak
  contoh percakapan dari video. 
·     
  Tanya
  jawab seputar isi dialog. 
·     
  Menyimak
  contoh teks dialog percakapan. 
·     
  Menyimak
  langkah-langkah cara membuat audio/video percakapan. | 
20’ | 
| 
B.  
  Task 
·     
  Membuat
  kelompok kerja 
·     
  Menyusun
  script percakapan. 
·     
  Membuat
  video/audion  percakapan, 
·     
  Presentasi
  hasil kerja kelompok | 
40’ | |
| 
C.  
  Review 
·     
  Memberi
  tanggapan hasil kerja kelompok lain | 
20’ | |
| 
Pertemuan
  3 | 
TBL
  (TASK BASED LEARNING) 
A.  
  Pre-task 
·     
  Menyimak
  contoh teks percakapan. 
·     
  Tanya
  jawab seputar isi dialog. 
·     
  Menyimak
  langkah-langkah cara  membuat teks
  dialog tertulis. | 
20’ | 
| 
B.  
  Task 
·     
  Membuat
  kelompok kerja 
·     
  Menyusun
  draft teks dialog. 
·     
  Menyusun
  teks dialog; revisi teks dialog 
·     
  Presentasi
  hasil kerja kelompok | 
40’ | |
| 
C.  
  Review 
·     
  Memberi
  tanggapan hasil kerja kelompok lain | 
20’ | |
| 
Penutup | 
·     
  Refleksi,
  evaluasi proses pembelajaran 
·     
  Memberikan
  umpan balik proses dan hasil pembelajaran 
·     
  Melakukan
  tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas  
·     
  Menginformasikan
  rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya | 
5’ | 
| 
PENILAIAN | ||
| 
SIKAP | 
PENGETAHUAN | 
KETERAMPILAN | 
| 
·  
  Tanggung
  jawab dalam mengerjakan tugas 
·  
  Kerja
  sama dalam tugas kelompok 
·  
  Rasa
  amanah kepada Tuhan dalam semua kegiatan | 
·  
  Menerapkan
  fungsi, struktur dan unsur kebahasaan pendapat dan pikiran. 
·  
  Menjelaskan
  isi dialog | 
·  
  Menulis
  teks dialog sederhana . 
·  
  Membuat
  video/ audio dialog sederhana. | 
| 
            
  Mengetahui, 
             Kepala
  Sekolah |  | 
Girimarto, 17 Juli 2020 | |||||
|  | 
Guru Mapel | ||||||
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berlatih kreatif melaui pembuatan komentar