DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 29 Juni 2013

Indikator Inti dalam Pembelajaran Bahasa Inggris


Walau kita sebagai guru bahasa Inggris dituntut mampu membelajarkan siswa dalam penguasaan materi pelajaran secara komprehensiv, idealnya kita tidak terlepas dari pemahaman indikator-indikator dari keempat skill yang diajarkan ke siswa. Namun, terkadang  guru bahasa Inggris tidak peduli atau  melupakan indikator  keterampilan berbahasa Inggris. Indikator-indikator tersebut penting sekali  dalam kegiatan pengajaran (teaching) dan testing. Ketidakpedulian pada indikator-indikaotr keterampilan berbahasa Inggris, akibatnya ketika mereka mengajar tidak tahu apa yang akan diberikan kepada siswa dan begitu pula cara mengukur hasil pembelajaran.

Berikut ini Maskatno  Giri mau berbagi, karena dia juga mendapatkan ilmu dari saudaranya om yok:

A.  Listening
1.      Menunjukkan gagasan utama (main idea) suatu teks atau paragraf
2.      Menentukan tujuan teks
3.      Menyebutkan informasi rinci dalam teks, baik yang tersirat maupun tersurat
4.      Menjelaskan makna kata atau ungkapan tertentu dalam teks
5.      Menjelaskan rujukan (reference) yang ada dalam teks
6.      Memanfaatkan peranti kohesi (cohesive devices) untuk menjelaskan hubungan antar elemen dalam teks.

B.  Reading
1.      Menunjukkan gagasan utama (main idea) suatu teks atau paragraf
2.      Menentukan tujuan teks atau penulis
3.      Menyebutkan informasi rinci dalam teks, baik yang tersirat maupun tersurat
4.      Menjelaskan makna kata atau ungkapan tertentu dalam teks
5.      Menjelaskan rujukan (reference) yang ada dalam teks
6.      Memanfaatkan peranti kohesi (cohesive devices) untuk menjelaskan hubungan antar elemen dalam teks.

C.  Speaking
1.      State the main idea of the speech
2.      Provide supporting details of the topic/idea
3.      Use appropriate words, phrases, or utterences to express the idea
4.      Use certain language system (grammar) to make well-formed utterances
5.      Make use of appropriate cohesive devices to cretae a well-organized speech
6.      Use appropriate gestures to accomplish the purpose of the speech
7.      Perform acceptable pronunciation to express understandable utterences

D.  Writing
1.    State the main idea of the text
2.    Provide supporting details of the topic/idea
3.    Use appropriate words and phrases to express the idea
4.    Use certain language system (grammar) to make well-formed sentences
5.    Make use of appropriate cohesive devices to create a well-organized text
6.    Use appropriate mechanics to accomplish the purpose of the speech