DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 27 Mei 2013

10 M Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Oleh Maskatno Giri

Anda ingin menjadi pendidik  atau seorang guru?. That’s great. Luar biasa. Anda berjiwa mulia. Karena  Anda sudah berniat baik untuk mendidik Anda sendiri menjadi lebih baik, Selanjutnya Anda juga akan dituntut berbagi dan menularkan ilmu dengan peserta didik dengan baik pula.
 
Setiap manusia pasti diberi bakat oleh Allah swt untuk menjadi  guru/ pendidik, minimal dia akan menjadi guru dikeluarga. Namun, untuk menjadi guru di lembaga pendidikan  (baca: sekolah) dibutuhkan tidak hanya surat/ bukti  resmi bahwa Anda memang layak dijadikan guru. Anda juga harus memiliki kemampuan dasar bahwa Anda benar-benar layak mengajar di suatu lembaga pendidikan.
Secara umum, guru menjadi tumpuan atas maju mundurnya pendidikan di Indonesia. Jadi agar kualitas pendidikan tinggi, maka akhirnya ditulislah  “10 kemampuan dasar guru”.
Maskatno Giri berusaha baik hati dan tidak sombong.  Berikut ini kutulis  10 M kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Karena aku harus berbagi dari ilmu yang kuperoleh dari dosenku yang baik hati pula. Kalau “Anda bukan boloku ora bakal tak kandani” .

1. MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN
  1. BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.
  2. BERPERAN DALAM MASYARAKAT SEBAGAI WARGA YANG BERJIWA PANCASILA.
  3. MENGEMBANGKAN SIFAT-SIFAT TERPUJI YANG DIPERSYARATKAN BAGI JABATAN GURU

2. MENGUASAI LANDASAN PENDIDIKAN
  1. MENGENAL TUJUAN PENDIDIKAN UNTUK PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL.
  2. MENGENAL SEKOLAH DALAM MASYARAKAT.
  3. MENGENAL PRINSIP-PRINSIP PSIKOLOGI YANG DAPAT DIMANFAATKAN DALAM PEMBELAJARAN

3. MENGUASAI BAHAN PENGAJARAN
  1. MENGUASAI BAHAN PENGAJARAN KURIKULUM.
  2. MENGUASAI BAHAN PENGAYAAN.

4. MENYUSUN PROGRAM PENGAJARAN
  1. MENETAPKAN TUJUAN PENGAJARAN.
  2. MEMILIH DAN MENETAPKAN BAHAN PENGAJARAN.
  3. MEMILIH DAN MENGEMBANGKAN STRATEGI PENGAJARAN.
  4. MEMILIH DAN MENGEMBANGKAN MEDIA PENGAJARAN YANG SESUAI.
  5. MEMILIH DAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR.
5. MELAKSANAKAN PROGRAM PENGAJARAN
  1. MENCIPTAKAN IKLIM BELAJAR MENGAJAR YANG SEHAT.
  2. MENGATUR RUANG BELAJAR.
  3. MENGELOLA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR.

6. MENILAI HASIL DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG TELAH DILAKSANAKAN

  1. MENILAI PRESTASI MURID UNTUK KEPENTINGAN PENGAJARAN.
  2. MENILAI PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG TELAH DILAKSANAKAN.
7.  MENYELENGGARAKAN PROGRAM BIMBINGAN
  1. MEMBIMBING SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR.
  2. MEMBIMBING SISWA YANG BERKELAINAN DAN BERBAKAT KHUSUS.
  3. MEMBIMBING SISWA UNTUK MENGHARGAI PEKERJAAN DI MASYARAKAT.

8. MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI SEKOLAH
  1. MENGENAL PENGADMINISTRASIAN KEGIATAN MADRASAH.
  2. MELAKSANAKAN KEGIATAN ADMINISTRASI MADRASAH.
9. MENJALIN HUBUNGAN KERJA SAMA YANG  BAIK DENGAN SEJAWAT DAN MASYARAKAT
  1. BERINTERAKSI DENGAN SEJAWAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL.
  2. BERINTERAKSI DENGAN MASYARAKAT UNTUK PENUAIAN MISI PENDIDIKAN.

10. MENYELENGGARAKAN PENELITIAN SEDERHANA UNTUK KEPERLUAN PENGAJARAN
  1. MENGKAJI KONSEP DASAR PENELITIAN ILMIAH.
  2. MELAKSANAKAN PENELITIAN SEDERHANA.