Instrumen
monitoring
ADMINISTRASI
PEMBELAJARAN GURU MAPEL PROFESIONAL
SMP/SMA/SMK
Nama Guru                 : ………………………………………….
Mata Pelajaran            : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No 
 | 
   
Aspek Yang Diamati 
 | 
   
Nilai 
 | 
  ||||
1 
 | 
   
2 
 | 
   
3 
 | 
   
4 
 | 
   
5 
 | 
  ||
1 
 | 
  
Apakah guru memiliki SK Pembagian
  Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam
  per minggu 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun
  terakhir. 
 | 
  |||||
4 
 | 
  
Apakah guru membuat program semester untuk dua semester
  terakhir. 
 | 
  |||||
5 
 | 
  
Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri 
 | 
  |||||
6 
 | 
  
Apakah guru memiliki RPP yang
  disusun sendiri  
 | 
  |||||
7 
 | 
  
Apakah guru melakukan pembelajaran
  sesuai jadwal 
 | 
  |||||
8 
 | 
  
Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku
  referensi 
 | 
  |||||
9 
 | 
  
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan
  kriteria penilaian UH. 
 | 
  |||||
10 
 | 
  
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan
  kriteria penilaian UTS 
 | 
  |||||
11 
 | 
  
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria
  dan kisi-kisi penilaian UAS 
 | 
  |||||
12 
 | 
  
Apakah guru mengoreksi hasil
  ulangan 
 | 
  |||||
13 
 | 
  
Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan
  terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur 
 | 
  |||||
14 
 | 
  
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur
  dan kegiatan mandiri tidak terstruktur 
 | 
  |||||
15 
 | 
  
Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai
  UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas. 
 | 
  |||||
16 
 | 
  
Apakah
  guru melakukan analisis hasil evaluasi UH. 
 | 
  |||||
17 
 | 
  
Apakah guru menyusun
  dan melaksanakan program remedial. 
 | 
  |||||
18 
 | 
  
Apakah
  guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan. 
 | 
  |||||
19 
 | 
  
Apakah
  guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain
  mengajar 
 | 
  |||||
20 
 | 
  
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar 
 | 
  |||||
21 
 | 
  
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
  Permendiknas nomor 20 tahun 2007 
 | 
  |||||
22 
 | 
  
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
  panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) 
 | 
  |||||
23 
 | 
  
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar 
 | 
  |||||
24 
 | 
  
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer 
 | 
  |||||
25 
 | 
  
Apakah guru memiliki hasil PTK 
 | 
  |||||
  
  | 
 
                                                                                                            .......................,
.............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,
Instrumen
monitoring
PERANGKAT
KONSELING GURU PEMBIMBING PROFESIONAL
SMP/SMA/SMK
Nama Guru                 : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No 
 | 
   
Aspek Yang Diamati 
 | 
   
Nilai 
 | 
  ||||
1 
 | 
   
2 
 | 
   
3 
 | 
   
4 
 | 
   
5 
 | 
  ||
1 
 | 
  
Apakah
  guru memiliki SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun
  pelajaran terakhir. 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen
  dengan minimal 24 jam per minggu 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Apakah
  guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran
  terakhir. 
 | 
  |||||
4 
 | 
  
Apakah guru
  pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir. 
 | 
  |||||
5 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir 
 | 
  |||||
6 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling 
 | 
  |||||
7 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling 
 | 
  |||||
8 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat sendiri Satuan Layanan 
 | 
  |||||
9 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi 
 | 
  |||||
10 
 | 
  
Apakah
  guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi,
  Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan
  Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi) 
 | 
  |||||
11 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data,
  Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus) 
 | 
  |||||
12 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung) 
 | 
  |||||
13 
 | 
  
Apakah
  guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian
  Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang) 
 | 
  |||||
14 
 | 
  
Apakah
  guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling
  (semester 1 dan 2) 
 | 
  |||||
15 
 | 
  
Apakah
  guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling 
 | 
  |||||
16 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian,
  Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu) 
 | 
  |||||
17 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan 
 | 
  |||||
18 
 | 
  
Apakah guru pembimbing
  melakukan layanan konseling sesuai jadwal  
 | 
  |||||
19 
 | 
  
Apakah
  guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain
  mengajar 
 | 
  |||||
20 
 | 
  
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar 
 | 
  |||||
21 
 | 
  
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
  Permendiknas nomor 20 tahun 2007 
 | 
  |||||
22 
 | 
  
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
  panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) 
 | 
  |||||
23 
 | 
  
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar 
 | 
  |||||
24 
 | 
  
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer 
 | 
  |||||
25 
 | 
  
Apakah guru memiliki hasil PTK 
 | 
  |||||
  
  | 
 
Nama Guru               : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
........................,
…………………
Penilai,
  
  | 
 
Nama Guru               : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
........................,
…………………
Penilai,