DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 23 Januari 2012

10 M LANGKAH MEMILIKI RASA PERCAYA DIRI Oleh Maskatno Giri

Percaya diri dalam bahasa Inggris disebut self confidence, adalah modal non fisik (soft  capital) yang sangat penting menuju keberhasilan. Jadi bila kita  ingin sukses harus memiliki rasa percaya diri. Jujur saja sebenarnya dulu penulis juga kurang percaya diri, namun bagaimana bisa berhasil menjadi sarjana, maksudnya tidak untuk sombong2an. Sekolahku kebetulan  sampai S2 bahkan sering juara dalam lomba. Lha iya to, kuarng PD saja bisa berhasil, bila lebih PD tentu lebih berhasil
            Sejak remaja , penulis sebenarnya sadar bahwa percaya diri itu penting dalam meraih sukses. Namun sejak remaja penulis termasuk orang minderan. Aku semakin penasaran melalui bertanya, membaca dsb supaya aku memiliki rasa percaya diri. Kesimpulanku, ternyata untuk memiliki rasa percaya diri tidak bisa langsung jadi. Modalku  untuk memiliki rasa percaya diri adalah modal NEKAT. Nekatnya bagaimana?
            Ya nekat untuk memiliki rasa percaya diri itu sendiri melalui doa, usaha, berinovasi diri ...tiada henti.
            Allah Tuhan Yang Maha Esa telah menjawab doaku, Allah telah menuntunku untuk mau belajar, ya aku dituntun menjadi manusia NEKAT BELAJAR.
            Contoh  konkritnya  adalah sbb: aku memiliki ortuku bukan dari orang terpelajar aku NEKAT  mau bersekolah sampai perguruan tinggi, Ortuku tidak mampu membiayaiku sekolah aku NEKAT sekolah tanpa minta dana dari ortu aku NEKAT menjadi penjual koran. Ortuku tidak bisa bicara bahasa Inggris , Aku NEKAT bisa bicara bahasa Inggris dengan orang asing tanpa malu2. Ortuku tidak pernah menyarankan ikut lomba aku NEKAT ikut  lomba, eeh bahkan aku sering juara. Ortuku tidak mendorong-dorong aku menikah, Aku NEKAT  menikah dengan modal 150 ribu rupiah
            Intinya untuk memiliki rasa percaya diri salah satu modalnya adalah modal NEKAT, tentu nekat yang positif. Kalau nekat negatif, boro-boro dapat percaya diri tapi mendapat cela, bahkan bisa-bisa masuk penjara.
            Bagaiman bisa  MODAL NEKAT bisa menantarkan menjadi PERCAYA DIRI? Berikut ini beberapa langkah memiliki modal PD langkah-langkah tersebut disingkat dengan 10M;
1.Menilai Diri Sendiri Secara Jujur
Tidak tepat kita menjadi pribadi suka menipu orang lain maupun diri sendiri. Kita harus jujur pada orang lain maupun diri sendiri. Bila kita ternyata tidak mampu jujur saja kita tidak mampu. Riwayat orang-orang suskes adalah mereka yang jujur.
2. Memiliki tujuan yang realistis
Kita perlu memiliki tujuan realistis,  realistis di sisni sesuai kenyataaan yang ada tidak mengada-ada. Misal kalau memiliki tubuh kecil sepertiku jangan memiliki tujuan menjadi   seorang petinju kelas berat. Tentu ini tidak realistis.
3. Memberi penghargaan sekecil apapun
Meremehkan kemampuan diri kita adalah awal kehancuran diri kita sendiri. Maka jangan remehkan prestasi yang kita miliki walau sangat kecil.
 4. Mengikuti  saran positif dan tolak saran negatif
 Memiliki teman yang baik adalhhukumnya wajib, sebab orang yang baik baik bila menasihati jg yg baik2. Jangan turuti ajakan, nasihat yang tidak baik.
5. Memiliki Positif thinking
Jangan biarkan kita memiliki pikiran negatif. Pikiran negatif akhirnya mendorong, sangka buruk, iri, dengki, egois dsb. Latih pikiran kita memiliki pikiran positif.
6. Menggunakan self-affirmation
Ubahlah bisikan aku tidak bisa menjadi  AKU PASTI BISA. Aku bisa ini penting sebagi penegasan diri bahwa Allah pasti membantu orang yang punya niat baik dan  maju.
7. Mengambil resiko apapun dampaknya
 Jangan takut menerima resiko dari tindakan oarng yang mau belajar.  Pada awalnya untuk pembelajar pemula            mendapat ejekaan, namun ini hanya proses awal saja.
 8. Menerima tanggung jawab
 Tanggung jawab mampu mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik. Anda akan terbiasa menyelesaikan tugas besar yang dibebankan dengan ringan.
 9. Mencari Lingkungan yang kondusif
 Banyaklah bergaul dengan orang-orang yang memiliki percaya diri tinggi. Sebab, rasa percaya diri bisa menular.
 10.Mensyukuri Nikmat yang diberikan oleh Allah
 Perbanyaklah rasa syukur segala apa yang telah Allah berikan pada kita. Kita sudah terlanjur hidup tugas kita menjadi pribadi sukur. Dengan syukur pasti mujur, dengan kufur pasti hancur.
  Urain di atas semoga bisa membantu.

Posting Komentar