DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 27 Januari 2012

INOVASI TIADA HENTI Oleh MasKatnoGiri

                                                  INOVASI TIADA HENTI Oleh MasKatnoGiri
     
         Menjadi  pribadi  yang inovatif bukan sesuatu yang tidak mungkin. Orang inovatif  memiliki kecendenderungan menjadi pribadi bermakna, berbahagia dan kaya, bagaimana bisa demikian? Ya karena pikiran inovatifnya akan selalu ditunggu banyak orang, bisa menjadi penasihat orang lain dan diri sendiri, juga bisa mempengaruhi orang lain supaya beriovasi.
           Namun orang yang berinovatif bisa celaka dan mencelakakan orang lain kalau inovasinya tanpa bimbingan yang benar atas kebenaran Allah Tuhan Yang Maha Esa.Kenapa? Karena pikiran inovatifnya dituntun setan, dia berinovasi bukan untuk dekat dengan Tuhan namun berkolaborasi dengan setan. Tentu dalam hal ini tdak bisa mengundang kebaikan dan kebahagian jangka panjang, namun kehancuran.
           Kualitas hidup kita bisa ditingkatkan dengan cara berinovasi.Kalu belum bisa berinovasi  mari kita bergabung dengan orang-orang bijak, baik  yang mau  berinovasi, ini juga usaha yang telah dilakukan penulis.
        Setelah membaca dari berbagai sumber, penulis bisa menceritakan ulang bahwa kita bisa belajar kepada orang-orang yang bisa  mempengaruhi kita untuk berinovasi, beliau mungkin ortu kita, guru kita atau teman kita, bahkan mungkin merka yang kita sangka sebagai musuh kita. Atau mungkin kita memiliki kemauan dan kemampuan menjadi teladan dalam berinovasi, tapi kita setidak-tidaknya meniliki usaha antara lain sbb:

  1. Memiliki niat yang baik terlebih dulu. Niat baik itu penting, karena baru sebatas niat baik saja malaikat sudah mencatat suatu kebaikan.
  2.  Memiliki kemauan terus menerus belajar, Orang inovatif adalah orang yang suka terus menerus belajar.
  3.  Merasa penasaran dengan keadaan yang ada maksudnya selalu tidak puas dan berusaha  mencari titik kebaikan (hikmah) di setiap titik kejadian, pendapat-pendapat dsb.
  4. Mengeksplorasi lingkungannya dan menginvestigasi kemungkinan-kemungkinan baru, memiliki rasa kekaguman
  5. Menghargai setiap usaha sekecil apapun
  6. Memiliki imaginasi yang tinggi dan memiliki pandangan yang jauh ke depan.
  7. Memunculkan ide-ide “gila”, memandang sesuatu yang tidak mungkin menjadi sebuah kemungkinan, memimpikan dan menghayalkan sesuatu yang besar-besar.
  8. Memberanikan diri selalu mencoba dan menanggung kegagalan.
  9. Menikmati  perjalanan  pembelajaran  untuk memperoleh inspirasi atau pemikiran segar.
  10. Memliki ketertarikan terhadap hal-hal yang aneh dan mengagumkan, berani tampil beda, bertindak nekad positif , serta mudah dan sering tertawa layaknya seorang anak kecil.
  11. Mampu mempertahankan ide-ide positifnya.
  12. Mampu melakukan penyesuaian terhadap rencana-rencana yang telah dibuat, menyajikan berbagai solusi dan gagasan
  13. Mampu melihat hubungan-hubungan diantara unsur-unsur yang terputus, mensintesakan dan mengkombinasikannya.
  14. Mencari dan merenungkan berbagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.
  15. Mengenal pola terhadap sesuatu dan dapat membedakannnya, dapat melihat kecenderungan dan prinsip serta mampu mengorganisasikannnya, dapat melihat ”the Big Picture.”
  16. Merasa nyaman  walau dalam situasi kacau (chaos), dapat menyajikan situasi paradoks, tidak merasa tergesa-gesa membenarkan terhadap suatu ide yang muncul.
  17. Menyeimbangkan setiap informasi yang terkumpul dan menyelaraskan setiap tindakan.
  18. Memilih dan memilah diantara pemikiran divergen dan pemikiran konvergen, memiliki intuisi tertentu sebelum melakukan analisis, meyakini apa yang sudah dianalisis dan menggunakannya secara hati-hati dengan menggunakan akal.
  19. Menyeimbangkan pemikiran dari setiap individu, membuka pelatihan dan mencari dukungan organisasi.
  20. Mengkomunikasikan setiap gagasan secara efektif, menterjemahkan konsep abstrak ke dalam bahasa penuh arti, menciptakan prototype atau model yang dianggap paling mudah
  21. Merefleksi hal-hal dianggap mengecewakan atau yang tidak dinginkan, belajar dengan cepat dari umpan balik, berkemauan untuk mencoba dan terus mencoba lagi
  22. Memperjuangkan gagasan-gagasan baru dengan gigih, memiliki komitmen terhadap hasil-hasil yang telah digariskan.
Sumber penambah inspirasi : http://thinksmart.com/articles/qualities.html
Posting Komentar