DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 29 Mei 2012

TIPS 7M BAGI PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS


Menguasai  bahasa Inggris bukan pekerjaan mudah. Karena secara umum, bahasa terebut jarang dipraktikkan. Bagi orang pengguna bahasa kedua tersebut, tidak menutup kemungkinan, mereka bisa mahir berbahasa baik lisan mauupun tulis. Berikut  ini  beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris  dengan rumus  7 M:
1. Menetapkan Tujuan
Agar lebih memotivasi diri Anda belajar, Anda harus mempunyai suatu tujuan yang hendak dicapai.  Tujuan-tujuan tersebut dapat berjangka pendek ataupun panjang.  Salah satu tujuan jangka pendek dalam belajar bahasa Inggris adalah belajar secukupnya agar dapat mereservasi sebuah kamar hotel.  Sedangkan tujuan jangka panjang bisa berupa melanjutkan pendidikan di luar negeri, atau mendapat skor 6.5 untuk ujian IELTS.

2.  Menjauhkan kemalasan belajar
Belajar bahasa tidaklah mudah. Banyak orang yang mempunyai kesibukan lain selain belajar bahasa Inggris.  Anda harus mengerti akan hal ini dan bersabar dalam proses belajar Anda.  Namun tidak banyak yang akan Anda capai bila Anda tidak berusaha.  Meskipun Anda memiliki guru terbaik di dunia, kemajuan Anda banyak bergantung pada diri Anda sendiri.  Anda tidak boleh malas belajar.

3.  Meluangkan Waktu
Banyak di antara kita mempunyai kehidupan yang sibuk dan biasanya tidak mudah untuk menambah hal baru ke dalam rutinitas sehari-hari kita.  Belajar bahasa Inggris membutuhkan disiplin.  Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar dan benar-benar belajar pada saat itu.  Tidak masalah bila Anda sesekali menunda belajar Anda karena terlalu lelah, tetapi jangan menjadikan itu suatu kebiasaan.  Jadikan bahasa Inggris bagian yang tak terpisahkan dari jadwal rutinitas Anda.
4.  Mnegajukan pertanyaan sebanyak mungkin
Jadi tidak mungkin Anda menyerap semua yang diajarkan dan tidak mempunyai hal-hal yang ingin ditanyakan.  Jangan takut untuk bertanya, baik kepada teman atau guru bahasa Inggris Anda di sekolah atau tempat kursus.

5.  Menyempatkan diri untuk Belajar  di Rumah
Mempunyai seorang guru yang akan memberikan instruksi dan bimbingan kepada Anda sangatlah penting.  Namun, bukan berarti Anda tidak dapat belajar sendiri di rumah. Jangan hanya mengeluarkan buku Anda saat Anda di dalam kelas.

6.  Menonton Film Berbahasa Inggris
Ini adalah salah satu tip yang paling saya sukai. Menonton film adalah cara terbaik belajar bahasa non-formal sehari-hari dan melatih kemampuan mendengar. Anda tidak harus mengerti setiap kata di dalam film.  Film-film dengan dialog singkat, diikuti dengan jeda tanpa dialog adalah yang paling ideal – karena memberikan waktu untuk menyerap bahasa tersebut. Film romantis dan drama merupakan pilihan baik.

7.  Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris
Musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris.  Lain kali jika Anda pergi ke tempat karaoke atau bernyanyi di depan TV rumah Anda, cobalah menyanyikan satu lagu bahasa Inggris. Ini cara yang baik untuk melatih mengekspresikan diri dalam berbahasa Inggris dan meningkatkan pengertian orang terhadap apa yang Anda katakan pada mereka dalam bahasa Inggris.