DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 07 Juli 2012


MENJADI ENTREPRENEUR BERBASIS OTAK KANAN

            Mendidik  diri bermental  entrepreneur   berbasis otak kanan  sangat penting. Selama ini, kebanyakan orang hanya menggunakan otak kiri-nya yang berkaitan dengan bahasa, logika, dan simbol simbol dan diarahkan pada pemikiran linear dan vertical (dari satu kesimpulan logis ke kesimpulan logis lainnya).
            Secara lebih seimbang, otak kanan yang berkaitan dengan fungsi-fungsi emosi, intuitif, dan spasial serta bekerja berdasarkan pikiran  lateral (mempertimbangkan masalah dari semua sisi dan sampai pada hal yang berbeda) merupakan bagian otak yang berperan penting dalam kreatifitas.
            Dalam dunia wira usaha , karya  kreatif adalah inti  dari hal yang bisa dimaksimalkan. Dalam hal ini  pengaktifan otak  kanan menjadi sangat penting. Memaksimalkan fungsi otak kanan  akan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang tidak konvensional, tidak sistematis, dan tidak terstruktur. Hal ini tidak berarti hasil pemikiran otak kanan merupakan sesuatu yang sembarangan, namun hasil pemikiran otak kanan berkaitan dengan sesuatu yang baru, yang tidak biasa, dan berbeda dari apa yang ada sebelumnya.
            Ada beberapa cara  yang dapat dilakukan untuk mengembangkan otak kanan antara lain:
1.      Mencari-dan mencari  berbagai alternatif pemecahan masalah .
2.      Menentang kebiasaan, rutinitas, dan tradisi.
3.      Memainkan permainan - permainan mental, berusaha melihat masalah dari berbagai sudut pandang.
4.      Menyadari bahwa ada banyak  jawaban yang benar, dari persoalan.
5.      Melihat masalah sebagai batu loncatan untuk menemukan ide-ide baru. Jika  beban masalah terlalu banyak, mungkin baru diuji atau kena adzab jadi segera instropeksi dan bertobat.
6.      Melihat kesalahan dan kegagalan sebagai sarana untuk memperoleh keberhasilan. Jadi jangan mudah mengeluh.
7.      Menghubungkan ide-ide yang tidak berhubungan untuk menemukan solusi yang baru dan inovatif .
8.      Memiliki  daya pandang yang menyebar melihat dari atas dan menyeluruh terhadap berbagai hal rutin yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian mengambil keputusan yang sesuai dengan masalah yang dihadaipi.
                        Maka bisa disimpulkan bahwa,  kesempatan berhasil di banyak bidang sangat dipengaruhi daya kreatifitas, inovasi dan kekayaan pengembangan diri. Salah satu yang sangat mendesak adalah memaksimalkan peran otak kanan.

Posting Komentar