DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 30 Oktober 2012

10 M Tips Menulis Artikel Dalam Jurnal Ideal Oleh MasSukatnoGiri


1. Mencarilah topik yang banyak dibutuhkan orang, namun jarang yang menulis tentang itu. Untuk mencari topik yang bagus, anda harus memperhatikan selera pasar, jangan hanya asal sesuai selera anda sendiri. Topik tersebut dapat anda cari secara online, entah di Google, Social Bookmarkings dll, atau dapat anda dapatkan dari media massa, seperti televisi, koran, majalah ataupun bisa juga dari buku, dan isu-isu aktual yang sedang terjadi.
2. Menggunakan kreativitas sudut pandang anda. Yang dimaksud disini adalah, anda harus pandai-pandai mengangkat topik tulisan dari sudut pandang yang semenarik mungkin. Kreativitas ini sangat menentukan kualitas sebuah tulisan. Jika anda menggali sudut pandang lain dari sebuah topik, tidak ada salahnya anda menulis tentang topik yang sudah banyak diposting orang. Walaupun topiknya sama dengan blog lain, pengunjung akan suka mengunjungi blog anda, karena mendapatkan sesuatu yang baru, yangtidak didapat diblog lain.
3. Menggunakan bahasa yang baik dan mudah difahami. Hindarilah menulis dengan kalimat yang terlalu bertele-tele, namun kurang bermakna. Para pembaca lebih menyukai tulisan yang singkat jelas dan padat.
4. Menulis ide yang muncul difikiran Anda. Ide-ide kreatif tidak selalu muncul ketika kita sedang mau menulis, acapkali ide tersebut muncul secara tiba-tiba, disaat kita melakukan aktifitas yang lain. Apabila anda menemukan ide kreatif, segera tulis ide tersebut, jangan biarkan ide tersebut melayang begitu saja. Jika memungkinkan, anda bisa menuliskannya dibuku, tapi kalau tidak anda bisa menuliskannya di selembar kertas ataupun di HP.
5. Menghindari menulis sebagai beban. Jadikanlah aktifitas menulis sebagai suatu aktifitas yang menyenangkan. Jika anda masih merasa bahwa menulis adalah sesuatu yang berat, maka belajarlah untuk menikmati aktifitas menulis itu. Karena jika anda menulis dengan terpaksa, maka orang lain pun akan akan membaca tulisan anda dengan terpaksa!
6. Memperbanyak membaca buku,karya ilmiah koran, majalah dsb. Ini merupakan hal terpenting! Semakin banyak pengetahuan anda, maka akan semakin banyak tulisan yang bisa anda buat. Dengan membaca banyak buku, koran majalah dsb, anda bisa belajar banyak hal, sekaligus dapat mempelajari gaya penulisan dan tata bahasa yang baik
7. Memperbanyak berlatih! Practice makes perfect, begitulah kira-kira peribahasanya. Sering-seringlah menulis, karena hanya dengan itu skil menulis anda akan semakin terasah.
8. Memililih topik yang sesuai dengan kemampuan anda. Apabila anda mempunyai keahlian di bidang makanan, maka jangan nekad menulis artikel tentang matematika. Selain anda akan kesulitan dalam menulis, juga sangat mungkin terjadi kesalahan, sehingga akan menyesatkan para pembaca.
9. Menerima kritikan Punyailah hati seluas lautan, jangan mudah minder jika ada orang yang mengatakan bahwa tulisan anda jelek, bertele-tele dan sebagainya. Jadikan kritikan mereka sebagai pelecut semangat. Buktikan kepada mereka bahwa anda adalah seorang penulis yang  HEBAT!!!
10. Menjadilah dirimu sendiri, jangan mencoba untuk menjadi plagiator! Jangan sekali-kali mencoba untuk copy paste. Sama artinya anda membunuh karakter anda sendiri. Jika anda menemukan artikel yang bagus, jadikan itu sebagai referensi, bukan untuk dijiplak!