DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 23 November 2012

MENJADI MURIDKU SEKALIGUS GURUKU Oleh MasKatno Giri (Mas Guru SMAN1 Girimarto


Hari ini pembelajaran bahasa Inggris   di akhir semester 1.  Kamis pagi pukul 7.15 aku seperti biasa sudah memasuki ruangan kelas X1 salah satu kelas unggulan di SMAN 1 Girimarto. Dengan  berniat  positif  aku meneruskan pembelajaran  dan evaluasi diri.

“Ini pertemuan di akhir semester satu, aku mohon ada kritik dan saran secara tertulis tanpa ditulis identitas biar lebih fair, harapanku nanti di semester dua aku lebih baik dalam menyampaikan pembelajaran.  Tak ada guru sempurna. Aku  perlu belajar dari kalian semua”. Itulah kata  awalku.

“Iya siap, pak” sahut para siswa

Setelah sekitar 10 menit berlalu, kertas dikumpulkan. Lalu, pembelajaran hari ini membahas latihan soal melalui LCD.

Sambil menanti  para siswa mengamati soal dan menacari vocab yang sulit. Aku mulai membaca satu persatu dari kertas kritik dan saran untukku. Menurutku agak jarang guru memberi kesempatan siswanya mengritik gurunya. Sejak sekolah SD sampai kuliah S2 belum pernah aku  diberi kesempatan mengritik guruku. Namun, sekali lagi aku  punya niat positif, aku ingin  menjadi lebih baik dan aku ingin  orang  bisa lebih baik  setelah belajar melalui aku. 

Aku kaget, ternyata yang mendominasi kok justru pujian untukku, padahal aku ingin kritikan, apa mereka jujur atau  malu-malu untuk mengrikik?

Berikut beberapa tulisan siswa: 1.  “Asyik pembelajarannya,.... guru yang ideal  memang  harus sabar, seperti bapak” 2. “ Aku sudah sering membaca  tulisan bapak di internet, bapak motivator yang baik"...3. Maju terus pak, tetap semangat” dll.

Yang jelas aku mendapat masukan yang biasa-biasa saja. Padahal, sudah kusiapkan mental bahwa aku siap dihujat dan dikritik oleh siswaku. Namun, kutemukan kata kata bijak dari tiga di antara  siswaku . Aku berkesimpulan bahwa ketiganya anak yang luar biasa. Tulisannya  agak panjang ringkasnya berbunyi “  BE YOURSELF,... JADILAH DIRIMU SENDIRI  SETIAP ORANG PUNYA KEKURANGAN DAN KELEBIHAN. TETAP SEMANGAT” Kata-kata ini rasa-rasanya memberikan pembelajaran yang luar biasa bagiku. 

Aku benar-benar mendapat inspirasi hidup dan semakin semangat lagi dari para siswaku  yang luar biasa.Terutamadari yang menulis”BE YOURSELF DAN KATA MOTIVASINYA. Aku tentu akan lebih bersemangat dan bahagia bahwa kita tidak bisa memaksakan diri menjadi seperti orang lain. Aku teringat sebuah buku yang menulis tentang gaya orang dalam mengajar maupun belajar sangat berbeda-beda “be yourself” lebih  menjadikan hidup menentramkan.....menuju MENJADI DIRI SENDIRI.  Singkatnya ora sah mumet-mumet tentang gaya hidup kita. Yang penting  jangan berhenti belajar dari pengalaman dan dari berbagai sumber.

Terima kasih para siswaku tercinta, engkau anak luar biasa. Doaku menyertaimu. Semoga engkau sukses selalu.
Posting Komentar