DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 02 Januari 2013

KISAH SUKA DAN DUKA DI MALAM TAHUN BARU oleh maskatno Giri (mas guru SMAN 1 Girimarto)

Kisah di malam tahun baru 2013. Perayaan pergantian  tahun, baru saja berlalu. Kebetulan aku  mendengar, mengamati,  dan membaca berita dari berbagai sumber ada suka yang luar biasa setelah pesta: para pengumpul sampah kertas dan plastik terlihat bergembira karena mendapat  untung luar biasa, para penjual terompet di tempat strategis juga demikian, penjual bakso mie ayam tidak bisa tidur karena menghitung untung dll.
Namun, di balik itu semua ada sisi tangisan yang luar biasa: ada  para gadis yang  kecolongan karena kehilangan kegadisannya, ada anggota  keluarga yang mati karena tertabrak oleh orang mabuk/ mendem, ada beberapa orang kecopetan dan kehilangan barang berharga dll

Namun, ada  pemandangan  yang  luar biasa: di malam tahun baru ada beberapa pemuda yang tidak ikut-ikutan berpesta/ foya-foya, tapi dia menjalankan sholat malam penuh kekusyukan, mulutnya berdzikir dan mendoakan dirinya kedua ortunya , saudaranya supaya di tahun 2013 menjadi tahun penuh berkah.  Pemuda tersebut bertanya-tanya kenapa ada pesta pora, sedangkan tetangganya ada yang sakit jantung  dan menjadi semakin parah karena ada suara kembang api yang menggelegar memekakkan telinga. Kenapa  ada uang dibakar sia-sia padahal banyak orang susah,  kesulitan biaya  makan dan biaya sekolah anak-anaknya.


Kayaknya, perayaan  malam tahun baru tahun ini lebih meriah dari tahun kemarin, maksudnya  terdengarnya suara mercon, kembang api, raungan sepeda motorpun lebih menggetarkan dunia. Aku justru punya firasat buruk. Suara-suara gemelegar di udara merupakan simbol undangan bagi ribuan setan supaya datang ke bumi. Akhirnya bumi ini dikuasai setan. Bagi para malaikat mungkin tidak jadi masalah. Namun suara  kembang api  mengundang setan bersenang hati. Semoga firasat burukku tidak benar.

Bagaimana menurut anda?
Posting Komentar