DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 18 Februari 2013

MENJADI KAYA DAN BAHAGIA Oleh Maskatno Giri

Harapan semua orang adalah kaya dan bahagia. Tapi kenyataannya  banyak orang tidak kaya dan tidak bahagia, juga ada orang yang kaya  tapi juga tidak bahagia. Kalau masKatno Giri sendiri   orangnya tidak kaya dan tidak miskin alias pas-pasan  namun  hidupnya bahagia. Menurutku menjadi bahagia itu sederhana saja caranya cukup bersyukur atas nikmat yang dianugerahkan dari Allah swt.

Berdasar pengalamanku pribadi, aku  belajar dari mana saja sumbernya, yang penting  pembelajaran tersebut menjadikan kita lebih baik. Salah satu  yang bisa menjadi inspirasi bahan pembelajaran  karena nasihatnya yang bagus adalah dari Simmon  seorang pengusaha asal Amerika. Dia berharap bahwa menjadi kaya namun bahagia. Simmon adalah  masuk dalam daftar “Top 25 Most Influential People of the Past 25 Years dari USA Today berkat tangan dinginnya saat menangani bisnis enternainmen. Ia dikenal memiliki “Midas Touch”, karena apapun yang disentuhnya selalu menjadi sukses.


Simmons menyadari bahwa buah dari sentuhan emasnya perlu ditanggapi lebih mendalam. “Orang biasanya mengejar uang agar menjadi bahagia. Tetapi uang sebenarnya tidak membuat Anda bahagia,” katanya. “Menjadi bahagia (lebih dulu) justru akan menghasilkan uang.”

Simmons menemukan keseimbangan dalam hidupnya setelah 15 tahun mempraktikkan  teknik pendekatan spiritualitas model keyakinannya.  Dalam bukunya, Super Rich: A Guide to Having it All, Simmons menunjukkan bahwa semua orang bisa mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Ada lima prinsip untuk menjadi superkaya yang bisa Anda tiru dari dirinya:
1. Berikan talenta Anda semaksimal mungkin
Sejak Anda bangun pada pagi hari, pikirkan apa yang bisa Anda berikan untuk orang lain, dan bukannya apa yang ingin Anda dapatkan. “Dengan berlatih menjadi pemberi yang baik, Anda akan menjadi penerima yang baik,” kata Simmons, yang kini menjadi Chairman dan CEO Rush Communications.
2. Kejar tujuan Anda tanpa ngoyo
Simmons termasuk orang yang menganut prinsip The Law of Attraction, atau Hukum Tarik-Menarik, yang dilontarkan oleh Rhonda Byrne dalam buku The Secret. ”Kalau Anda mengejar sesuatu, mereka justru akan lari dari Anda,” katanya. Hal ini mirip dengan prinsip lain yang berbunyi, “Semakin banyak Anda memberi, semakin banyak hal yang akan Anda terima.”
3. Kalau Anda tidak menyukainya, tinggalkan
Kerjakan apa yang paling Anda cintai, dan kekayaan akan mengikutinya. Bagi Simmons, sebaiknya Anda memang hanya melakukan hal-hal yang membuat kita nyaman saat melakukan. “Orang bisa menjual apa saja. Tetapi saya ingin menekankan, sebaiknya jangan menghasilkan uang hanya untuk dibayar,” kata pria 55 tahun ini. Jika Anda tidak menyukainya, maka jangan lakukan.
4. Tak usah memikirkan hasilnya
Ketika berbisnis, kita tak akan pernah bisa mengontrol hasilnya. Yang bisa kita lakukan adalah mengontrol tindakan dan usaha kita. Jadi, pastikan Anda melakukan tindakan dan tugas Anda dengan baik, begitu sarannya.

5. Terbuka
Dalam bukunya, Simmons juga mendorong kita untuk selalu terbuka, kreatif, dan fleksibel. Jangan pernah bersikap kaku atau enggan menghadapi perubahan. Hal yang paling penting baginya adalah bekerja keras, dan menjadi orang yang murah hati. Selain dikenal sebagai pebisnis yang sukses, Simmons juga dikenal dengan sikapnya yang dermawan. Ia mendedikasikan seluruh divisi kerajaan bisnisnya untuk amal dan kegiatan non-profit.
Posting Komentar