DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 03 Februari 2013

PERLU REFLEKSI DIRI

Kalau kita sedang: galau, kena masalah, dicoba, digoda, mendapat musibah, kena tekanan, hadirnya ketakutan, dijauhkan dari rezeki dll. Cara cepat dan mudah biasanya kita menyalahkan orang lain, menyalahkan lingkungan dan lebih jauh lagi bisa menyalahkan Allah s.w.t.

Ternyata, sikap di atas membuktikan bahwa menyalahkan di luar diri kita memang terlalu gampang, itu bisa dilakukan oleh setiap manusia. Namun, di antara orang biasa ada juga manusia yang luar biasa. Siapakah orang yang luar biasa tersebut?

Orang luar biasa adalah orang-orang yang berhati mulia, yakni hati yang terkendali untuk mau intropeksi diri. Tidak cukup dengan intropeksi diri saja , mereka juga orang-orang tidak berhenti selalu belajar.
Suatu fakta, kasus yang bisa kita amati langsung di lingkungan sekitar kita dan lebih jauh lagi melalui berbagai media. Banjir berita di media, hampir kita sulit menyerap berbagai pemberitaan, karena saking  banyaknya informasi. Berita angis derita dari keluaarga yang salah satunya kena musibah bencana, tersandung narkoba, pelecehan, korupsi dll. Itu semua merupakan salah satu sumber kegalauan yang luar biasa bagi keluarga.
Kita bisa membayangkan betapa susuahnya bila anka kita kena narkoba, betapa susuahnya bila ortu kita atau saudara kita terjerat korupsi dll. Pokoknya kalau aku membayangkan betapa  mengerikan. Namun, kebanyakan orang sulit sekali mau berkaca diri bahwa kita sendiri perlu intropeksi. Seperti yang kuungkap di awal bahwamenyalahkan pihak lain itu gampang. Kita terkadang  sulit merasa bahwa kita juga bukan manusia yang sempurna, kadang kita kurang hati-hati, kadang kita terlalu bangga diri dll.
Kini sudah waktunya kita berbenah, hidup hanya sekali. Bila kita kena musibah, cobaan, godaan, cara bijak adalah bersabar, bersyukur bahwa kita msih diberi kesmpatan hidup.  HIDUP PERLU PERUBAHAN MENJADI LEBIH BAIK, JANGAN BIARKAN WAKTU BERLALU PERCUMA.
Posting Komentar