DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 19 Maret 2013

Kata Bijak dari Orang Bijak oleh Maskatno Giri

Salah satu ulama besar yang memiliki sifat bijaksana adalah Imam Al Ghazali, Kebijaksanaan beliau semakin cemerlang karena beliaua tidak mudah keblinger dengan harta, wnaita dan pangkat. Beliau adalah teladan luar biasa dalam penegembangan ilmu dan pencerahan berpikir untuk orang lain.


Imam al Ghazali  menyebutkan bahwa salah satu ciri orang yang bijak adalah mampu mengendalikan diri, salah satunya dalam memenej kemarahan  dan hawa nafsu. Beliau menasihatkan bahwa jika kita mampu mengendalikan hawa nafsu dan amarah dengan cara latihan dan kesungguhan yang kuat, tentu kita akan bisa.

 Khalifah besar Ali bin Abi Thalib mengatakan, Pengetahuan adalah warisan yang mulia, budi pekerti ibarat pakaian yang baru dan pikiran ibarat cermin yang bening (jernih).

Ulama besar Hamka berpendapat tentang cinta, beliau mengatakan bahwa, cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji.

Kesuksesan bisa diraih setiap orang, kita perlu kreatif dan tidak mudah menyerah. Jangan pernah  kita melihat sukses itu dengan satu cara, lihatlah dengan cara yang berbeda atau bahkan dengan cara yang tidak pernah dikenal orang laian sebelumnya.

Posting Komentar