DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 05 Juli 2013

Ilmu Kepenulisan " Nekat Menulis"

Menulis itu gampang itulah nasihat yang kuperoleh dari beberapa penulis senior. Tentu, menulis itu gampang menurut yang sudah terbiasa dan bisa. Tapi, menurutku menulis itu tidak gampang. Sebab, kalau menulis itu gampang tentu setiap orang bisa menjadi seorang penulis. Buktinya   di negara kita masih miskin penulis.  Memang kalau cuma asal menulis, pasti gampang. kalau menulis yang berkualitas perlu proses panjang. Kalau asal tulis yang diniati sebagi proses pembelajaran seperti di blog pribadi millik Maskatno Giri ini tentu gampang. Pokoknya menulis modal nekat.

Walau Maskatno Giri sudah menghasilkan ratusaan artikel dengan modal nekat ternyata juga membawa berkat. Setidak-tidaknya berkat untuk akau sendiri. Dulu aku sering bengong, nggumunan dengan  para penulis. Kini aku sudah terbiasa dan tidak mudah nggumun. Menurutku segala sesuatu itu ada ilmunya. Termasuk di antaranya ilmu kepenulisan. Ilmu kepenulisan menurut Maskatno Giri sederhana saja "NEKAT MENULIS". "Nekatlah di situ ada berkah Tuhan" Itulah keyakinan Maskatno  Giri. Selama orang tidak mau nekat menulis, kapanpun mereka tak akan pernah menghasilkan karya. Menjadi penulis andal butuh kenekatan.

Tulislah apa yang ada dipikiranmu, pokoknya apa saja.Itulah nasihat dari seniorku yang lain. Dari pada bengong, mencari-cari kelemahan orang  lain, berburuk sangka dll., lebih efektif waktu dan bermakna jika diganti  dengan kegiatan menulis.  Setidak tidaknya menulis berarti berlatih berpikir positif dan jujur pada diri sendiri dan orang lain. Mampu menulis berarti memiliki kenekatan untuk berlatih jujur.



Posting Komentar