DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 03 Maret 2014

Sekilas Tentang Menjadi Penulis Modal Nekat

Aku, Maskatno Giri pernah ditanya dalam komunitas FB. “Mas  piye carane membuat artikel, pokoke bagaimana carane menjadi seorang penulis?”.

“EEEEh ehhh, aku itu bukan penulis top, aku baru menjadi penulis kelas RIKAT ( kelas teri tur nekat)!. Tanya kok kepada Maskatno Giri. Tanya saja kepada orang yang professional.  Baiklah  kalau engkau Tanya kepadaku,  terpaksa aku jawab jujur apa adanya saja”. “Critane ngene”.
Saat aku remaja  sampai aku tua juga sering bertanya kepada  beberapa penulis. Demikian juga aku sering membeli  banyak  buku yang berhubungan dengan kepenulisan. Hasilnya . Ternyata menulis itu tidak mudah. Apalagi menulis yang baik, runtut, angele  poooooool. Sampai suatu saat  aku hampir prustasi.

“Calon orang sukses kok prustasi. Tidak lah yau!”. 

Akhirnya, ada seorang  penulis yang bijak  menasihatiku. “Mas katno, nuliso terus. Idemu ki sering lompat-lompat ora urut. Lha ini ada terapi cara berpikir  urut .Carane melatih diri dengan menulis dan menulis.  Nanti kamu bisa menjadi penulis. 

Bener bro, akhirnya aku berlatih nulis dan nulis. Pokoke nulis, “MODAL NEKAT” . Sambil berjalan dalam latihan, aku juga  mengumpulkan tip-tp menjadi seorang penulis.


Keyakinanku, bahwa untuk menjadi   orang sukses   di segala bidang harus punya mantra dan doa. Seperti mantranya Maskatno Giri  “SING PENTING URIP TERUS NEKAT SAJA”.  Urip/ kehidupan harus disyukuri, kenekatan untuk maju adalah modal sukses.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang kusimpan untuk menjadi penulis yang sukses sejati rumusnya 6M, maksudnya bukan madep mantep melu moro tuo. Bukan itu. Tapi 6M kependekan dari:
1. Mulai Menulis
Keinginan menulis hanya akan berakhir menjadi keinginan bila Anda tidak juga mau memulainya dari sekarang. Oleh karena itu, mulailah menulis tentang hal apa saja yang menurut Anda menarik dari lingkungan sekitar Anda.
Bila Anda senang menulis cerita fiksi atau tentang yang lainnya, buatlah sesuai dengan keinginan Anda. Tulis seberapa pun yang Anda mampu dalam setiap harinya. Pelan-pelan Anda akan terbiasa menulis dan bisa mulai menentukan sasaran pembaca, tema penulisan, dan menyusun kerangka tulisan supaya enak dibaca nantinya.
2. Memaksa diri menulis dan menulis
Semakin sering Anda menulis, maka semakin terlatih juga kemampuan Anda dalam menulis. Untuk menjadi penulis yang produktif, buatlah target menulis dan biasakan diri, contohnya menulis berapa lembar dalam setiap harinya.
3. Membaca  dan Menulis
Ada pepatah yang berbunyi bahwa membaca itu adalah jendela dunia. Dengan membaca Anda dapat memperoleh banyak ide untuk menulis. Oleh karena itu, sering-seringlah memperkaya pengetahuan inspirasi dari aneka bacaan.
4. Mencatat inspirasi secepat mungkin
Inspirasi itu datangnya tiba-tiba tanpa kita ketahui kapan waktunya. Oleh karena itu, siapkan buku atau media catatan lainnya ke mana pun Anda pergi. Jadi, saat Anda mendapat inspirasi bisa langsung dicatat pada media tersebut untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah cerita atau suatu tulisan.
5. Memiliki  Komunitas kepenulisan
Jangan ragu untuk bergabung ke komunitas-komunitas penulis. Di sini Anda dapat bertukar pengalaman, mengikuti berbagai pelatihan, serta dapat lebih dekat dengan penerbit.
6. Mengirim Tulisan
Cobalah mengirim tulisan Anda ke media atau langsung ke penerbit bila Anda telah menyelesaikan sebuah tulisan. Bila tulisan Anda belum dimuat atau belum diterima oleh penerbit, jangan berkecil hati dulu. Jadikan hal tersebut sebagai bahan pembelajaran untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam tulisan Anda.

Demikian semoga bermanfaat. Jangan lupa “SING PENTING URIP  DAN NEKAT SAJA”. ” SALAM SUKSES SEJATI
Posting Komentar