DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 31 Mei 2014

Menulis Itu Gampang?

"Nekat is the best" Itulah motto hidupku. Dengan modal nekat   aku menulis  artikel, karya ilmiah dan coba-coba nekat  menulis buku. "Yen ora nekat ora bakal kelakon".


Menurutku untuk menghasilkan karya perlu nekat. Masalah bagus dan tidak,  pasti berproses. Aku sadar karyaku belum bagus. Aku masih merasa kesulitan  dalam menghasilkan karya yang bagus. Aku juga heran dengan karya penulis hebat. Caranya bagaimana ya  agar  bisa menghasilkan karya yang bagus? Bahkan di antara penulis hebat tersebut adalah orang cacat.

Di tengah-tengah aku  melamun. Ada teman  seprofesi  mendekatiku, membaca karyaku sekilas  dan nyletuk, "Sebetulnya  gampang menulis cuma sepert ini, tinggal  membaca  dan menuliskannya, sebetulnya aku juga bisa".

"Menulis itu gampang?, Aku berjuang bertahun-tahun menulis buku catatan harian, berlatih keras, menghabiskan banyak kertas. Waktu dan tenaga terkuras. Itu saja aku  belum bisa menghasilkan karya yang bagus. Mungkin ini karena kelemahan dan kebodohanku.  Kok ini ada seseorang ngomong  bahwa berkarya lewat tulisan  itu gampang.". Aku menjawab dalam hati. Jangan negatif dulu. Mungkin saja benar ya, aku yang belum tahu tekniknya.

Sebetulnya batinku protes,"Ngomong  dan berteori itu gampang bu? Sing penting praktiknya!. Mana karya ibu? Tunjukkan  saja contoh tulisannya dan teknik menulis yang baik itu bagaimana.  Biar kita bisa belajar berbagi pengalaman. Jangan hanya bilang gampang-gampang gitu to!".

Oh ya, aku pernah lomba menulis saja  terasa sangat berat. Peras keringat, tenaga dan pikiran, masih dibantai habis-habisan oleh  juri. Ditambah lagi  aku tidak mendapat pengganti biaya   kertas. Sekali lagi menurut pengalamnku menulis  yang baik itu sangat sulit, dan  aku masih perlu butuh proses panjang. Memang menurut tulisan dari pengalaman beberapa penulis. Mereka rajin dalam belajar, dan tidak kenal menyerah dalam  berkarya.

Saat ini aku masih berpikir sampai usia kapan ya, aku bisa berkarya dengan hasil yang bagus. Lebih mudah  memang menjadi pembaca saja dari karya orang lain.  Dan lebih enak lagi tidak membaca dan tidak pernah menulis.

Pokoknya aku harus nekat menulis. Karena ini bisa dijadikan sarana beribadah. Melalui tulisan kita berbagi. Melalui blogku ini aku belajar menulis. Aku memotivasi diri. Dan syukur-syukur  karyaku di blog ini bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain. Tentu ini suatu pahala bagiku.
Posting Komentar