DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 04 Agustus 2014

Tiada Bosan Belajar Bahasa Inggris

Semoga tiada bosan belajar berbahasa Inggris, walau sering melakukan beberapa kesalahan. Saya pikir normal-normal saja karena bahasa nasional kita kan bukan bahasa Inggris.

Berikut ini ada beberapa kesalahan entah dalam bahasa lisan maupun tulisan. Beberapa kesalahan berikut ini  telah sering dibahas di dalam banyak buku, juga kesalahan berikut  juga sering dibahas oleh beberapa  guruku dan sobatku  salah satunya ditulis oleh bapak Ahmad Rifai.

Affect vs Effect. Yang perlu Anda ketahui mengenai Affect dan Effect adalah, Affect berarti mempengaruhi atau to influence. Contoh, your advice affects my life = Nasihatmu mempengaruhi kehidupanku. Sedangkan Effect berarti pengaruh dari sesuatu atau result. Contoh, The effect of your learning technique is quite good.= Efek dari teknik pembelajaranmu sangatlah bagus.

Kesalahan koma. Kesalahan koma bisa membuat kalimat anda disalahartikan. Ketika Anda menulis, let’s eat grandma dan let’s eat, grandma, tentu saja kalimat kedua merupakan kalimat yang jauh lebih sopan. Kemudian, kalimat pertama akan diucapkan seperti sebuah kalimat perintah. Koma memberikan sense yang lebih baik kepada kalimat anda, tanda ini bisa membuat kalimat menjadi lebih lambat dan nyaman untuk diucapkan.

Advice vs Advise. Advice artinya nasihat atau berbentuk kata benda. Contoh, your advice is useful = Nasihatmu sangatlah berguna. Sedangkan advise berarti menasihati atau kata kerja. Contoh, You must advise him = Kamu harus menasihatinya.

Their, They’re, There. Merupakan kesalahan grammar bahasa Inggris yang paling banyak terjadi. Their sama dengan kepemilikan. Contoh, I like their house. = Saya menyukai rumah mereka. They’re ditulis ketika anda ingin mengucapkan they are. Contoh, They are so funny. = Mereka sangat lucu, sedangkan there merupakan kata yang menunjukkan lokasi (disana). You can wait for me there. = Kamu dapat menungguku disana.
Boring. Boring pada dasarnya bukan bosan. Ketika anda berkata, saya boring, berarti artinya saya membosankan. Gunakan bored untuk menyebutkan saya bosan. Jadi, kalimat yang benar adalah I am bored bukan I am boring.

Your vs You’re. Your adalah kepemilikan, your pen = pulpenmu, your child = anakmu, your bag = tasmu. Sedangkan You’re digunakan untuk kata you are. Contoh, You are not alone.

Me vs I. Sejatinya, mudah saja dalam menentukan penggunaan me dan I. Me digunakan sebagai objek, sedangkan I anda gunakan sebagai subjek. Sebagai contoh, He gives a lot of money for my wife and I.kalimat tersebut tidaklah tepat karena I berperan sebagai objek, seharusnya gunakan me.

Tanda titik setelah kalimat. Seringkali orang melupakan tentang pemberian tanda titik setelah kalimat. Padahal, hukumnya wajib memberikan tanda titik, karena kalimat tanpa tanda titik, maka bukanlah disebut kalimat. Itu hanya sebuah frase.

It’s vs Its. It’s merupakan frase singkat dari It is. Contoh, It is a dog, It is a new table, dan it is a new member. Sedangkan Its adalah possessive pronoun yang artinya sama dengan miliknya. Contoh, I take its battery = saya mengambil baterainya. Akhiran “nya” merupakan representasi dari sebuah benda misalnya laptop, maka baterainya berarti baterai laptop. 

Then vs Than. Then artinya kemudian, sedangkan than artinya daripada. Contoh, You cleaned the floor, then you went to her house = Kamu membersihkan lantai, kemudian kamu pergi kerumahnya. Sedangkan than biasa digunakan dalam kalimat comparative atau perbandingan. Contoh, You are taller than my father = Kamu lebih tinggi daripada ayahku.

Posting Komentar