DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Kamis, 18 September 2014

Belajar Kreatif Menuju Bahagia

Mungkin para  pembaca Maskatno Giri's Motivational blog bertanya-tanya? Apakah kreativitas bisa dilatih?  Lalu apa keuntungan menjadi pribadi kreatif dan bagaimana tip untuk melatih kreativitas kita? 

Baik, pertanyaan yang pertama jawabannya  kreativitas pasti  bisa dilatih, namun itu tidak akan terjadi  secara instant.  Jawaban kedua, bahwa menjadi kreatif berarti  mudah menjalani hidup dengan bahagia. Teringat pada nasihat Cak Nun: salah satu cara bersyukur adalah berkreatif ria menjadi penghibur diri sendiri, JADILAH DIRI SENDIRJANGAN SUKA MEMBANDINGKAN DIRI KITA DENGAN ORANG LAIN. Itulah cara bahagia sebagai rasa Syukur.  

Jujur saja bahwa aku sendiri (baca: Maskatno Giri)  ingin bahagia, dan  modal yang kumiliki hanya "modal nekat berkreativitas". Kalau modalku yang lain modal di bawah standar: wajah  pas-pasan, cerdas pas-pasan, harta juga pas-pasan.  Sudah kubuktikan bahwa  dengan modal  pikiran kreatif kita bisa menghibur dan menotivasi  diri kita sendiri. 

Pertanyaan yang ketiga untuk menjadi kreatif, setidak-tidaknya mengikuti tip 10M menuju pribadi kreatif.

Inilah buah dari aku mengikuti pelatihan motivasi berkreatif,  di sini aku berbagi  tip    menuju  pribadi  kreatif. "Yen ora bolo ora tak kandani":

1. Melakukan sesuatu yang berbeda
Melakukan pekerjaan yang sama secara terus-menerus lama kelamaan akan membuat Anda merasa jenuh. Selain itu pengetahuan dan keterampilanmu hanya terbatas di pekerjaan itu saja.
2. Membangun komunikasi positif dengan banyak orang
Jangan sampai kita menjadi kuper alias kurang pergaulan. Apa ada hubungan antara kreativitas dengan berkomunikasi dengan banyak orang? Tentu saja ada. Komunikasi seringkali memunculkan ide-ide yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.
3. Membaca
Intensitas membaca yang tinggi akan meningkatkan pengetahuanmu terhadap berbagai macam hal. Koran, buku, majalah, portal berita online, dan ebook adalah contoh-contoh bacaan yang bisa bermanfaat bagi Anda. Banyaknya wawasan dan pengetahuan yang Anda miliki akan sangat meningkatkan kreativitasmu juga.
4. Menyediakan waktu untuk sendiri
Suasana dan tempat yang tenang membuat kita mampu berpikir dan berkonsentrasi. Sebaliknya jika Anda mengerjakan sesuatu sambil menyalakan TV atau berbicara dengan orang lain, itu akan mengalihkan pikiran dan Anda tidak akan bisa bekerja secara efektif.
5. Memupuk rasa selalu ingin tahu terhadap apapun
Membangun ketrampilan dan kreativitasmu itu penting. Perlu diniatkan bahwa Anda  selalu memiliki keingintahuan yang kuat terhadap segala hal. Mengapa dan bagaimana jika adalah pertanyaan bagus untuk meningkatkan kreativitas. Lama kelamaan Anda bisa menghasilkan atau menemukan sesuatu yang belum pernah dihasilkan atau ditemukan oleh orang lain.
6. Menuliskan apa saja yang ada di pikiran
Saya, Maskatno Giri adalah seorang blogger. Saya memiliki suatu kebiasaan yang sangat membantu untuk melatih kreativitas saya yaitu menulis di blog sebagai buku harian. Aku juga sering membawa buku tulis dan bolpen untuk mencatat banyak hal atau ide-ide kreatif.
7. Mengamati sesuatu yang dikerjakan orang lain
Kreativitas juga dapat dibangun dengan mempelajari apa yang dilakukan oleh orang lain. Dari situ Anda bisa mendapatkan inspirasi dan ide-ide untuk membuat karyamu sendiri. Watch and learn from the best!
8. Menantang diri  sendiri
Anda harus selalu mau untuk mengembangkan diri dan tidak mau berlama-lama di zona nyaman untuk menjadi orang yang kreatif. Saya, Maskatno Giri adalah seorang pegawai, namun kini sudah merintis kewirausahaan. Inilah tantangan untuk saya sendiri. Jika Anda sudah bertahun-tahun menjadi seorang pegawai, mengapa tidak mencoba untuk mengembangkan usahamu sendiri?
9. Meluangkan waktu untuk beristirahat dan  santai
Bekerja dalam waktu yang lama sangat menguras tenaga dan pikiran. Di saat-saat jenuh seperti itu, Anda tidak akan bisa berpikir jernih dan bekerja secara efektif. Anda akan selalu bergelut dengan rasa penat.  Kita perlu istirahat. Saat pikiranmu sudah fresh, itulah saat yang tepat untuk berkreatif lagi.
10. Membangun kepercayaan yang positif
Kepercayaan bahwa semua masalah bisa diselesaikan adalah sikap yang baik untuk meningkatkan kreativitas. Ide dan kegiatanmu boleh saja dianggap remeh oleh orang lain, namun jika Anda sudah yakin terhadap apa yang Anda kerjakan, tetap lakukan dan buktikanlah! Kreativitas justru akan berkembang pesat ketika seseorang berada dalam keadaan yang tidak baik jika ia mampu untuk tetap optimis.

Itulah 10 tip  menjadi kreatif yang  sudah  saya coba praktikan. Walau hasilnya belum maksimal, saya sudah merasa beda dengan yang dulu. setidak-tidaknya buah kreatifku aku mampu membuat blog motivasi (Maskatno Giri's blog) . Selamat mencoba-coba yang positif menjadi pribadi kreatif untuk menyambut sukses sejati.

Salam sukses sejati.
Posting Komentar