DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Rabu, 28 Januari 2015

Rejeki yang Tidak Pernah Berhenti Mengalir

Ingat Allah! Ingat kepada  sang Maha Pemberi rejeki. Lalu, kita tidak akan menyimpulkan bahwa namanya rejeki hanya sebatas uang atau harta benda. Jelas bukan hanya sesempit itu.

Rejeki dari Allah SWT telah disebar untuk  semua makhluqNya  tanpa kecuali. Bahkan semut hitam kecil berada di atas batu hitam dan gelap, Allah telah menjamin rejeki untuk semut tersebut.

Kita manusia yang telah dilengkapi oleh Allah SWT berbagai perangkat, tentu tidak pantas untuk pesimis dalam menyambut datangnya rejeki dari Allah SWT. 

Kita mestinya semakin yakin bahwa rejeki Allah tidak akan pernah berhenti mengalir. Namun, kita juga  harus tahu diri: atas kuasaNya.  Kita terkadang, bersangka buruk kepada Allah, atau terkadang kita belum ikhlas dalam menerima ketentuan  dari Nya. Mungkin  lebih jauh lagi kita baru dicoba oleh Allah atas sempitnya rejeki. Mungkin saja kita  memang belum  pas atau layak mendapat kucuran rejeki yang melimpah dari Allah SWT. Pokoknya kita harus sabar. 

Berkenaan dengan  rejeki , ada beberapa tingkatan cara yang diberikan oleh Allah SWT  kepada manusia:

1. Rejeki yang dijamin oleh Allah SWT .
"Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rejekinya." (QS. 11: 6)
Artinya Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Ini adalah rejeki dasar yang terendah.
2. Rejeki karena panen dari yang kita tanam
"Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya" (QS. 53: 39)
Allah akan memberikan rejeki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Jika ia bekerja dua jam, dapatlah hasil yang dua jam. Jika kerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih sungguh-sungguh, ia akan mendapat lebih banyak. Tidak pandang dia itu muslim atau kafir.
3. Rezeki karena buah kesyukuran
“... Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.." (QS. 14: 7)
Inilah rejeki yang disayang Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah & mendapat rejeki yang lebih banyak. Itulah Janji Allah! Orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia, sejahtera & tentram. Usahanya akan sangat sukses, karena Allah tambahkan selalu.
4. Rejeki khusus  untuk manusia spesial
".... Barangsiapa yg bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rejeki dari arah yg tiada ia sangka-sangka. Dan barangsiapa yg bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS.Ath-Thalaq/65:2-3)
Posting Komentar