DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Kamis, 05 Maret 2015

Rumus 5B 5M Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Sudah kuceritakan beberapa kali, bahwa "modal nekat" adalah bekal utama untuk menjalani kehidupanku. Kalau tidak nekat, kapan bisa berubah. Nekat untuk berkreatif, nekat untuk menulis, dan nekat berusaha menjadi  lebih baik. Kalau cuma iri dengan orang lain, justru akan memperparah keadaanku.

Setelah  melalui proses perenungan,  meditasi (maksudnya: berdzikir), melamun sambil berpikir, membaca-baca dari  berbagai cerita, aku memutuskan untuk menulis 10 cara menghibur diri sendiri   menuju hidup lebih berarti dengan rumus 5B,5M
  1.  Bersyukur – Allah SWT telah melimpahkan kenikmatan yang luar biasa kepada kita. Kadang kita   lupa betapa banyak yang telah kita terima dalam hidup ini. Sebenarnya, menyadari rahmat yang kita terima justru akan membawa warna cerah dalam kehidupan itu sendiri.
  2.  Berbuat baik  saat ini juga – Adakalanya saat menginginkan perubahan, kita ingin mengubah segalanya secara menyeluruh. Daripada mengubah secara keseluruhan, lebih baik perbaiki setahap demi setahap.
  3. Berbincang Dengan Diri Sendiri – Diantara seminggu penuh waktu,   kita   beraktifitas, kita mestinya  berusaha meluangkan  untuk merasakan kedekatan dengan diri sendiri. Kita  berusaha mendengarkan secara seksama kata hati. Kalau aku sering menuliskannya apa yang ada di benakku dalam blogku. Di sini aku  merasa kaget saat mengetahui betapa kerasnya aku terhadap diri sendiri.
  4. Berhenti Membandingkan – Sudah sewajarnya jika kita  melihat orang lain sebagai tolok ukur, tapi kita  tidak perlu   membandingkan kehidupannya dengan kehidupan  diriku sendiri. Membandingkan hubungan dengan pasangan, pekerjaan yang kita  miliki dengan apa yang dimiliki orang lain hanya akan memukul keras harga diri
  5.  Berfokus Pada Diri Sendiri –  Perlu kita  menumbuhkan kesadaran kalau kita  tak dapat mengubah orang lain, tapi kita  bisa mengubah diri sendiri.
  6.   Menghibur Diri –kita  pikir tidak perlu menunggu-nunggu hiburan dari orang lain. Kita harus kreatif dalam menghibur diri.
  7.  Menasihati Diri Sendiri – Kebanyakan orang cenderung lebih mahir menyelesaikan permasalahan orang lain dari pada mengatasi masalahnya sendiri. Kita seharusnya  mampu sebagai penasihat diri sendiri.
  8.  Mengutamakan Diri Sendiri – Jika kita terlalu sering menempatkan kepentingan diri sendiri diurutan terakhir, kita bisa berfrustasi pada akhirnya. Sebaiknya sekali-kali  kita melakukan sesuatu untuk diri sendiri.
  9. Meminta Dukungan Dari Teman – Kita memang tak selalu berhasil mempertahankan semangat. Alangkah baiknya jika kita meminta bantuan teman untuk mememberi dukungan. Ceritakan pada teman terpercaya! Jika kita sedang memperbaiki sikap, biarkan teman dia memberikan dukungan sekaligus pelatihan.
  10. Menikmati Proses – Tujuan dalam hidup memang sebuah titik penting untuk dicapai. Tapi terpancang pada hasil justru membuat kita mengabaikan proses.Kita perlu berniat untuk menjadi manusia  yang baik, juga harus sabar dalam menjalani proses tersebut. ....Semoga Bermanfaat.....dan SALAM SUKSES SEJATI!
Posting Komentar