DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 23 Mei 2015

Bahan Pembelajaran HOLISTIC

Telah difirmankan oleh Allah SWT bahwa barang siapa yang ingin  memiliki derajad yang mulia di hadapan rabbnya dan di mata manusia, mereka harus  berilmu. Itulah kurang lebih inti dari ayat dari Surat  Al-Mujadalah [58] ayat 11:......... niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Selanjutnya   terserah kita, mau setingkat apa derajat kita. Yang pasti Allah SWT telah  membentangkan  sumber pembelajarn hidup yang bersifat holistik. Sumber pemebelajaran tersebut adalah berupa  ayat  qauliyah dan kauniyah.

Namun, perlu kita ketahui apakah  pengertian  ayat  quliyah dan kauniyah itu. Ayat-ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an. Ayat-ayat ini menyentuh berbagai aspek, termasuk tentang cara mengenal Allah swt.

Sedangkan ayat kauniyah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh AllahSWT . Ayat-ayat ini adalah dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan sebagainya yang ada di dalam alam ini. Oleh karena alam ini hanya mampu dilaksanakan oleh Allah SWT dengan segala sistem dan peraturanNya yang unik, maka ia menjadi tanda kehebatan dan keagungan Penciptanya.

 Quran Surah Nuh (41): 53 Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

Akhirnya kita bisa refleksi diri, bila kita masih bermalas-malasan belajar, akankah kita menjadi manusia yang  baik menurut pandangan Allah SWT? Selanjutnya terserah kita. Allahu a'lamu bishawab. Salam sukses sejat
Posting Komentar