DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 09 Mei 2015

Memori Yang Menjadi Sumber Energi

Baru saja mendapat pencerahan dari kajian on line:
..................... Seandainya aku melakukan ini dan ini tentu hasilnya akan begini dan begini. Akan tetapi katakanlah : " Ini adalah takdir Allah, apa yang di kehendaki- Nya pasti terjadi." Sebab berandai - andai itu dapat membuka pintu kejahatan setan."  ( Hadits riwayat Muslim (6945) dari Abu Hurairah )

Aku terkadang tanpa sengaja berandai-andai , mengingat-ingat atau mengundang kenangan pahit di masa lalu. Kenangan pahit  di sini bisa berupa munculnya musibah, aib diri, kelemahan diri dll. Dan inilah yang  terkadang mengganggu pikiranku. Aku pun juga bertanya-tanya: untuk apa aku mengingat-ingat kenangan  masa lalu kalau cuma  mengundang rasa pilu. Buntutnya banyak energi terbuang sia-sia. Bisa juga  aku menjadi lemas dan kurang berdaya dalam menjalani hidup.

Kita terkadang bisa merasa beruntung jika menemukan motivator yang pas yang mengajak untuk "move on dan move on": melupakan  masa lalu dan tetap optimis menyambut masa depan. Namun, bila kita kurang mendapat siraman motivasi, dampaknya kita bisa semakin galau dan terpuruk.

Sebenarnya bagi orang yang idealis kreatif, di suatu kesempatan orang tersebut yang pernah mengalami pengalaman pahit atau mungkin  terpuruk, orang  kreatif tersebut  mampu menjadi motivator untuk dirinya sendiri dan akan mengatakan: "Aku yakin, memori masa lalu sebenarnya dapat menjadi sumber energi. Semoga ini cukup aku saja yang mengalami pengalaman pahit. Sejujurnya walau  aku kesulitan  untukk bisa melupakan masa lalu, tapi aku bukan orang lemah yang tak mampu bangkit. Pengalaman masa laluku kujadikan  nyawa dan energi  untuk bangkit dan aku harus tegar , optimis dalam menyambut masa depan.  Aku bisa. Yes aku bisa.Tak ada manusia sempurna. Setiap orang  memiliki kelemahan, aib dan kekurangan. Aku  harus bisa menjadi  sang pemaaf bagi kelemahan diri, aku harus bisa  menjadi mtivator bagi diriku sendiri".  Akhirnya orang kreatif tersebut tidak hanya mampu memotivasi diri sendiri tapi mampu memotivasi orang lain. Salam sukses sejati untuk diriku sendiri!

Posting Komentar