DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 10 Agustus 2015

Hikmah Kepramukaan ( Blessing in Disguise of Scouting)

Bahagia rasanya, selama dua hari  dua malam; Kamis - Sabtu , 6 - 8 Agustus 2015, aku  beserta staf pengajar SMA N 1 Girimarto mengikuti kegitan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan tersebut dikenal dengan istilah Kemah Orentasi Kepramukaan 2015. Kegiatan ini berlangsung di lerengn gunung Lawu bagian selatan. Peserta kegiatan kemah didomnasi ratusan siswa baru SMA N 1 Girimarto, sedangkan panitia utama adalah para senior kelas XI dan XII, sedangkan para guru sebagai panitia pendamping.

Setelah melalui perenungan dan  pengamatan, kami bisa merasakan berbagi manfaat mengikuti kegiatan kepramukaan, yaitu:
  • Kepramukaan berarti  belajar tentang pendidikan keagamaan (penginkatan ketaqwaan kepada Allah SWT) , pendidikan teknologi tepat guna, pendidikan jasmani dan kesehatan, pendidikan tentang alam, sosial dan lain sebagainya. Bahkan secara langsung dipraktekan oleh setiap anggota pramuka sesuai dengan tingkatan dari pramuka itu sendiri.
  • Melalui kepramukaan,  eksplorasi bakat lebih tergali. Kepramukaan berarti  menghargai setiap bakat dan kreativitas. Ini semua   harus dikembangkan, dan pramuka adalah wadah yang selalu siap sedia memberikan upgrading pada bidang kreativitas pada berbagai event di pramuka seperti pelatihan broadcasting, photography, internet, dan berbagai kerajinan tangan lainya.
  • Kepramukan berarti penemuan  karya, berpikir untuk menjadikan bahan yang kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat. Setiap pramuka diajak berpikir inovatif menciptakan teknologi tepat guna pada tingkatan khusus
  • Kepramukaan mendidik kepekaan rasa kekeluargaan. Perasaan ini  lebih terasa dan sangat kokoh terbangun di Pramuka, hangatnya salam pramuka yang bergema di bumi perkemahan pramuka menjadi salah satu simbol bahwa pramuka dengan mudahnya menyatu dengan mentoleransi perbedaan agama, suku dan kebudayaan yang ada.
  • Kegiatan kepramukaan  adalah  belajar   nasionalisme, mengenal dan bergabung dengan pramuka berarti berkesempatan berkenalan dengan Indonesia .
  • Kegiatan kepramukaan  membiasakan kegitan  baik, mulai dari tradisi musyawarah untuk menemukan solusi hingga tertempa menghadapi berbagai problema yang sulit untuk dipecahkan. Pramuka yang baik sudah tidak diragukan lagi menjadi calon pemimpin.
  • Kegiatan kepramukaan  adalah belajar cara beradaptasi yang baik dengan berbagai komponen dan golongan masyarakat. Dengan pendidikan yang ada, pramuka akan menjadi orang-orang yang disenangi di mana saja, bahkan menjadi orang dengan kehadiran yang ditunggu untuk perubahan.
  • Kegiatan pramuka secara umum adalah kegiatan pesta untuk kebersamaan, kegiatan bakti untuk pengabdian, kegiatan kompetisi untuk mengasah kemampuan, kegiatan pelatihan untuk meningkatkan taraf pemahaman, kegiatan cross culture understanding untuk melatih nilai nasionalisme keberagaman, dan kegiatan wisata untuk merasakan indahnya alam dan memberi kesadaran menjaga alam sekitar.

Posting Komentar