DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 10 Oktober 2015

Pembuatan Komik Bahasa Inggris Bertema "My Study My Adventure" di SMAN 1 Girimarto


Alhamdulillah, sebagai teman belajar siswa  SMAN 1 Girimarto mendapat kesempatan mendampingi mereka untuk menghasilkan  karya kepenulisan  komik berbahasa Inggris dengan tema MY  STUDY MY ADVENTURE.


 My Study My Adventure adalah batasan tema untuk dikembangkan menjadi karya komik berbahasa Inggris. Di bawah ini salah satu hasil karya siswa SMAN 1 Girimarto


Sebagai bahan inspirasi berikut ini dokumentasi dan sebagia proses pembuatan komik bserta teorinya:


Sebagai pembelajaran diri dan memotivasi, Maskatno Giri mau berbagi tentang modal  pembuatan komik:
·  Ide/konsep
Setiap komik diawali oleh ide/konsep. Ide/konsep itu bisa berupa pertanyaan, seperti " Di mana letak keasyikan dalam pembelajaran  . Semua itu bisa saja menjadi dasar sebuah komik.
·  Kepenulis/cerita
Sekelompok orang  atau pribadi ini membuat keseluruhan cerita dan dialog yang ada dalam komik. Akan lebih mudah bila penulis memunyai ide atau konsep sendiri, tetapi ini bukanlah suatu keharusan. Penulis akan memberikan dasar struktur, ritme, seting, tokoh, dan plot yang digunakan pada komik. Kadang-kadang cerita itu benar-benar sempurna, termasuk latar dan karakter yang ada pada cerita tersebut. Atau bisa pula penulis memberikan dasar alur cerita, kemudian dialognya akan disusulkan.
·  Ilustrator (penciller)
Ketika cerita atau alur cerita selesai dikerjakan, selanjutnya adalah tugas ilustrator (penciller). Ia menggambarkan  cerita yang ada. Ia bertangung jawab pada seluruh tampilan komik, juga menjadi bagian penting seluruh proses pembuatan komik sebab komik sering dinilai berdasarkan hasil kerjanya.
·  Penulisan skenario 
Tanpa kata-kata untuk memperdalam cerita, pembaca akan kebingungan. Dalam tahap ini, penulis skenario membubuhkan kata-kata, efek gambar, judul, tulisan di bawah gambar, serta kata-kata dan pikiran dalam awan/gelembung. Kebanyakan kata-kata ditulis  dengan komputer.
·  Editorial
Dalam proses ini, editor mengawasi kualitas produksi. Bila terjadi kesalahan, mereka mengembalikannya kepada pembuatnya atau orang lain untuk membenarkan kesalahan yang ada, bahkan kadang-kadang memperbaikinya sendiri. Editor adalah baris pertahanan terakhir untuk menemukan kesalahan dan meyakinkan bahwa komik ini adalah suatu komik yang berkualitas.
·  Pencetakan  
Saat komik selesai dikerjakan, itu berarti waktunya untuk dicetak. Biasanya dicetak, kadang-kadang dibuat digital. Mesin cetak yang digunakan dipilih khusus dan disewa untuk mencetak komik-komik tertentu. Kadang-kadang hanya dalam beberapa minggu saja, komik-komik dapat dicetak dan siap dinikmati  pembaca syukur-syukur bisa dipasarkan/ dijual.

Terinspirasi dari  : Pelitaku Sabda.com


Posting Komentar