DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 14 Maret 2016

Kebiasaan Orang Bermental Positif

Belajar tiada henti, agar kita  memiliki mental yang baik dalam kehidupan. Berikut  ini  kutulis ulang 9 kebiasaan orang yang bermental positif sebagai bahan refleksi. Sumber tulisan dari Republika.com yang telah kurangkum. Kebiasaan penting ini  semoga  bisa membantu kita dalam menghadapi setiap tantangan atau kesulitan.

1. Mampu melihat hal-hal yang obyektif.
Ada pepatah dalam filsafat kuno Stoicisme, "Tidak ada yang baik atau buruk, hanya ada persepsi," yang kemudian bergema seiring terkenalnya Shakespeare, "Tidak ada yang baik atau buruk, tapi berpikir membuatnya begitu."

Ryan Holiday menemukan bahwa ketangguhan mental datang ke tiga hal: persepsi, tindakan, dan kemauan.

2.Melrasa  berhak bahagia
Kita semua layak mendapatkan kebahagiaan, tapi kita tidak bisa hidup bebas dari rintangan atau kemunduran. Berhak -berpikir bahwa kita pantas untuk mendapatkan apa yang kita inginkan setiap waktu.

3. Menjaga konsistensi .
Kekuatan mental tidak  hanya   selalu merasa bahagia karena, kekuatan mental sebenarnya adalah bagaimana  menjaga  mental istiqomah dalam kebaikan  agar  tetap stabil di manapun dan kapanpun.

4. Berniat  bahagia sepanjang waktu.
Keasyikan berlebihan dengan kebahagiaan sebenarnya dapat menyebabkan sikap yang tidak sehat terhadap emosi negatif dan pengalaman. Orang mental kuat jangan mencoba untuk menghindari emosi negatif, namun, menerima emosi baik positif maupun negatif dan membiarkan perasaan yang berbeda itu hidup berdampingan adalah komponen kunci dari ketahanan mental.
5. Tetap  optimistis dan realistis.
Orang mental tangguh membuat kebiasaan segera bangun setelah mereka terjatuh. Alih-alih menjadi marah, merasa putus asa, dan menyerah dalam menghadapi rintangan, mereka mengambil kesempatan untuk mengenakan topi berpikir mereka dan datang dengan solusi kreatif untuk masalah yang dihadapi.

6. Hidup di saat ini.
Daripada kita hadir  pusing-pusing  memikirkan masa lalu atau mengantisipasi masa depan. Lebih baik  kita  fokus melakukan hal yang terbaik saat ini.

7. Gigih dalam mengejar tujuan
Kita semua telah mendengar cerita inspiratif dari orang-orang yang sukses yang berhasil mengatasi kesulitan yang signifikan dan kegagalan untuk sampai ke sana. Intinya kita harus gigih dalam menjalani berbagai kesulitan hidup.

8. Tahu kapan saatnya untuk melepaskan.
Seseorang yang kuat mental bisa mengatakan kepada diri sendiri, "Saya mencoba semua yang saya bisa dalam situasi ini, dan sekarang aku bisa membiarkannya pergi," kata Holiday. Sama pentingnya dengan ketekunan adalah kemampuan untuk mengenali bahwa  kita dapat mengontrol   tindakan kita  sendiri .

Kita membutuhkan kekuatan, tekad dan ketekunan, tetapi ini bukan jawaban dalam setiap situasi. Orang kuat mental hidup dengan do'a bahwa mereka mengubah apa yang bisa mereka kontrol, menerima apa yang mereka tidak dapat mengontrol, dan mengetahui perbedaan antara keduanya.".
9. Mencintai hidup

Fati Amor adalah istilah Latin yang berarti "cinta takdir," sebuah konsep yang berasal dari Yunani kuno dan Romawi Stoic filsuf yang kemudian muncul kembali dalam karya Nietzsche. Dan itu mungkin satu kunci yang paling penting untuk kekuatan mental.

"
Posting Komentar