DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 15 Juli 2016

Don't Worry ! Be happy! Ada Misteri Tentang Kesuksesan

Memotivasi diri dan  menghibur diri, alhamdulillah mendapat ide menulis sebagai tambahan pencerahan. Terhibur? Jelas. Bagi aku sendiri memotivasi diri sangat penting. Tak bisa menghindari kenyataan hidup. Aku cuma bermodal pas-pasan: wajah pas-pasan,  tinggi pas-pasan, ekonomi pas-pasan dan  prestasi akdemikpun juga pas-pasan.

Setelah membaca berbagai referensi, akhirnya aku mendapat hiburan intinya: TIDAK USAH BERKECIL HATI BROW!. Yang Maha SEMPURNA-CERDAS, KAYA, INDAH DDL HANYA ALLAH.  Kita manusia sangat -sangat kecil sekali. Kita hanya  mampu mengira-ira dan berandai-andai. Allah lah yang Maha Tahu dan Kuasa.

Demikian  juga  masalah  modal hidup sukses. Yang diketahui manusia kebanyakan adalah bahwa orang yang  ber IQ tinggi akan lebih sukses, Orang yang ber IPK dan  nilai rapor ynag bagus -pasti lebih sukses! Eeeeh ternyata  orang yang ber nilai akademik tinggi  belum tentu lebih sukses. Suau kenyataan yang terjadi dalam kehidupan bahwa banyak yang berprestasi di sekolah ternyata tidak dapat berpresati dalam masyarakat. Ada yang IP-nya tinggi, ternyata bekerjanya biasa-biasa saja. 

Sebaliknya ada orang yang prestasi di  kampus atau sekolahnya biasa-biasa saja, ternyata dia memiliki prestasi besar dalam kehidupannya. Ada yang jadi miliuner, bos, menejer, pebisnis ulung,  penulis,  kyai, dan lain sebagainya. Bahkan seringkali mengalahkan teman2nya yang memiliki prestai akademik yang baik. Inilah kenyataan, mungkin terasa  membingungkan. 

Lalu, sebenarnya apasih yang menyebabkan orang itu sukses?
 
Dari survey yang sangat terkenal di Amerika, ternyata ada banyak factor lain yang menentukan keberhasilan seseorang. IQ bukanlah segala-galanya.

Berikut adalah hasil survey yang dilakukan oleh Thomas J. Stanley, Ph.D yang ditulis dalam buku The Millionaire Mind. Survei ini dialakukan di Amerika dengan total 1.001 responden. Dari  hasil survey, akhirnya  Thomas J. Stanley, Ph.D mengurutkan daftar faktor Sukses:
1. Bersikap jujur kepada semua orang
2. Mempunyai disiplin yang baik
3. Pintar bergaul
4. Mempunyai pasangan hidup yang mendukung
5. Bekerja lebih keras daripada orang lain
6. Mencintai karier/bisnis
7. Memiliki kualitas kepemimpinan yang baik dan kuat
8. Memiliki semangat/kepribadian yang sangat kompetitif
9. Mengatur hidup dengan sangat baik
10. Memiliki kemampuan untuk menjual ide atau produk
11. Melakukan investasi dengan biajaksana
12. Melihat peluang yang tidak dilihat oleh orang lain
13. Menjadi bos atas diri sendiri
14. Berani mengambil resiko keuangan bila memberikan hasil yang baik
15. Memiliki mentor yang baik
16. Memiliki hasrat untuk menjadi figure yang dihormati
17. Membangun usaha sendiri
18. Menemukan peluang yang menguntungkan
19. Memiliki energy yang besar
20. Fisik yang sehat
21. Memiliki IQ yang tinggi/superior
22. Mengambil spesialisasi
23. Masuk sekolah yang top
24. Mengabaikan kritik yang tidak berguna
25. Hidup hemat
26. Memiliki iman/spiritual yang kuat
27. Beruntung
28. Investasi di  perusahaan yang baik
29. Memiliki penasehat investasi yang baik
30. Lulus dengan nilai tarbaik/hampir terbaik

Walau hanya sebatas survey di Amerika, namun yang baik-baik bisa kita ambil pelajaran, kan?. Paling tidak kita bisa PD bahwa factor kesuksesan seseorang tidak hanya terpatok pada angka2/ nilai di buku rapor. Bahkan lulus dengan nilai terbaik menempati urutan paling akhir dari sekian factor sukses. Sedangkan kalau aku Maskatno Giri  disurvey psti urutan pertama faktor sukses adalah Iman/ spiritualitas. Iman menjadikan kita jujur, syukur dll.

Okelah, yang penting jangan  kita jadikan nilai rapor yang merah, menjadikan emosi kita terbakar sehingga membuat  kita menjadi frustasi karenanya. Namun jadikanlah nilai rapot yang merah membara itu sebagai kobaran api yang akan membakar SEMANGAT  kita   untuk menjadi lebih baik. Merahnya rapor, tidak menandakan merahnya nasib kita. Keberuntungan nasib ditentukan oleh, SIKAP yang TEPAT dalam menghadapi segala situasi dan kondisi. Allahu a'lamu bishshsawab

Semoga bermanfaat. SALAM SUKSES SEJATI!
Posting Komentar