DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 13 Desember 2011

MENJADI SEORANG GURU BERKARAKTER BAIK Oleh Sukatno Wonogiri

Dalam bentuk pekerjaankulah aku diamanati oleh Allah Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menjadi insan yang berguna tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain. Karena itulah aku bahagia, aku telah temukan  keunggulan  dan kemuliaan  suatu jenis pekerjaan  yakni sebagai seorang guru.
            Mengajar hakikatnya adalah belajar. Aku senantiasa berdoa agar Allah melimpahkan rahmatnya berupa warisan yang bersumber dari sifat 99 asmaNya. Aku ingin menjadi insan arif bijak, cerdas, memaafkan, membelajarkan dsb.
            Guru berkarakter baik hakikatnya adalah  mewarisi sifat-sifat Allah yang Maha Mulia. Aku seorang guru yang sedang berproses menuju keunggulan yang bersumber dari kemulianNya, cuma percepatan prosesnya saja dalam penantian,  semoga Allah menambahnya.
            Setelah melalui perenungan dari  berbagai sumber, ternyata aku bukan guru yang ideal, tapi aku ingin menjadi guru yang ideal.
            Aku telah mendapatkan ilmu untuk menjadi guru ideal, lalu bagaimanakah ciri-ciri guru yang ideal,?W
alau hanya pada tataran teoritis, namun aku bisa berevaluasi diri dari nasihat guruku tersebut. Berikut ini guru ideal menurut kacamata guruku tercinta:
1. Bertaqwa kepada Allah, Tuhan yang Maha Kuasa. Berkaca pada arti GURU memiliki arti harus sanggup digugu lan ditiru, disinilah guru yang bertaqwa diharapkan melahirkan peserta didik yang bertaqwa pula.
2.Berenergi  positif dalam pembelajaran Seorang guru yang baik memiliki semangat positif dalam bertingkah, berfikir, bersikap. Karena .energi positif guru akan menular ke energi siswanya.
2.Bertujuan jelas dalam pembelajaran. Seorang guru seharusnya meyampaikan  ke siswa tujuan apa  yang hendak dicapai  dalam pembelajaran. Tujuan tersebut mencakup kognisi maupun afeksi siswa, ini perlu  disampaikan sebagai  acuan guru maupun siswa untuk saling berefleksi diri. Keberhasilan pembelajaran dapat dicapai bila ada kerja sama saling berrefleksi antara guru dan siswa.
3. Berketerampilan dalam mengolah kelas. Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,  membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.
5. Berkomunikasi dengan Baik.Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka tidak mudah saling tersinggung dengan para siswa dan membuat para siswa nyaman dalam mendengar , melihat bentuk komunikasi dengan gurunya baik lisan maupun non lisan.
6. Berharap yang tinggi pada siswanya Seorang guru yang baik adalh motivator yang bik, ia hatrus memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.
7. Berpengetahuan luas. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tidak hanya masalah kurikulum dan pengetahuan subyek pelajaran h dan standar-standar lainnya, namun mereka harus memiliki banyak pengetahuan di luar kurikulum. Guru adalh salah satu sumber inovator untuk para siswa.
9. Berperfoma  baik terhadap Anak-anak dalam  proses Pembelajaran Seorang guru yang baik seharusnya berkinerja baik dalam mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa bertatap muka dengan  siswa .
10. Berkualitas baik dalam bergaul dengan sesama guru dan dengan Siswa Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan sesama guru dan siswa .
       Sekelumit renungan setidaknya menjadi bahan bagi aku sendiri untuk menuju kesempurnaan. Aku memang insan yang banyak kelemahan, namun Tuhan maha Kuat, Dia terlalu mampu menjadikaknku untu menjadi  guru luar biasa yang berguna bagi manusia lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berlatih kreatif melaui pembuatan komentar