DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 12 Februari 2012

MENJADI MANUSIA BAHAGIA SEPANJANG HARI by maskatnogiri

            Biarlah kita tidak memiliki modal kekayaan yang melimpah, mungkin wajah kita juga  pas-pasan, ditambah lagi kita bukan dari keturunan ningrat atau orang gedean. Namun mari kita meyakini bahwa Allah Maha segalanya  yang mampu menjadikan kita menjadi  manusia bahagia atau sebagai lantaran orang lain mendapat kebahagian.
            Kita manusia berhak juga memiliki kebahagiana di dunia dan di akherat, karena bukan jaminan orang yang kelihatannya sukses dunia bisa bahagia. Bahagia bisa menjadi milik kita bila kita mau memilihnya. Ya pasti bahagia adalah pilihan hidup kita. Salah satu modal untuk menjadi bahagia adalah niat kita positif untuk menjadi manusia yang baik, yakni baik dalam koridor jalannya  Allah s.w.t.
            Mari kita miliki modal gratis untuk memiliki kebahagian  baik di dunia ini maupun di akherat nanti. Modal tersebut antara lain:
1.       Ilmu, ilmu adalah modal utama untuk mencari bahagia dunia dan di akrerat. Di dunia ini butuh manusia-manusia pecinta ilmu, melalui ilmunyalah jiwa dan raganya menjadi cerah, melalui ilmu manusia bisa membedakan baik buruk, tepat kurang tepat, pantas dan tidak pantas.
2.      Kesyukuran. Pada tataran menjadi pribadi bahagia  ini haruslah seorang itu harus selalu bersyukur. Melalui syukur kita mujur kufur pasti hancur. Efek yang lain dari keshukuran adalh kebahgiaan.
3.      Ikhlas. Ikhlas itu inti dari setiap ibadah dan perbuatan seseorang.Melalui Ikhlas manusia bisa lebih tenteram hidupnya karena mereka pencari ridlo Allah s.w.t. bukan ridlo  makhluk lain.
4.      Amanah. Sifat mulia ini mesti diamalkan setiap orang. Amanah  identik dengan tanggung jawab. Amanah adalah asas ketahanan atas kebaikan baik dari ummat,  kehormatan dan roh  dari kebaikan.
5.      Adil. Bersifat adil berarti menempatkan/meletakan sesuatu pada tempatnya. Adil juga tidak lain berupa perbuatan yang tidak berat sebelah.
6.      Tekun. Ketekunan ini tidak lain adalah usaha dengan rajin, keras hati dan bersungguh-sungguh.
7.      Disiplin. Perilaku ketaatan pada aturan dan tata tertib. Untuk itu, berdisiplin dalam menjalankan suatu kerja akan dapat menghasilkan mutu kerja yang cemerlang.
8.     Kawan yang baik . Kawan yang baik merupakan jaringan  pembahagia, maksudnya adalah suatu modal dalam  kehidupan bersama. Hidup adalah kerja sama, kita bisa sukses karena  bantuan orang lain. Tidak mungkin kita mandiri tanpa bantuan orang lain sama sekali. Ada kehidupan  karena ada kerja sama. Ada bahagia karena ada orang lain
Posting Komentar