DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 14 September 2012

TIP BAHAGIA SEBAGAI MANUSIA PEKERJA oleh MasSukatno Giri

 Manusia  pekerja bisa laksana raja bahagia. Raja bukan sembarang raja, ia seperti tinggal di istana megah memiliki sifat yang sholih dan memiliki istri  sholihah , juga anak2 sholih sholihah, kaya dermawan, adil dll . Manusia pekerja bisa laksana raja bila manusia tersebut memiliki kebahagiaan hidup, walau mereka sesungguhnya bukan raja.  Walau mereka sejatinya miskin harta dan tidak punya jabatan apa-apa.

Sebagai manusia  pekerja,  tanpa  posisi apa-apa sebetulnya bisa bahagia. Kebahagiannya tersebut bukan datang dengan sendirinya, tapi bisa diupayakan. Upaya bahagia  sebagai manusia pekerja antara lain dengan cara:

1. Menulis tiga hal baik  yang berhubungan dengan pekerjaan apapun jenisnya
Pekerjaan Anda mungkin membosankan, tapi cobalah berpikir hal yang menyenangkan darinya. Seperti teman kerja yang menyenangkan, atau kalau pendidik memiliki siswa yang menyenangkan lokasi kantor yang baik. dll

Menulis tiga hal menyenangkan dalam pekerjaan ini merupakan rekomendasi dari satu perusahaan teknologi bertaraf internasional. Menurut perusahaan ini, pekerja yang menemukan tiga hal mengembirakan itu bakal termotivasi untuk bekerja.

 2.Berpikir holistik tidak sekedar positif apalagi berpikir negatif.
 Kadang dalam pekerjaan ada sikap rekan kerja atau  atasan atau di lembaga pendidikan adaa siswa  yang tak mengenakkan. Entah cara mereka berkomentar atau melemparkan penolakan ketika Anda meminta suatu bantuan. Kalau sudah begitu, ada baiknya Anda tak mengambil pusing sikap mereka itu. Apalagi memasukkannya ke dalam hati. Sebab, itu hanya akan membuat Anda sakit hati atau uring-uringan.

Jika Anda memang tak suka akan tindakan si rekan kerja, cobalah diam sejenak dan renungi, apakah Anda pernah melakukan hal sama ke orang lain di kantor itu. Pikirkan lagi, apakah sikap Anda yang menyebalkan membuat hubungan dengan rekan kerja memburuk atau tetap baik. Kalau keadaannya tetap baik-baik saja, maka tak ada alasan bagi Anda untuk sakit hati dengan sikap si rekan kerja.

3. Beristirahatlah ketika marah
 Frustasi, marah, dan dengki dengan rekan kerja atau pekerjaan merupakan bisikan setan dalam pekerjaan. Ketika rasa ini menyerang, ada baiknya Anda mengambil napas dalam-dalam dan menjaga jarak dengan pekerjaan atau rekan kerja itu. Tenangkan pikiran Anda, bayangkan hal yang baik-baik, dan lakukan pelbagai hal yang bisa menyenangkan hati Anda. Dengan begitu, kedongkolan hati bisa Anda lupakan.

4.  Dekat dengan  kepada Allah s.w.t.
Dengan mengingat Allah  dengan sebenarnya hati bisa tenteram, begitulah salah satu ayat Al Qur'an mewasiatkan. Maka Berilmu agama yang mengajak dekat kpd Allah s.w.t sangat penting.
Posting Komentar