DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 16 Oktober 2012

GURU SEBUAH PEKERJAAN WAJIB Oleh Mas Sukano Giri


Sering  sekali Maskatno Giri diajak ngobrol-ngobrol tentang kehidupan. Mungkin dia dianggap banyak tahu tentang kehidupan khususnya pendidikan, terkadang dia dijadikan teman curhat baik di lingkungan keluarga , tetangga dan di masyarakat. Kesan yang MasKatno peroleh bahwa  masyarakat menganggap guru pekerjaan yang luar biasa.

“Wah enak tenan  yo mas dadi guru, gajine mundak terus, yen muride prei  melu prei” Itu pernyataan  langsung yang   telah didengar oleh Mas Katno Giri.

Berdasar  suara masyarakat, telah nyata pekerjaan  guru  dianngap sebagi pekerjaan  yang PRESTISIUS, tidak hanya itu  bahwa  guru saat ini dianggap pekerjaan yang menjanjikan. 

“Mas anakku tak  ameh tak kuliahkke mbesuk gen dadi guru”,  Itulah kalimat yang sering Maskatno dengar. Namun kenyataanya tidak semua kehendak ortu direspon baik oleh anak-anaknya. Para pelajar cenderung  sakarepe dewe,  sing penting urip. Pokoknya hidup ini dijalani saja. Mereka rata-rata tidak memiliki tujuan yang jelas kemana mereka harus berjuang. Dampaknya para pelajar benar-benar bingung  setelah dia lulus SMA mau  bagaimana . Waktu belajarnya pun untuk sia-sia.

Perlu sejak awal di  bangku sekolah  dasar para siswa diajari untuk memiliki tujuan hidup, sehingga mereka mau berjuang , berdoa agar obsesinya tercapai. kalau perlu para siswa diajak memiliki  semacam propoal untuk diajukan dan diijabahi oleh Allah s.w.t. Proposal ini bisa berupa buku atau catatan harian yang harus sering dilihat dan difahami oleh siswa.

Peran guru mestinya juga mendorong siswa agar mau menentukan visi misi kehidupannya, berjuang menggapai masa depan. Menjadi guru memang tuntutan karena setiap manusia akan menjadi orang tua dan guru untuk anak-anknya

Menjadi guru  sebenarnya pilihan strategis bagi setiap manusia, maksudnya setap manusia bisa menjadi guru . Minimal guru untuk dirinya sendiri dan keluarganya.



Posting Komentar