DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Sabtu, 13 Oktober 2012

MENJAGA CITRA MELALUI MEDIA oleh Mas Katno Giri



Akhir-akhir ini Maskatno Giri membaca   beberapa media, banyak orang memberikan acungan jempol kepada sikap SBY. Salah satunya dari KOMPAS dalam  artikel oleh Teten Masduki,  SBY AKHIRNYA MEMIMPIN. Ada juga yang memberi komentar “ini baru presidenku sesungguhnya”.

Maskatno Giri bertanya-tanya jangan-jangan selama ini SBY tidak benar-benar memimpin. SBY baru tertipu dan menipu diri atau istilahnya “hidup dalam PENCITRAAN”. Padahal kalau merujuk pada pengalaman hidup di desa Pacitan, masyarakat Pacitan pada umumnya menekankan pada sikap apa adanya tidak neko-neko dan menghindari penipuan diri.

Belajar dari sikap SBY yang mendapat dukungan  rakyat lebih dari 60 persen saat pemilu. Dan kini juga mendapat jutaan jempol atas sikap tegasnya. Ini berarti sebenarnya kebanyakan rakyat Indonesia tidak suka pada PENIPUAN DIRI. Prasangka buruk rakyat Indonesia  akhir-akhir ini bahwa jangan-jangan benar adanya bahwa pemerintah hidup dalam kebohongan.

Rakyat kali ini mungkin ada yang berprasangka buruk bahwa pemerintah berusaha banyak memberikan pelayanan gratis di berbagai bidang, usaha ini disangka sebagai pencitraan juga. Suatu hari nanti  hari nanti rakyat bertanya “ Kok pelayanannya begini tidak semakin baik, sakit tidak segera dilayani” dan perawat menjawab “lha wong gratis kok menuntut pelayanan bagus”

Pencitraan seseorang juga bisa dilakukan dengan  mengubah penampilan. Mengubah penampilan sering dilakukan oleh politisi dan juga para artis. Mari  kita perhatikan beberapa tingkah laku para tokoh di dunia media :

Neneng Sriwahyuni istri dari Nazaruddin, dia memekai jilbab bercadar setelah tersankut kasus korupsi. Inong Malinda Dee memkakai jilbab setelah terlibat pencucuian uang dari kasus Bank Century. Avriliani terjerat kasus tabarakan maut, dia juga memakai jilbab setelah tertangkap dan terancam hukuman seumur hidup. Dan yang heboh terkahir ini adalan Novi Amalia yang  dikenal sebagai model  di majalah dewasa, saat ini dia terkena kasus  menabrak banyak orang dalam kondisis mabuk dan memakai bikini. Akhir-akhir ini dia tampil di media dengan jilbab untuk menutupi auratnya.

Di hari-hari mendatang kita akan dikejutkan  juga oleh penampilan beda dari para tokoh politik dan selebritis. Pencitraan adalah   salah satu alasan  penting  dalam merubah penampilan.