DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 19 Oktober 2012

MODAL KREATIF MENUJU HIDUP LEBIH POSITIF Oleh Mas Sukatno Giri


Girimarto.VOICE OF WONOGIRI (VOW). Jum’at 19/10/12.  SMAN1 Girimarto masih melangsungkan agenda kurikulum yakni mengadakan tes tengah semester. Menunggu para siswa dalam menempuh tes bisa menjadi acara yang menyenangkan, namun bisa menjadi acara yang membosankan.

Kreatifitas dalam  memanfaatkan waktu di sela-sela  mengawasi  para siswa  bisa lebih  menyenangkan. Setidak tidaknya bisa saling sharing sesama pengawas yang mungkin selama ini jarang bertemu empat mata.
“Nuwun sewu pak umur panjenengan berapa, kayaknya anaknya sudah lima ya pak?” Itulah pertanyaan serius salah satu ibu guru muda dengan anak dua yang masih kecil-kecil.

Mas Katno menjelaskan bahwa anaknya sudah empat dan umurnya sudah kepala empat, jadi sudah tua. Si ibu guru bertanya lagi, “Apa tidak repot pak, memiliki anak banyak?” .... “ Otomatis banyak waktu yang terganggu untuk beraktifitas pak, kok pak Katno biasa saj enjoy saja dan kayaknya  bapak tetep energik dan kayaknya umurnya baru tiga puluh tahun begitu?”...”Resepnya apa to pak?”

Ini pertanyaan fakta dan kok seperti serius. Ternyata,  si penanya merasakan kurang bisa menikmati hidup, sering sedih, mudah tersinggung, pokoknya dia bercerita kepada Mas Katno bahwa  kelihatanya P. Katno menjalani hidup kok enjoy, tanpa beban dll.

“Bu, ! Hidup ini hanya sekali, aku pernah juga susah tapi lumayan jarang, karena  modal hidupku antara  lain bukan kepinteran atau kecerdasan. Aku sangat sadar bahwa aku kurang cerdas sebab  diwaktu kecil sangt kurang gizi, tapi aku orangnya berusaha nekat dan   KREATIF SEBAGAI PENASIHAT DIRI SENDIRI, JADI BERUSAHA HIDUP DENGAN BAHAGIA . HIDUP INI TERLALU SINGKAT UNTUK TIDAK BAHAGIA, POKOKNYA KITA HARUS KREATIF, JANGAN BERPIKIR  NEGATIF”.

Itulah kisah nyata MasKatno Giri dalam berbagi di sela-sela mengawasi siswa dalm tes.
.......................................Oke. Berlanjut....
Namun MasKatno Giri mau berbagi kepada bolo-bolonya yen ora bolo ora tak kandani tentang resep menjadi kreatif 5M:
  1. Memiliki keinginan untuk hidup lebih baik, memotivasi diri dan menasihati diri dengan baik  dan  berusaha menggenggam dunianya sendiri, serta merealisasikan setiap keinginan  positif  menjadi suatu kenyataan.
  2. Melakukan apa yang kita bisa semaksimalnya, tanpa memaksakan kehendak,  sekedar membebaskan diri kita dan memiliki dunia kita sendiri.
  3. Melakukan apa yang kita inginkan lewat daya berfantasi yang kita bisa dan pastikan itu adalah versi kita , niat kita yang positif.
  4. Memiliki jiwa kompetitif, jangan pernah hanya berhenti pada satu titik dan tertinggal dari orang lain. Hidup di era yang sangat kreatif,  kita  dituntut  harus siap untuk berkompetisi, hindari kemalasan, berlarilah saat orang masih berjalan, terbanglah saat orang berlari dan jangan tertidur saat orang” sudah terbangun.
  5. Memperhatikan dan peduli  apa yang ada di sekitar kita,  memiliki jiwa belajar tinggi  untuk hidup lebih baik  sebagai wujud kesyukuran  kepada Allah s.w.t



Posting Komentar