DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 27 November 2012

ADA APA KURIKULUM 2013 ? oleh Maskatno Giri


Rasanya perjalanan KTSP di sekolah-sekolah belum begitu lama, seperti tadi pagi. Eh, ternyata tanda-tanda perubahan kurikulum semakin  terlihat nyata. Kenapa ya?

Ya, tidak apa-apa. Perubahan kurikulum tentu akan mengundang proyek baru kayaknya kok seperti itu. Otomatis yang biasa bergumul dengan proyek pendidikan bisa merasakan “angin syurga”. Itu   sebatas pendapat  pribadiku.

Yang jelas, kalau belum terlaksana itu masih mengundang tanda tanya dan kebingungan termasuk aku sendiri.   Kalau sudah berjalan ya, biasa-biasa saja. Pokoknya jalani saja. Tapi bagi para punggawa yang mendapat anugerah proyek tentu akan lebih berbahagia, karena  dapat JOB baru.

Ditulis dalam   Kompas beberapa hari yang lalu, pemerintah dicurigai tidak memiliki GRAND DESIGN  dalam menentukan kebijakan di bidang pendidikan. Namun, semoga design dalam kurikulum baru  kali ini ini mendekati kebenaran.  Tapi, ini juga menimbulkan keraguan dibanyak pihak. Kita  berdoa semoga  DESIGNERnya yang sekarang baru kerja keras menguras pikiran, tenaga dan uang diberi hidayah oleh Allah sehingga pemikirannya dekat dengan yang dikehendaki oleh Allah s.w.t.

Menurut ANTARA News, Kurikulum baru pendidikan nasional yang tengah dipersiapkan pemerintah bersama tim penyusun nantinya akan memangkas jumlah mata pelajaran menjadi lebih sedikit sehingga meringankan peserta didik, kata Wamendikbud bidang Pendidikan Musliar Kasim.

"Jumlah mata pelajaran yang banyak membebani siswa dan membuat siswa menjadi bosan. Kurikulum mendatang yang sedang disusun oleh tim terdiri atas para pakar dan tokoh pendidikan seperti Franz Magnis Suseno, Prof Juwono Sudarsono dan lainnya akan ditekankan pada model pembelajaran tematik dan lebih mengarah pada pendidikan karakter," kata Musliar .

"Pendidikan karakter akan lebih banyak dipelajari siswa di tingkat sekolah dasar dimulai sejak dini, semakin tinggi jenjangnya pelajaran terkait pendidikan karakter berkurang dan diganti dengan pelajaran keilmuan," kata Musliar .

Menurutku, walau  pendidikan karakter dirancang dengan hebat, kalau  pemerintah tidak memiliki daya kontrol yang baik dalam aspek akan menuju ketidak efektifan. Contoh yang perlu dikontrol pemerintah: internet,acara TV, kualitas pejabat dll. Maksudnya kalau  jalannya kehidupan pendidikan di sekolah  dikontrol dengan baik, kehidupan pendidikan di luar sekolahharus diperhatikan dengan baik pula.

 Dengar-dengar penyusunan kurikulum pendidikan nasional akan rampung pada Februari 2013. Sebelum disahkan dan diaplikasikan, pemerintah akan melakukan uji publik terhadap rancangan kurikulum itu untuk memperoleh kritik dan masukan dari masyarakat.

Maka bagi  FACE BOOKER  dan BLOGGER silakan mengritisi dan memberikan masukan terhadap kurikulum 2013. Kritikan anda bisa menyukseskan tapi kalau membatalkannya kayaknya tidak bisa.