DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Selasa, 13 November 2012

POSYANDU REMAJA Dipelopori SMAN 1 Girimarto.


 Girimarto Wonogiri Voice of Wonogiri (VoW). Setelah menjadi pelopor dalam keberadaan  pelatihan ESQ di kelas-keals , kini guru-guru SMAN 1 Girimarto berinovasi tiada henti. Tahun 2012 ini SMAN 1 menjadi pelopor POSYANDU  REMAJA.

Sependek yang aku ketahui, pelopor awal keberadaan POSYANDU REMAJA  di Wonogiri adalah  SMAN 1 Girimarto.

Tahukah anda apakah POSYANDU REMAJA itu?

Kata POSYANDU sebenarnya bukan kata asing untuk istilah di Indonesia. Namun, pada umumnya POSYANDU dikaitkan dengan pos pelayanan terpadu yang fokus ke masalah balita yang berhubungan dengan pemeriksaan berat badan, pemberian gizi, dan pelaksanaan imunisasi dll.  POSYANDU remaja sebenarnya tidak jauh berbeda dengan POSYANDU balita. Maksudnya, Posyandu remaja juga bekerja sama dengan para ahli di bidang kesehatan. Kalau posyandu remaja tidak hanya menyangkut kesehatan tubuh juga mental.

Bagaimana pelaksanaanya?

Ide  awal posyandu remaja, berawal  dari pengajuan proposal ke kabupaten untuk semacam dilombakan, lalu jika  ddinilai oleh dewan juri sebagai hal yang positif pemenangnya didanai untuk mengadakan penelitian tindak lanjutan.

Nasib baik datang, dan untuk proposal posyandu remaja yang merupkan usulan proposal dari  Ibu Susi Siswanti, S. P.d dan Retno W S.Sos keduanya adalh dari SMAN 1 Girimarto di tahu 20112 ini  telah memenangkan persaingan  dari beberapa proposal yang ada.

Kini pelaksanaan posyandu remaja ditahap awal telah dilaksanakan. Dari pelaksanaan tahap awal ternyata banyak penemuan-penemuan yang bermanfaat untuk pembelajaran. Penemuan di peroleh dai wawancara  guru ke siswa , juga dari pemeriksaan kesehatan yang dipandu oleh ahli kesehatan Puskesmas stempat. Hasilnya ternyata di luar dugaan para guru semua. Namun, hasil penemuan posyandu tidak  diumumkan secara umum terlebih dulu.