DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Minggu, 23 Desember 2012

Hidup ini Terlalu Ringan Oleh Maskatno Giri (mas guru SMAN 1 Girimarto, Wonogiri)


Hidup ini memang ringan, karena sudah diukur oleh Allah Yang Maha Mengetahui. Kenapa hidup ini dianggap berat bagi  yang menjalani?

Memang bagi sebagian orang ada yang menyatakan bahwa hidup ini berat untuk dijalani. Alasanya antara lain: kemampuannya terbatas sedang  permasalahaanya sangat besar. Keterbatasan kemampuan seseorang berhubungan denagn  masalah ekonomi, fisik, kecerdasan, sosial, mental  dll.

Namun, kalau dipikir lebih jauh:  Siapa yang menyuruh kita bertindak, berpikir melebihi kemampuan kita. Siapa yang menyuruh mikir negoro sedangkan kita mestinya mikir diri sendiri dulu lalu keluarga. Siapa yang menyuruh mikir masalah kredit barang mewah, sedangkan kita bisa bahagia dengan barang yang sederhana. Siapa yang menyuruh kita mengangkat satu kwintal beras, padahal kita cukup membawa 20 kg.

Perlu kita pikirkan, bahwa sumber permasalahn berat dalam kehidupan ternyata kita sendiri. Kita sering memkasakan diri. Sedangkan,  kitalah hakikatnya   yang menyuruh  melakukan hal-hal berat.

Dibalik ringan dan beratnya permasalahan seseorang, ada yang Maha Kuasa yang sanggup membantu kita. Seberapa  besar masalah seseorang tidak lepas dari kuasanya Allah s.w.t.

Ada  suatu kasus, keluarga miskin namun diganjar oleh Allah anak-anak yang sakit sakitan, sedangkan sang suami juga  tidak bekerja.  Lalu, beban kehidupan ditanggung oleh seorang istri. Apakah  dalam kasus ini seorang ibu bisa merasakan ringannya kehidupan?

Dalam kondisi luar biasa, memang dibutuhkan tenaga ekstra untuk menjalani hidup. Termasuk seperti kasus seorang ibu tadi. Namun, kalau seorang ibu tadi menjadi pribadi yang sabar, beriman dan istiqomah, sangat mungkin permasalahannya menjadi lebih ringan. Yang jelas orang-orang yang sabar akan diberi extra energi dari yang Maha Kuasa. Yang berat akan menjadi ringan. Karena pasukannya Allah sangat kuat dan banyak.Mereka akan meringankan beban ang berat.

Kenapa kita merasa berat dalam menjalani kehidupan?. Ada banyak  antara lain dengan singkatan 11 M :
1. Menganggap bahwa setiap keinginan harus terwujud
2. Memikirkan hal-hal yang remeh temeh alias kurang perlu
3. Mengejar semacam gengsi, prestis, penghargaan diri yang semu
4. Menganggap  bahwa  kehidupan dunia itu tak akan berakhir
5. Membohongi diri sendiri, alias tidak apa adanya
6. Memikirkan hal-hal yang bukan haknya
7. Memikirkan hal-hal yang ngoyo woro alias  tidak realistis
8. Mengedepankan hawa nafsu
9. Mengingkari  nikmat Allah alias kurang beryukur
10. Menganggap tidak ada kehidupan akherat.
11. Mengesampingkan kekuasaan Allah atas banyak hal

Aku  menulis, aku juga perlu intropeksi. Eeh ternyata, kalau kita mampu berpikir luas dan cerdas hidup ini tidak hanya ringan namun  membahagiakan. Hidup hanya sekali,  idealnya kita  bahagia dalam  menjalani. Akhirnya,  nilai-nilai kesyukuran harus dikembangkan  pada setip insan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berlatih kreatif melaui pembuatan komentar