DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Senin, 03 Desember 2012

KURIKULUM “EDI TANSIL” Oleh Maskatno Giri (mas guru SMAN 1 Girimarto)


Kurikulum  ‘EDI TANSIL”  di sini bukan sekedar  lelucon atau kurikulum milik Om Edi Tansil  yang merupakan buronan bagi  penegak hukum   beberapa  tahun silam.

Kurikulum “EDI TANSIL” adalah kurikulum  “eja kulasi  dini tanpa hasil” maksudnya kurikulum pendidikan yang  berusia sangat  muda yang diterapkan tanpa pertimbangan benar-benar matang. Kematangan di sini maksudnya, bahwa pada tataran   ideal kurikulum mestinya melalui   penelitian akurat, terpercaya, melalui uji publik dan didiskusikan secara ilmiah tidak asal-asalan.

Apakah kurikulum “EDI TANSIL”    di atas untuk menyindir kurikulum pendidikan yang ada di bangsa kita?  Jangan GR dulu, kurikulum kita mungkin tidak separah yang kita duga. Barangkali kurikulum pendidikan kita sudah bagus, Cuma butuh penyempurnaan.  Tapi, bagaimana kurikulum kita  katanya berbasis kompetensi lalu  KTSP lalu mau berubah menjadi kurikulum 2013? Kok sangat cepat sekali berubah?

Ya itu masalahnya. Barangkali kurikulum kita itu termasuk adiknya  “EDI TANSIL”  atau mirip saudaranya  “EDI TANSIL”.  Namun, mengritisi kurikulum itu tindakan mulia. Mau mengritik berarti peduli  dengan nasib bangsa.  Pemerintah melalui kemendibud sudah  menyediakan link uji publik . Link bisa di klik di:  
http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/

 Meningkatkan kepedulian dunia  pendidikan adalah tindakan mulia, maka jangan biarkan nasib bangsa ini terpuruk tanpa daya karena  kurikulum  yang kuran jelas maknanya.



Posting Komentar