DAFTAR LABELKU (klik saja jangan ragu-ragu)

Jumat, 24 Mei 2013

Kebiadaban dan Keluhuran Mewarnai Pesta Kelulusan SMA



Secara serentak  hari ini, Jum’at 24/5/2013, hasil kelulusan SMA /Ma/SMK diumumkan. Dege-degan  dialami beberapa Ortu, guru, dan para siswa. Namun, tahun ini kelulusan di berbagai empat hampir mendekati 100%.

“Kayaknya memang nilai dikonversi alias diubah dan didongkrak pak, maka banyak yang lulus. Nilai  anak pun sduah di katrol di UAS dan rapot jadi wajar kalau 100% lulus”. Itulah kalimat yang disampaikan oleh salah satu wakasek di SMA Maron.

Setelah pengumuman kelulusan  digelar, dan para siswa mengetahui bahwa dirinya lulus, pemandangan aneh terlihat sangat nyata bahwa kebiadaban anak  SMA dan sederajad  terlalu memprihatinkan.  Sekitar pukul 15.30  Metro TV menyiarkan ratusan pelajar setingkat SMA berkonvoi  sambil berteriak-teriak menganggu pengguna  jalan. Bahkan ada yang menabrak  patroli polisi akhirnya dibawa  ke RS dan juga ditangkap.

Ada lagi sebagian siswa merayakan dengan pesta NARKOBA juga bergaul bebas . Sungguh seperti  hewan. Bahkan yang pelajar putri sudah berani memamerkan auratnya ke pelajar putera. Mereka tidak ada perasaan malu. Karena memang dilakukan secara berjamaah.

Di lain  sisi,  Metro TV juga menyiarkan  salah satu SMA di Blitar merayakan kelulusan dengan sujud syukur dan membagi-bagikan pakaian pantas pakai termasuk seragam sekolah. Pihak sekolah  sebagi mediasi berencana  membagikan kepada yang berhak. Pemandangan ini sungguh  berlawanan dengan para pelajar yang suka hura-hura.

Kasus di atas mestinya menjadikan refleksi untuk para orang tua juga para pendidik untuk  menciptakan model pembelajaran  yang  baik,  mencerdaskan,  membangun kesadaran  sosial , menciptakan  generasi  shalih dan shalihah, serta   mendewasakan.  Sebagai ortu dan pelajar yang berotak normal dan cerdas mestinya berpikir  kedepan demi keadaan yang lebih baik dari saat ini.